Situs Resmi Pemerintah Kota Sibolga

Wali Kota dan Dirjen PDSPKP KKP Resmikan ICS Milik Pemko Sibolga

Dinas Kominfo Kota Sibolga | TAPANULI TENGAH – Wali Kota Sibolga Drs. H.M. Syarfi Hutauruk, MM, bersama Direktur Pengolahan dan Bina Mutu Direktorat Jenderal Penguatan Daya Saing Produk Kelautan dan Perikanan (Dirjen PDSPKP) Kementerian Kelautan dan Perikanan Republik Indonesia (KKP RI) Innes Rahmania, A.Pi, S.Sos, MM, meresmikan Ruang Beku Terintegrasi (Integrated Cold Storage/ICS) milik Pemko Sibolga, yang berlokasi di Jalan Abdul Rajab Simatupang, Kelurahan Sibuluan Nauli, Kecamatan Pandan Kabupaten Tapanuli Tengah, pada Kamis (28/10/19) siang.

Dalam sambutannya, Dirjen PDSPKP menyampaikan, “Gedung Beku Terintegrasi milik Pemerintah Kota Sibolga yang dibangun melalui APBN ini, diharapkan mampu mendorong peningkatan mutu, nilai tambah, dan daya saing produk perikanan Indonesia, khususnya hasil perikanan yang berasal dari Kota Sibolga dan Tapanuli Tengah.”

Wali Kota Sibolga dalam sambutannya menyampaikan ucapan terima kasih kepada KKP RI yang telah merespon permohonan Pemko Siboga untuk membangun ICS. Keberadaan ICS ini sangat mendukung kehidupan para nelayan sekaligus penopang perekonomian Kota Sibolga yang bergerak di bidang kelautan dan perikanan. Selain itu, Wali Kota turut menekankan bahwa para nelayan harus mampu menciptakan daya saing tanpa cara illegal fishing. “Nelayan kita harus dibenahi, pertumbuhan ekonomi dari sektor perikanan harus dipertinggi. Salah satu caranya melalui modernisasi alat tangkap, didik dan latih para nelayan kita, serta alat pengolahan ikan kita harus lengkap,” ucap Wali Kota.

Peresmian ICS ditandai dengan penandatanganan prasasti dan pengguntingan pita oleh Wali Kota, Dirjen PDSPKP, dan Ketua DPRD Kota Sibolga. Setelah itu, Wali Kota bersama seluruh undangan meninjau ICS yang dibangun dengan standar internasional ini.

Pada kesempatan ini, Wali Kota juga menyerahkan SK Penunjukkan Mitra Kerjasama Pemanfaatan Gudang Beku Terintegrasi Kota Sibolga ini, dari Dinas Perikanan, Ketahanan Pangan dan Pertanian Kota Sibolga kepada Perusahaan Daerah Sibolga Nauli. Selanjutnya Wali Kota menyerahkan bantuan CSR Bank Sumut Cabang Sibolga, kepada 4 kelompok Budidaya dan Rumah Tangga Perikanan (Home Industry) Binaan Pemko Sibolga, serta penyerahan Asuransi Nelayan.

Terlihat hadir dalam kegiatan ini, unsur Forkopimda, beberapa anggota DPRD Kota Sibolga, Sekda Kota Sibolga M. Yusuf Batubara, SKM, MM, unsur Pemerintah Kabupaten Tapanuli Tengah, Asisten II Pemko Sibolga Hendra Darmalius, A.Pi, para Pimpinan OPD di lingkungan Pemko Sibolga, unsur HNSI Kota Sibolga, Camat dan Lurah se-Kota Sibolga, serta para Pengusaha Perikanan Kota Sibolga dan Kabupaten Tapanuli Tengah.

Bagikan :