Situs Resmi Pemerintah Kota Sibolga

Wakili Wali Kota, Sekda Buka Musrenbang RKPD Kota Sibolga Tahun 2023

Dinas Kominfo Kota Sibolga | SIBOLGA – Mewakili Wali Kota Sibolga, H. Jamaluddin Pohan, Sekda, M. Yusuf Batubara, S.K.M., M.M., membuka secara resmi Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Kota Sibolga Tahun 2023, yang dilaksanakan di Gedung Nasional, pada Rabu (23/03/22) siang.

Dalam sambutan Wali Kota yang dibacakan oleh Sekda, Wali Kota berterima kasih atas kedatangan Kepala UPT Pengelolaan Sampah Dinas Lingkungan Hidup, Akmal Syahputra, berserta rombongan, sekaligus menyampaikan, “Perencanaan pembangunan pada RKPD tahun 2023 disesuaikan dengan Visi Misi Pemerintah Kota Sibolga. Tema RKPD Kota Sibolga tahun 2023, yaitu ‘Peningkatan Sarana dan Prasarana Perekonomian melalui Percepatan Pembangunan Ekonomi Berbasis Kota Pariwisata dan Barang/Jasa yang Berwawasan Lingkungan’. Dengan 5 Prioritas Pembangunan Kota Sibolga tahun 2023, yakni penanggulangan kemiskinan dan pengangguran, peningkatan daya dukung pengembangan perekonomian masyarakat, peningkatan kualitas SDM yang berkualitas, peningkatan tata kelola pemerintahan dan pelayanan masyarakat, serta pemenuhan dan peningkatan kapasitas infrastruktur dasar. Kelima prioritas pembangunan tersebut menjadi perhatian dan acuan bagi kita dalam merencanakan program kegiatan tahun 2023.”

“Kepada seluruh perangkat daerah, dalam menyusun skala prioritas usulan pembiayaan pembangunan, lakukanlah penajaman, penyelarasan, dan klarifikasi usulan sesuai prioritas pembangunan tahun 2023. Dan untuk usulan yang tidak dapat dibiayai APBD, agar dapat diusulkan berkelanjutan ke provinsi atau pusat melalui sumber-sumber pembiayaan yang lain. Teruslah berusaha dan aktif mencari informasi ke Pemerintah Pusat dan Pemerintah Provinsi dengan berbekal program – program strategis, agar anggaran dari APBN dan APBD Provinsi Sumatera Utara dapat teralokasi lebih besar ke Kota Sibolga pada tahun 2023.”

Kepala Bappeda, Drs. Juneidi Tanjung, M.Pd., selaku Ketua Panitia melaporkan, “Tujuan dilaksanakan kegiatan ini adalah untuk menyepakati permasalahan pembangunan daerah, menyepakati prioritas pembangunan daerah, program, kegiatan, pagu indikatif, indikator dan target kinerja serta lokasi, penyelarasan program dan kegiatan pembangunan daerah dengan sasaran dan prioritas pembangunan Provinsi Sumatera Utara, klarifikasi program dan kegiatan yang merupakan kewenangan daerah Kota Sibolga dengan program dan kegiatan kelurahan yang diusulkan berdasarkan hasil Musrenbang.”

Paparan dalam acara ini disampaikan oleh Kepala Bappeda Provinsi Sumatera Utara yang diwakili Kabid Perencanaan Ekonomi, Kemaritiman dan Sumber Daya Alam, Tarsudi, S.P., M.Si., dan Pimpinan Bank Indonesia Perwakilan Sibolga, Aswin Kosotali.

Hadir dalam pembukaan Musrenbang ini, Unsur Forkopimda Kota Sibolga, Anggota DPRD Kota Sibolga, Hj. Nurarifah, S.K.M., Wakil Ketua TP. PKK, Lumsedia Sitompul, S.Pd., M.M., Ketua Dharma Wanita Persatuan Kota Sibolga, Masna Sikumbang, S.E., para Staf Ahli, Asisten, Pimpinan OPD, Camat, dan Lurah se-Kota Sibolga, unsur BUMN dan BUMD Kota Sibolga, Pimpinan Instansi Vertikal se-Kota Sibolga, Ketua DPD LPM Kota Sibolga, dan Ketua LPM Kecamatan Se-Kota Sibolga, Tokoh Masyarakat, Tokoh Agama.

Bagikan :