Wali Kota Sibolga Hadiri Kick Off Serambi Tahun 2023

Dinas Kominfo Kota Sibolga | SIBOLGA – Wali Kota Sibolga, H. Jamaluddin Pohan, didampingi Kepala Bappeda Kota Sibolga, Drs. Junaidi Tanjung, M.Pd., dan Plt. Kabag Umum Sekdakot Sibolga, Azriadi Tanjung, S.E., M.M., menghadiri Kick Off Semarak Rupiah Ramadhan dan Berkah Idul Fitri (SERAMBI) Tahun 2023, yang dilaksanakan di aula Graha Aulia KPw BI Sibolga, pada selasa (28/03/2023), Pagi.

Kegiatan ini diawali dengan Menyanyikan Lagu Indonesia Raya, Pembacaan doa yang dibawakan oleh Ketua MUI Kota Sibolga, Ustad. Zainuddin Sinaga, dan dilanjutkan dengan pemutaran video Semarak Rupiah Ramadhan dan Berkah Idul Fitri.

Dalam sambutan Kepala KPw Bi Sibolga, Yuliansyah Andrias, menyampaikan bahwa Serambi merupakan rangkaian kegiatan pemenuhan kebutuhan uang Rupiah dan layanan kas kepada masyarakat pada periode Ramadhan dan Idul Fitri 2023.

“Melalui Serambi 2023, kami telah menyediakan uang rupiah dengan jumlah Rp 26 Miliar dalam bentuk pecahan mulai dari pecahan 20 ribu sampai dengan pecahan 1000 yang sesuai serta dalam kondisi layak edar di beberapa titik resmi bekerja sama dengan 10 titik lokasi perbankan di Kota Sibolga dimulai dari tanggal 28 Maret – 19 April tahun 2023” ucap Kepala KPw BI Sibolga.

Selain bekerjasama dengan perbankan, BI juga melayani penukaran uang rupiah melalui layanan kas keliling yang berada di lapangan parkir masjid Agung Kota Sibolga yang dapat diakses melalui aplikasi “Pintar Bank Indonesia”.

Kegiatan SERAMBI ini bukan hanya berfokus pada penukaran uang namun juga terdapat kegiatan edukasi tentang kebanksentralan, QRIS, gerakan CBP (Cinta, Bangga, Paham) Rupiah, serta sosialisasi tentang Belanja dan Berdagang dengan Bijak di Bulan Ramadhan.

Dalam Sambutan Wali Kota megucapkan mengapresiasi kepada BI yang terus berupaya mendorong optimalisasi transaksi pembayaran secara non tunai diantaranya Quick Response Code Indonesian (QRIS), memperluas kepesertaan BI-Fast termasuk kanal layanan dan akseptasi masyarakat.

“Saya mengharapkan Serambi 2023 ini dapat memberikan edukasi dan sosialisasi untuk memberikan pemahaman kepada masyarakat untuk cinta bangga dan paham rupiah serta berbelanja bijak selama Ramadhan dan Idul Fitri,” harap Wali Kota

Wali Kota juga mengimbau kepada masyarakat agar belanja bijak dengan belanja sesuai kebutuhan, yaitu berbelanja secara tidak berlebihan, memastikan kualitas sesuai dengan harga, tidak menimbun pembelian, membudayakan belanja produk dalam negeri, dan mengalokasikan dana secara tepat dengan berhemat dan menabung.

Setelah menyampaikan sambutan, Wali kota bersama kepala KPw BI sibolga menyerahkan atribut kepada petugas layanan kas dan menekan tombol tanda di mulainya kick off serambi 2023 dilanjutkan dengan berpoto bersama dan diakhiri dengan pelepasan mobil petugas kas keliling.

Kegiatan ini turut dihadiri oleh Fokopimda Kota Sibolga, Wakil Ketua DPRD Kota Sibolga, Jamil Zeb Tumori, S.H., M.A.P, Kepala Kantor Agama Kota Sibolga, Dr. H. Bahrumsyah Saleh, M.A. dan Para Kepala kantor Perbankan.

Bagikan :