Wali Kota Sibolga dan Wakil Wali Kota Sibolga Ikuti Rakor Mingguan Pengendalian Inflasi Daerah

Dinas Kominfo Kota Sibolga | SIBOLGA – Wali Kota Sibolga H. Jamaluddin Pohan, bersama Wakil Wali Kota Sibolga Pantas Maruba Lumban Tobing, mengikuti Rapat Koordinasi (Rakor) Pengendalian Inflasi Daerah secara virtual dari Aula Nusantara l Kantor Wali Kota, pada Senin (27/03/23) pagi.

Rakor Pengendalian Inflasi Daerah tersebut dilaksanakan rutin mingguan oleh Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri). Saat memimpin rapat koordinasi, Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian dalam arahannya menekankan arahan Bapak Presiden terkait pola hidup sederhana dan transisi menuju endemi COVID-19. “Atas arahan Bapak Presiden, Menteri Sekretaris Presiden telah mengeluarkan surat edaran tentang peniadaan penyelenggaraan buka puasa bersama. Yang intinya berkaitan tentang pola hidup sederhana dan transisi pandemi”, ungkapnya.

Di samping itu, sebagai tindak lanjut arahan Presiden, diterangkan pula bahwa, Kemendagri telah menyusun SK kepada Gubernur, Bupati dan Wali Kota tentang pemberian Bansos pada masyarakat tidak mampu pada Ramadhan dan Idulfitri 1444 H, dan mengutamakan kegiatan buka bersama di tempat-tempat kaum dhuafa, seperti panti asuhan, tempat kumuh, atau masyarakat tidak mampu lainnya.

Dikemukakan juga dalam rakor ini, komoditas yang perlu diwaspadai, karena diperkirakan dapat menyumbang inflasi terbesar pada bulan Ramadan dan Hari Raya Idulfitri 1444 Hijriyah tahun ini untuk pulau Kalimantan atau luar Jawa, yakni beras, cabai rawit, cabai merah, dan daging ayam ras.

Dibeberkan pula, 10 kabupaten/kota dengan fluktuasi harga cabai merah tertinggi, di antaranya Pulau Morotai, Tomohon, Kubu Raya, Humbang Kasundutan, dan termasuk juga Kabupaten Murung Raya di urutan ke 5. Oleh karena itu, Gerakan Tanam cabai harus tetap dilakukan sebagai langkah antisipasi harga cabai yang naik.

Turut hadir dalam acara ini, Kapolres Sibolga, AKBP Taryono Raharja, S.H., S.I.K., Dandim 0211 /TT Letkol Inf. Jon Patar Hasudungan Banjarnahor, S.IP, Kepala Kantor Badan Pusat Statistik (BPS) Sibolga Sabar Harianja, Sekretaris Daerah (Sekda) Pemerintah Kota (Pemko) Sibolga, M. Yusuf Batubara, S.K.M., M.M., Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Josua Hutapea, S.Sos., Inspektorat Kota Sibolga, Ichwan Simatupang, S.Sos., MSP., Kepala Bappeda, Drs. Juneidi Tanjung, M.Pd., Kadis Sosial, Haslan Efendy, S.Sos.,M.M., Kadis Kominfo Sibolga, Drs. Sofyan, M.M., Kepala BPKAD, Rahmat Tarihoran, S.T., M.M., Plt. Kadis PUPR, Arif Rahman S.T, Plt. Kadis Perindag, Ramayana Tambunan, S.T., Plt. Kadis Dishub Faisal Fahmi Lubis, Plt. Kepala Dinas Perikanan, Ketahanan Pangan dan Pertanian Kota Sibolga, Anwar Sadat, S.Pi., Kabag Kesra Pemko Sibolga, Ahmad Irvan Lubis, S.E., M.M., Kabag umum Sekretariat Pemko Sibolga Azriadi Tanjung S.E, M.M.

Bagikan :