Situs Resmi Pemerintah Kota Sibolga

Memeriahkan BBGRM dan HKG, PKK Kota Sibolga adakan Lomba Tor – tor

SIBOLGA – Memeriahkan BBGRM (Bulan Bakti Gotong Royong Masyarakat) dan HKG (Hari Kesatuan Gerak) PKK Kota Sibolga, ibu-ibu PKK se-Kota Sibolga menggelar perlombaan tarian tor – tor dengan menyenakan ulos dan aksesoris yang menarik perhatian, jumat (15/8) bertempat di gedung nasional Kota Sibolga. Perlombaan ini diikuti oleh ibu – ibu PKK yang terdiri dari 17 tim yang mewakili dari masing – masing kelurahan yang ada. Perlombaan ini juga dalam rangka menyemarakkan HUT Kemerdekaan RI ke- 69.

Kantor PMK Kota Sibolga yang dalam kegiatan ini sebagai panitia acara, melalui Kasi (Kepala Seksi) pemberdayaan masyarakat ibu S. Panggabean melaporkan, bahwa kegiatan ini bertujuan untuk memeriahkan BBGRM dan HKG (Hari Kesatuan Gerak) PKK ke- 42 Kota Sibolga dan juga untuk melestarikan budaya dan tradisi suku batak di Kota Sibolga, yang mana terkenal dengan julukan negeri berbilang kaum. Dia juga mengatakan bahwa sumber dana kegiatan ini berasal dari APBD Kota Sibolga tahun 2014. Dari hasil perlombaan ini nantinya akan diperoleh pemenang yang terdiri dari juara 1,2,dan 3 serta harapan 1,2 dan 3. Tim penilai sendiri berasal dari tim independent yang tidak ada kaitannya dengan panitia ataupun kedinasan yang berjumlah 3 orang.

Walikota saat menghadiri acara ini dalam laporannya mengatakan, bahwa kegiatan ini sangatlah berguna serta menarik. karena disamping melestarikan budaya, juga dikarenakan pakaian yang dipakai sangatlah beragam pernak-pernik dan assesoris yang beragam pula, dimana masing – masing tim bergaya dengan pakaian yang berbeda-beda. Beliau mengharapkan kiranya para juri yang menilai dapat bertindak secara professional dan teliti dalam memberikan penilaian yang seadil-adilnya. Walikota menyampaikan kepada para tim dari tiap-tiap kelurahan agar memberikan yang terbaik dalam penampilannya. Karena yang akan dinilai adalah kekompakan para anggota tim dan keserasian gerakan dari tarian tor-tor itu sendiri, ujarnya. Diakhir sambutannya beliau mengatakan akan memberikan sumbangan berupa uang pembinaan bagi masing-masing tim sebesar Rp. 500.000,- disamping hadiah utama bagi para pemenang dan juga uang pembinaan dari ketua tim penggerak PKK ibu Hj. Delmeria Sikumbang. Dan kemudian beliau secara resmi membuka acara lomba tarian tor – tor ini. Turut hadir dalam acara ini unsur Muspida, ibu Ketua TP PKK, Kepala SKPD, dan masyarakat. (hen)

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *