Situs Resmi Pemerintah Kota Sibolga

Wali Kota Buka Launching Serambi Rupiah Ramadhan Layanan UPK

Dinas Kominfo Kota Sibolga | SIBOLGA – Pemukulan Gong yang dilakukan oleh Wali Kota Sibolga, H. Jamaluddin Pohan, pertanda dibukanya Launching Serambi Rupiah Ramadhan Tahun 2022, layanan penukaran Uang Pecahan Kecil (UPK), yang dilaksanakan di pelataran Masjid Agung Sibolga, pada Selasa (19/04/22) pagi.


Dalam sambutan, Wali Kota menyampaikan, “Atas nama pribadi dan Pemerintah Kota Sibolga, saya sangat mengapresiasi Bank Indonesia (BI) dan pihak perbankan di Kota Sibolga dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat untuk melakukan penukaran uang tunai rupiah layak edar guna menyambut Hari Raya Idul Fitri Tahun 2022.”

“Saya mengimbau kepada masyarakat Kota Sibolga yang menggunakan jasa penukaran uang rupiah, agar bisa memilih tempat-tempat yang resmi, guna menghindari tindakan kejahatan dan tidak kalah penting adalah mewaspadai adanya peredaran uang palsu. Bagi masyarakat Kota Sibolga yang miliki saudara yang ingin datang ke Kota Sibolga, silahkan hubungi terlebih dulu agar melaksanakan vaksinasi, sehingga terhindar dari Covid-19. Vaksinasi ini sangat penting,” ucap Wali Kota.

Sebelumnya, Kepala KPw BI Sibolga, Aswin Kosotali, menyampaikan, “Secara Khusus dalam Ramadhan Idul Fitri 1433 Hijriah, Bank Indonesia mempersiapkan tiga strategi pemenuhan kebutuhan uang rupiah dan layanan kas yang dikemas dalam kegiatan yang mengusung tema ‘Sembari Rupiah Ramadhan : Belajar Bijak dan Rawat Rupiah’. Strategi pertama, mempersiapkan uang tunai layak edar sebesar Rp175,26 triliun secara nasional, untuk kebutuhan uang tunai di Wilker KPw BI Sibolga adalah sebesar Rp1,09 triliun. Stategi kedua perlunya layanan penukaran, tahun ini KPw BI Sibolga dan 7 perbankan Sibolga lainnya, yaitu Bank Mandiri, BNI, BRI, BSI, Bank Mega, Bank Sumut, Bank Sumut Unit Syariah, akan melaksanakan penukaran dari tanggal 19 s.d. 21 April 2022, dari pukul 10.00 s.d. 12.00 WIB, masyarakat dapat menukar secara online melalui laman aplikasi https://pintar.bi.go.id, dengan batas maksimal sebesar Rp3.800.000,00 per orang untuk layanan penukaran bersama. Masyarakat juga dapat menukar secara langsung ke kantor bank di 81 titik cabang perbankan wilayah kerja KPw BI Sibolga. Strategi ketiga, BI kembali membuka layanan kas keliling untuk memenuhi kebutuhan uang kartal di masyarakat pada tanggal 4 s.d. 8 April 2022 ke daerah Padang Sidempuan, Sipirok dan Gunung Tua. Sedangkan, pada tanggal 25 s.d. 28 April 2022, ke daerah Padang Sidempuan dan Panyabungan. Kami juga bekerjasama dengan Dinas Kesehatan Kota Sibolga, bagi masyarakat yang belum melakukan vaksinasi bisa melaksanakan vaksinasi di sini.”

Turut hadir dalam acara Launching ini, perwakilan Kapolres, Pimpinan Perbankan Kota Sibolga, Kepala Kantor Kementrian Agama Kota Sibolga, Dr. H. Bahrum Saleh, M.A., Pimpinan Instansi Sibolga-Tapteng.

Bagikan :