Wali Kota Buka MTQ Ke-49 Tingkat Kota Sibolga

Dinas Kominfo Kota Sibolga | SIBOLGA – Ditandai dengan pemukulan bedug oleh Wali Kota Sibolga, H. Jamaluddin Pohan, resmi membuka Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) ke-49 Tingkat Kota Sibolga Tahun 2022, yang dilaksanakan di Lapangan Simare-mare Kota Sibolga, pada Senin (28/02/22) malam. Berjalan sukses walaupun dalam cuaca hujan. Dinas Kominfo Kota Sibolga juga menyiarkan live streaming kegiatan ini.


Dalam sambutan, Wali Kota mengucapkan, “Terima kasih kepada Bupati Tapanuli Tengah, Bakhtiar Ahmad Sibarani yang telah memberikan tambahan hadiah untuk MTQ tingkat Kota Sibolga sebesar 50 Juta Rupiah. Saya ucapkan selamat mengikuti Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) tingkat Kota Sibolga kepada semua peserta. Semoga keikutsertaan saudara-saudara memberi manfaat dan maslahat dalam mengembangkan syiar Islam di Kota Sibolga yang sama-sama kita banggakan.”

“Kepada para peserta yang ikut lomba, silahkan keluarkan bakat kalian, tampilkan yang terbaik. Kepada Dewan Juri, silahkan berbuat adil dalam penilaian, berikan nilai yang sesuai dengan yang dilakukan para peserta. MTQ tidak semata-mata wahana untuk berlatih dan berlomba membaca Al-Qur’an, tapi jalan untuk mengedukasi umat untuk semakin mencintai dan membumikan Al-Qur’an, juga meningkatkan kesadaran beragama yang lebih humanis dan terbuka, acara ini akan ditutup pada tanggal 03 Maret 2022, sekaligus memperingatan Isra’ Mi’raj Nabi Muhammad SAW 1443 H / 2022 M.”   ucap Wali Kota.

Sebelumnya, Ketua Panitia MTQ tingkat Kota Sibolga, yang juga Tenaga Ahli Bidang Sosial dan Keagamaan Islam, Kamil Gulo, S.Pd.I., menyampaikan, “Tujuan MTQ ke-49 Tingkat Kota Sibolga adalah memotivasi dan menstimulasi kaum Muslimin dan Muslimat, khususnya generasi muda Kota Sibolga untuk senantiasa membaca, memahami dan mengaplikasikan nilai-nilai Al-Qur’an dalam kehidupan sehari – hari. Juga sebagai wadah pengembangan prestasi Seni Budaya Islam dan pembinaan akhlak generasi muda dalam mewujudkan masyarakat Kota Sibolga yang berakhlak mulia dan berdaya saing. Serta, mempersiapkan Qori–Qoriah dan para peserta lomba lainnya untuk mengikuti perlombaan di tingkat Provinsi Sumatera Utara Tahun 2022.”

“Peserta adalah utusan dari kecamatan se-Kota Sibolga yang merupakan pemenang Juara I MTQ tingkat kecamatan masing-masing yang berjumlah 120 orang dari 4 Kecamatan. Dengan cabang perlombaan, yaitu Musabaqah Tilawah Mujawwad Putra/i tingkat anak-anak, remaja dan dewasa, Musabaqah Tartil Qur’an Putra/i, Musabaqah Tahfidz Qur’an 1 Juz dan Tilawah Putra/i, Musabaqah Syarhil Qur’an, Musabaqah Fahmil Qur’an, Musabaqah Khattil Qur’an Putra/i, Tulisan Buku/ Naskah, Hiasan Mushaf dan Dekorasi, Musabaqah Makalah Ilmiah Al-Qur’an Putra/i. Kegiatan ini dilaksanakan selama 3 (tiga) hari, dari tanggal 28 Februari s.d. 03 Maret 2022 bertempat di Pelataran Lapangan Simare-mare Kota Sibolga,” lapor Ketua Panitia.

Pada kesempatan ini, Wali Kota juga mengukuhkan 68 orang Muadzin dalam 1 tahun, dan memberikan beasiswa tiap Kecamatan sebesar Rp3.600.000 dalam 1 tahun secara simbolis.

Turut hadir dalam acara ini, Wakil Wali Kota, Pantas Maruba Lumban Tobing, Ketua DPRD Kota Sibolga Akhmad Syukri Nazry Penarik, S.Pd., beserta jajaran dan Anggota DPRD Kota Sibolga, perwakilan Unsur Forkopimda, Sekda Kota Sibolga, M. Yusuf Batubara, S.K.M., M.M., Sekda Kabupaten Tapteng, Yetty Sembiring, S.STP., M.M., para Staf Ahli, Asisten, Pimpinan OPD, Tenaga Ahli, Camat dan Lurah se-Kota Sibolga, Kepala Bank Indonesia Cabang Sibolga, Aswin Kosotali, Kepala Bank Sumut Kota Sibolga, Muhammad Fadhil, Kakan Kemenag Kota Sibolga, Dr. H. Bahrum Saleh, M.A., Ketua TP. PKK Kota Sibolga dan Wakil, Ny. Hj. Farida Hanum Siregar dan Ny. Lumsedia Sitompul, S.Pd., M.M., Ketua TP. PKK Tapteng, Ny. Citra Bakhtiar Ahmad Sibarani, Ketua Dharma Wanita Persatuan Kota Sibolga, Masna Sikumbang, S.E., Tokoh Agama, Tokoh Masyarakat, peserta MTQ, dan masyarakat Kota Sibolga.

Bagikan :