Wawancara Eksklusif Wali Kota Sibolga bersama TVRI Sumut

Sibolga, 12 September 2023 – Wali Kota Sibolga, H. Jamaluddin Pohan, melakukan wawancara eksklusif bersama Televisi Republik Indonesia (TVRI) Sumatera Utara pada hari Selasa pagi. Wawancara tersebut dilakukan di kediaman pribadi Wali Kota Sibolga di Komplek Perumahan Taman Griya Pandan.

Dalam wawancara tersebut, Wali Kota Sibolga menjawab beberapa pertanyaan yang diajukan oleh tim TVRI Sumut terkait potensi laut di Kota Sibolga. Beliau menjelaskan bahwa Pemerintah Kota Sibolga tidak lagi memiliki kewenangan terhadap laut, namun hal tersebut berada di lingkup Pemerintah Provinsi dan Pemerintah Pusat. Pemerintah Kota Sibolga hanya memberikan rekomendasi kepada nelayan kecil. Meskipun demikian, Pemerintah Kota Sibolga tetap berupaya mengembangkan potensi yang terdapat di pinggiran laut Sibolga.

Wali Kota Sibolga mengungkapkan upaya yang telah dilakukan, yakni dengan mempercantik dan menyiapkan fasilitas untuk wisata bahari di laut serta darat. Hal tersebut diharapkan dapat menarik wisatawan dari luar daerah. Selain itu, Wali Kota Sibolga juga berharap agar setiap Pegawai Negeri Sipil (PNS) yang berdomisili di Kota Sibolga maupun tidak, dapat membelanjakan 10% TPP (Tunjangan Penghasilan Pegawai) untuk kuliner dan wisata yang ada di Kota Sibolga, guna mempercepat pengembangan potensi tersebut.

Tak hanya itu, Wali Kota Sibolga juga menjelaskan upaya Pemerintah Kota Sibolga dalam mensejahterakan nelayan kecil. Beberapa upaya yang telah dilakukan antara lain mensosialisasikan, memfasilitasi kebutuhan para nelayan, dan memberikan ruang untuk mereka berjualan di tempat wisata. Tujuannya agar wisatawan dapat menikmati hasil tangkapan dari nelayan kecil tersebut.

Wali Kota Sibolga berharap agar para nelayan juga dapat melihat perkembangan di daerah lain, sehingga dapat meningkatkan kualitas dan terjadi perubahan yang positif. Pemerintah Kota Sibolga juga telah bekerja sama dengan Bank Sumut untuk memberikan kredit mikro kepada nelayan dan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) tanpa agunan, serta membantu prosesnya. Wali Kota Sibolga juga mengajak masyarakat Kota Sibolga untuk membuang sampah pada tempatnya agar Kota Sibolga tetap bersih dan indah baik di darat maupun di laut.

Wawancara eksklusif Wali Kota Sibolga bersama TVRI Sumut ini memberikan gambaran tentang langkah dan upaya yang sedang dilakukan Pemerintah Kota Sibolga dalam mengembangkan potensi laut serta meningkatkan kesejahteraan nelayan kecil. Melalui kerja sama antara pemangku kepentingan, diharapkan Kota Sibolga dapat menjadi destinasi wisata bahari yang menarik dengan memberikan manfaat ekonomi bagi masyarakat setempat.

Hadir mendampingi Wali Kota, Kepala Bappeda Kota Sibolga Drs. Juneidi Tanjung, M.Pd., Plt. Kepala Dinas Perikanan, Ketahanan Pangan dan Pertanian (Ketapang) Kota Sibolga Anwar Sadat, S.Pi.

Bagikan :