Wali Kota Dan Wakil Lepas Peserta Gerak Jalan Pada Peringatan Harkopnas Ke-76

Dinas Kominfo Kota Sibolga | SIBOLGA-  Wali Kota Sibolga H.Jamaluddin Pohan didampingi Wakil Wali Kota Sibolga Pantas Maruba Lumbantobing melepas peserta gerak jalan santai dalam rangka peringatan Hari Koperasi Nasional (Harkopnas) ke-76 Tahun 2023, pada Sabtu (29/07/23) pagi, di depan kantor Walikota Sibolga. Jalan santai ini mengambil start dari depan kantor Wali Kota Sibolga, selanjutnya memutari sebagian jalan inti Kota Sibolga dan finish kembali ke lapangan Simare-mare. Kemudian dilanjutkan dengan perayaan Hari Jadi Koperasi Nasional yang dirangkai dengan Pemotongan kue, Penyerahan hadiah dan bantuan serta acara hiburan.

Dalam sambutan Menteri Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah RI yang dibacakan oleh Wakil Wali Kota, Menteri menyampaikan “koperasi merupakan organisasi Ekonomi yang fungsi utamanya untuk meningkatkan kesejahteraan anggota dan masyarakat. Untuk menyejahterakan anggota, koperasi menyelenggarakan berbagai usaha serta layanan sesuai kebutuhan anggota. Disitulah inti dari koperasi sebagai perusahaan dimana anggota sebagai pemilik dan pengguna jasanya. Ibarat kendaraan, koperasi ini seperti bus yang mengangkut banyak orang. Jumlah tersebut menjadi salah satu kekuatan koperasi dengan cara menyatukan kepentingan anggota untuk melalukan pengadaan, produksi, pengolahan atau pemasaran bersama. Sehingga di negara-negara maju, koperasi anggotanya ribuan, ratusan bahkan jutaan orang. Mereka mengisyafi betul bahwa kekuatan bersama /Kolektif adalah kunci sukses koperasi.”

Wakil Wali Kota juga menambahkan Pemko Sibolga juga akan memberikan bantuan Sosial melalui Dinas Perhubungan Sibolga kepada Abang Becak dan Supir Angkutan Umum sebanyak 225 Paket, sebanyak 175 Paket berupa Ban, Baterai Septor, helm, Jaket dan Oli untuk Abang becak dan 50 Paket berupa Ban, baterai mobil, tabung racuan api, dongkrak mobil, kunci ring pas dan oli mesin untuk Supir Angkot. Dan Wakil Wali Kota menghimbau agar bantuan itu dipergunakan sebaik mungkin dan jangan ada yang dijual kembali.

Dalam sambutan Ketua Dekopinda Lumsedia Sitompul, S.Pd, M.M., menyampaikan ” DEKOPINDA Kota Sibolga sebagai wadah aspirasi gerakan koperasi yang diakui oleh UU Perkoperasian, selama ini turut aktif mendukung Pemerintah Kota Sibolga melalui Dinas Koperasi UKM dan ketenagakerjaan Kota Sibolga untuk melakukan pembinaan pada gerakan Koperasi di Kota Sibolga. Salah satu diantaranya adalah dengan memghimbau dan membantu gerakan Koperasi untuk mengurus aspek legalitas Koperasi, yang diantaranya adalah NIB (Nomor Induk Berusaha) Koperasi, serta izin terkait usaha yang diselenggarakan oleh Koperasi. Saya harap Semoga gerakan Koperasi dan Pemerintah dapat selalu bersinergi, untuk membangun koperasi yang mandiri, tangguh dan berdaya saing di seluruh Indonesia.”

Wakil Ketua DPRD Kota Sibolga, Jamil Zeb Tumori S.H., M.A.P., dalam sambutannya menyampaikan “Dengan kegiatan Dinas koperasi UKM dan Tenaga kerja dan kemudian saudara Faisal sebagai kadis perhubungan tentunya sebagai komitmen Walikota sibolga untuk menjadikan masyarakatnya  menjadi makmur. Pembagian- pembagian seperti inilah yang ditunggu tunggu oleh masyarakat.  kepentingan rakyat tentu kita utamakan. Pemberian bantuan ini merupakan komitmen pemerintah kota dalam mencerdaskan dan memakmurkan rakyatnya .”

Sebelumnya, Kepala Dinas Koperasi UKM dan Ketenagakerjaan Rina Lamrenta Lumban Tobing, S.H.,  dalam laporannya menyampaikan, tujuan pelaksanaan kegiatan tersebut adalah untuk memperkokoh gerakan koperasi sebagai dasar pengembangan kekuatan ekonomi rakyat yang mampu mendorong pembangunan ekonomi Nasional secara mandiri, berkeadilan sosial dan berkelanjutan serta meningkatkan semangat berkoperasi dikalangan milenial melalui Digitalisasi.

Kadis KUKMK memaparkan, dalam rangka memperingati hari Koperasi Nasional yang ke-76 diisi dengan kegiatan Jalan santai, Penyerahan penghargaan serta hadiah kepada koperasi yang telah dilakukan penilaian kesehatan Koperasi Simpan pinjam/Unit Simpan pinjam yaitu Koperasi CU. Sepakat, KPN Angkasawan RRI, KPN KPPDK (Lapas Kelas II A Sibolga), Koperasi karyawan tenaga kerja bongkar muat, Koperasi Karyawan Dharma Samudera. Juga penyerahan bantuan pelatihan jahit menjahit, las mengelas (Welding), tenaga kerja mandiri yang berasal dari kelurahan se-Kota Sibolga serta Penyerahan bantuan sosial kepada abang tukang becak dan supir angkot berplat N.

Pemberian hadiah dan Bantuan kepada Abang becak serta Supir Angkot diserahkan secara simbolis oleh Wakil Wali Kota, Kapolres Sibolga, AKBP. Taryono Raharja, S.H., S.I.K., Dandim 0211/TT Letkol Inf. Jon Patar Hasudungan Banjarnahor, S.IP., Wakil Ketua DPRD Sibolga, Anggota DPRD Sibolga, Tonny Lumbantobing, S.E., Deputi Kepala KPw Bank Indonesia (BI) Sibolga, Jonataruli Sidabalok, Perwakilan Unsur Forkopimda, Ketua Dekopinda, Kadis KUMKK, Dirut RSUD FL.Tobing dr. Ivona Hasfika, Ketua DW Persatuan Kota Sibolga, Masnah, S.E.,. Yang turut dihadiri Ketua TP-PKK Kota Sibolga Ny. Hj. Farida Jamaluddin Pohan, para Pimpinan OPD Kota Sibolga, Camat dan Lurah se-Kota Sibolga, Perwakilan Kepala Sekolah dan Guru Kota Sibolga, Ketua dan Penggerak Koperasi se-Kota Sibolga, dan ratusan peserta Jalan Santai.

Bagikan :