Wakil Walikota Bersama BI Sibolga Tinjau CAS di Pasar Sibolga Nauli

Dinas Kominfo Kota Sibolga | SIBOLGA- Wakil Wali Kota Sibolga Pantas Maruba Lumbantobing  bersama Deputi Kepala KPw Bank Indonesia (BI) Sibolga Jonataruli Sidabalok meninjau Gudang CAS (Controlled Atmosphere Storage) yang telah selesai di bangun di Pasar Sibolga Nauli pada Jumat (06/10/23) siang.

Dalam wawancaranya, Wakil Wali Kota menyampaikan bahwa peninjauan ini untuk melihat pembangunan Gudang CAS yang sudah selesai. Dimana CAS ini merupakan tempat penyimpanan hasil pertanian agar tetap segar. Ini merupakan salah satu langkah untuk mencegah angka inflasi naik, dengan memastikan ketersediaan tetap ada dan menjaga stabilitas harga. ” CAS ini sudah hidup tapi belum dilakukan uji coba. Melalui Dinas Perikanan Ketahanan Pangan dan Pertanian (Dinas PKPP) akan terlebih dahulu diuji coba ketahanan hasil pertaniannya lalu dilihat penggunaan listriknya. Selanjutnya akan diserahkan kepada Dinas Perindag untuk dikelola. Untuk kapasitas CAS ini adalah 6 Ton.”

“Untuk penyimpanan di CAS ini kita tidak akan mengambil PAD. Niatnya adalah untuk membantu para pedagang agar komoditasnya tidak cepat rusak. Untuk sekarang ini Pedagang hanya akan kita bebankan listrik tanpa biaya penyewaan. Kita akan tinjau, jika ini berhasil akan kita tambah lagi sampai 25 Ton.”

Deputi Kepala KPw Bank Indonesia (BI) Sibolga dalam wawancaranya menyampaikan harapannya agar penggunaan CAS ini dapat dioptimalkan. “Salah satu metigasi untuk mengendalikan lonjakan harga adalah dengan memastikan ketersediannya tetap ada, CAS ini adalah sebagai tempat penyimpanan kita agar harga bisa tetap stabil, dan pastinya angka inflasi tetap terjaga.”

Turut hadir Staf Ahli Bidang Pemerintahan, Hukum dan Politik Bustanul Arifin, S.T., M.M.,  Plt. Kadis PKPP Anwar Sadat, S.Pi., Plt. Kadis Perindag Kota Sibolga Ramayana Tambunan, S.T., dan Plt. Kadis Perhubungan Kota Sibolga, Faisal Fahmi Lubis, S.Sos.

Bagikan :