Situs Resmi Pemerintah Kota Sibolga

Wali Kota Tinjau Faktual Data Penerima Bantuan Terdampak Pandemi Covid-19

Dinas Kominfo Kota Sibolga | SIBOLGA- Wali Kota Sibolga Drs. H.M. Syarfi Hutauruk, MM, langsung turun ke rumah-rumah masyarakat di Kelurahan Pasar Belakang. Meninjau secara faktual data calon penerima bantuan terdampak pandemi Covid-19, pada Senin (04/05/20) sore.

Wali Kota setelah melaksanakan peninjauan menyampaikan, bahwa peninjauan faktual ini dilaksanakan untuk melakukan verifikasi dan validasi data, meminimalisir kesalahan dalam pendataan, sehingga bantuan sampai kepada orang yang tepat, serta tidak terjadi kecemburuan sosial.

“Saya sudah tugaskan Dinas Sosial, bekerjasama dengan Pemerintah Kelurahan dan Kecamatan, untuk mendata masyarakat. Sudah terkumpul data lebih kurang 10.000 KK, diperkirakan untuk lebih kurang 40.000 jiwa, inilah yang akan kita berikan bantuan. Nah, sebelum dilakukan pembagian, perlu di cek betul data faktual di lapangan, by name by addres, kita lihat mana rumahnya, mana kondisinya,” ujar Wali Kota.

Dari hasil peninjauan faktual yang dilakukan Wali Kota, masih ada ditemukan beberapa kesalahan pendataan, yang akan segera diperbaiki. Wali Kota menyampaikan bahwa tingkat akurasi penerima bantuan sudah di angka 80% lebih.

“Hasil kami cek sendiri tadi di Kelurahan Pasar Belakang, ada tadi mengadu sama saya, dia katakan dia tidak tercatat, saya cek rumahnya, ternyata rumahnya permanen, bertingkat, kulkasnya saja dua pintu, sepeda motornya parkir, kan tidak mungkin dibantu. Kemudian, ada juga ditemukan yang PNS ditemukan, di Kecamatan Sibolga Utara tadi, itu juga langsung kami coret. Juga ada pensiunan ditemukan, juga kami coret,” papar Wali Kota.

Wali Kota menambahkan, “Justru ada janda hidupnya sebatangkara tidak terdaftar. Tadi saya langsung perintahkan untuk dimasukkan ke dalam daftar. Saya ingin bantuan ini betul-betul tepat sasaran. Mohon masyarakat bersabar, kami bekerja memberikan yang terbaik.”

Bagikan :