Wakili Wali Kota, Asisten Buka Pelatihan Menjahit Konveksi

Dinas Kominfo Kota Sibolga | SIBOLGA – Mewakili Wali Kota Sibolga, H. Jamaluddin Pohan, Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat, Josua Hutapea, S.Sos., membuka Pelatihan Menjahit Konveksi bagi masyarakat Kota Sibolga Tahun 2022, yang dilaksanakan di Aula Rumah Promosi Kota Sibolga, Jalan Brigjend. Katamso, Kelurahan Pasar Baru, Kecamatan Sibolga Kota, pada Rabu (09/03/22) pagi.

Dalam sambutan Wali Kota yang dibacakan Asisten, Wali Kota menyampaikan, “Pelatihan menjahit konveksi merupakan kegiatan pemberdayaan masyarakat untuk memberikan kesempatan mendapatkan ilmu dan keterampilan di bidang menjahit konveksi. Alat produksi yang digunakan umumnya tidak lebih dari 20 mesin jahit atau tidak akan menghasilkan lebih dari 500 potong pakaian per hari. Untuk itu, Pemerintah dan Instansi terkait, benar-benar merencanakan kegiatan ini agar bisa mendukung dan berkontribusi penuh dalam pelaksanaannya. Sehingga dapat mewujudkan visi Pemko Sibolga, yaitu Sibolga Sehat, Pintar dan Makmur.”

“Saya berharap kepada dinas terkait, dapat melakukan pembinaan secara bertahap sehingga hasil pelatihan ini dapat berkelanjutan sampai ke tingkat selanjutnya, sebagai salah satu potensi peluang usaha masyarakat. Kepada peserta, kiranya mengikuti pelatihan ini dengan sebaik-baiknya serta memanfaatkan pelatihan ini untuk dapat meningkatkan kondisi ekonomi. Dan kepada saudara narasumber, agar dapat menyampaikan materi pelatihan secara langsung dengan menggunakan metode bahasa yang mudah dimengerti. Berikanlah pengetahuan yang saudara miliki kepada para peserta, sehingga para peserta dapat mengerti dan mampu mempraktikkannya dalam menjalankan usaha konveksi tersebut,” harap Wali Kota, yang dibacakan Asisten.

Pada kesempatan sebelumnya, Plt. Kadis Perindag, Ramayana Tambunan, S.T., selaku Ketua Panitia, melaporkan, “Tujuan acara ini dilaksanakan adalah untuk membekali masyarakat belajar dengan keterampilan, pengetahuan, dan sikap agar mampu memilih bahan tekstil dan bahan pembantu secara tepat, memelihara dan memperbaiki gangguan pada mesin jahit, mengukur, membuat pola, memotong dan menjahit, serta keselamatan kerja dalam praktik menjahit. Kegiatan ini dilaksanakan selama 15 (lima belas) hari, yaitu mulai dari tanggal 09 s.d. 25 Maret 2022 bertempat di SMK Negeri 2 (SMKN 2) Sibolga. Narasumber berjumlah 2 (dua) orang, berasal dari Pengajar SMKN 2 Sibolga dan IKM Konvensi dari Kota Medan. Jumlah peserta sebanyak 25 (dua puluh lima) orang, yang merupakan masyarakat Kota Sibolga.”

Turut hadir dalam acara ini, Wakil Ketua Harian Dekranasda, Memori Eva Ulina Panggabean, S.H., M.Kn., perwakilan TP. PKK, Dekranasda, dan Dharma Wanita Kota Sibolga, serta para peserta pelatihan.

Bagikan :