Situs Resmi Pemerintah Kota Sibolga

Wali Kota Buka Pencanangan Pembangunan Zona Integritas dan Pemusnahan BMN HT MMEA Ilegal

Dinas Kominfo Kota Sibolga | SIBOLGA – Wali Kota Sibolga Drs. H.M. Syarfi Hutauruk, MM, hadir sekaligus membuka acara pencanangan pembangunan Zona Integritas (ZI) menuju Wilayah Bebas Korupsi (WBK)/Wilayah Birokrasi Bersih Melayani (WBBM) dan pemusnahan atas Barang Milik Negara (BMN) Hasil Tembakau (HT) dan Minuman Mengandung Etil Alkohol (MMEA) Ilegal di halaman utama Kantor Pengawasan dan Pelayanan Bea Cukai (KPPBC) TMP C, Pelabuhan Sambas Sibolga, pada Kamis (24/10/19) pagi.

Kepala Kantor KPPBC TMP C Sibolga Kurnia Saktiyono menyampaikan, bahwa kinerja Bea Cukai Sibolga sejak dua tahun berdiri pada tahun 2017, berhasil menyetorkan pajak kepada negara sebesar 5 miliar, tahun 2018 mengalami kenaikan hingga 9,66 miliar, dan hingga September tahun ini sudah mencapai 10,2 miliar. “Walau tidak ada beban target dari pusat, kami berhasil mengumpulkan pajak hingga 10 miliar yang diserahkan kepada negara,” ucap Kepala Kantor KPPBC TMP C Sibolga.

Baca juga: Wali Kota Buka Kejuaraan Pencak Silat Tingkat Pelajar se-Kota Sibolga

Mengawali sambutannya, Wali Kota Sibolga Drs. H.M. Syarfi Hutauruk, MM menekankan agar terlaksananya proses pelayanan masyarakat yang cepat, tepat, dan bebas korupsi oleh KPPBC TMP C Sibolga. Wali Kota juga mengapresiasi kinerja Bea Cukai Sibolga dalam penyerahan pajak kepada negara, serta hubungan yang baik dengan pihak Pemko Sibolga. “Kami menyambut baik apa yang dicita-citakan dan disemangati oleh Bea Cukai Sibolga dengan dukungan Kanwil Bea Cukai Sumatera Utara. Mari kita dukung ketertiban ini, sehingga negeri kita ini bertambah baik,” ujar Wali Kota.

Baca juga: Wali Kota Buka Training Center LPTQ 2019, Ajak Peserta Berlatih Serius

Pembukaan acara ditandai dengan pemukulan Taganing oleh Wali Kota Sibolga bersama Kepala Kantor KPPBC TMP C Sibolga dan Kepala Kanwil DJBC Sumut Oza Olavia. Dilanjutkan dengan penandatanganan Deklarasi ZI sebagai bentuk kesiapan KPPBC Sibolga menuju WBK/WBBM.

Baca juga: Wali Kota Buka Secara Resmi Maper VIII GMKI Cabang Sibolga 

Seluruh barang sitaan yang berpotensi merugikan negara akibat tidak terpungutnya cukai atas Barang Kena Cukai HT dan MMEA ilegal, dimusnahkan dengan pemecahan MMEA dan pembakaran berbagai merek rokok tanpa pita cukai.

Baca juga: Wali Kota Penuhi Undangan Ephorus Hadiri Pembukaan Rapat Pendeta HKBP

Turut hadir dalam acara ini Sekda Kota Sibolga M. Yusuf Batubara, SKM, MM, seluruh Kepala KPPBC se-Wilayah Sumut, Unsur Forkopimda, Kejaksaan Negeri Sibolga, KSOP Sibolga, KPPN Sibolga dan PT. Multi Trading Pratama.

Bagikan :