Wujudkan Akuntabel Tatakelola Keuangan, Kota Sibolga buka Pelatihan Tingkatkan Kompetensi Penganggaran

Dinas Kominfo Kota Sibolga | SIBOLGA – Mewakili Wali Kota Sibolga, H. Jamaluddin Pohan, Sekretaris Daerah Kota Sibolga, M. Yusuf Batubara, S.K.M., M.M., membuka acara Pembinaan Penganggaran, Penatausahaan dan Akuntansi Menggunakan Aplikasi Finansial Management Information System (FMIS) atau Sistem Informasi Manajemen Daerah (SIMDA), di Aula Nusantara I Kantor Wali Kota Sibolga, Senin (03/10/22) pagi.

Pelatihan bagi Penatausahaan dan Akuntansi Daerah Kota Sibolga dengan menggunakan Aplikasi FMIS atau SIMDA, Next Generation Tahun Anggaran (T.A) 2022 yang difasilitasi oleh Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) Perwakilan Provinsi Sumatera Utara.

Dalam sambutannya, Sekda menyampaikan, “Melalui Kegiatan Pembinaan Penganggaran, kami yakini merupakan komitmen bersama dalam mengawal akuntabilitas keuangan daerah dengan meningkatkan kompetensi, pengetahuan, pemahaman serta profesionalitas sumber daya manusia dalam mengelola keuangan daerah dengan sesuai aturan dan kaidah hukum yang berlaku sehingga terwujud tata kelola yang baik dan bersih. Kami berharap kegiatan pengelola keuangan daerah ini kedepannya akan terwujud pemerintah yang bersih dan tata kelola yang baik, dengan pemerintah yang bersih dan tata kelola yang baik merupakan kunci kepercayaan masyarakat terhadap pemerintah yaitu dengan mewujudkan prinsip transparansi dan akuntabilitas dalam menghasilkan pertangungjawaban keuangan yang disusun secara akurat.”

“Kepada para peserta pelatihan ini, selamat mengikuti kegiatan ini, ini adalah hal yang penting buat kalian untuk mendapatkan ilmu, wawasan, ikutilah kegiatan ini dengan serius dan baik, serta manfaat waktu,” ucap Sekda

Sebelumnya, laporan ketua panitia Kepala BPKAD, Rahmat Tarihoran, S.T., M.M., menyampaikan, ” Pembinaan proses penganggaran, penatausahaan dan akuntansi Kota Sibolga untuk menghasilkan pengelolaan keuangan yang akuntabel dan laporan keuangan yang sesuai standar akuntansi pemerintahan. Kegiatan ini dilaksanakan selama 5 (lima) hari, mulai dari tanggal 03 s.d 07 Oktober 2022, dengan di ikuti sebanyak 42 orang peserta, dimana peserta ini adalah operator yang telah ditugaskan oleh masing-masing OPD. Adapun metode pada kegiatan ini adalah penyampaian materi dari narasumber, praktek pengunaan aplikasi FMIS-SIMDA, diskusi dan tanya jawab, dan Narasumber berasal dari Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) Perwakilan Provinsi Sumatera Utara.

Turut hadir dalam acara ini, Asisten Administrasi Pembangunan dan Umum Hendra Darmalius, A.Pi., M.M., Perwakilan Kepala Bappeda Kota Sibolga, Inspektur Kota Sibolga dan para peserta yang mengikuti kegiatan.

Bagikan :