Wakil Wali Kota Sibolga Hadiri Rakerda Program Bangga Kencana dan Percepatan Penurunan Stunting Tingkat Provinsi Sumatera Utara Tahun 2023

Dinas Kominfo Kota Sibolga | MEDAN – Wakil Wali Kota Sibolga, Pantas Maruba Lumbantobing, menghadiri Rapat Kerja Daerah (Rakerda) Program Bangga Kencana dan Percepatan Penurunan Stunting Tingkat Provinsi Sumatera Utara, di Hotel Santika Premiere Dyandra Medan, Jl. Kapten Maulana Lubis No.7, Petisah Tengah, Kec. Medan Petisah, Kota Medan, Sumatera Utara, pada Rabu (08/02/23) pagi.

Rakerda ini dibuka langsung oleh Wakil Gubernur Sumatera Utara (Wagubsu) selaku Ketua Tim Percepatan Penurunan Stunting (TPPS) Provinsi Sumatera Utara, H. Musa Rajekshah, S.Sos., M.Hum, didampingi Bupati/Wakil, Wali Kota/Wakil sebagai Tim Percepatan Penurunan Stunting Kab/Kota yang ditandai dengan pemukulan gong.

Sebelumnya, laporan panitia yang disampaikan oleh Kepala Perwakilan BKKBN Sumut, Muhammad Irzal, SE, ME menyampaikan, “Rakerda yang kita laksanakan hari ini merupakan tindak lanjut yang dilaksanakan di Jakarta oleh Bpk. Presiden Republik Indonesia, Ir. Joko Widodo. Berdasarkan data Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN) Tahun 2021 bahwa Sumatera Utara berada diangka 25,8, secara nasional berada diangka 24,4. Alhamdulillah berdasarkan SSGI Tahun 2022 angka prevalensi stunting Sumut berhasil turun 4,7%, menjadi 21,1%, dari sebelumnya 25,8% pada tahun 2021. Penurunan ini bisa tercapai dengan kerja keras kita bersama seluruh pihak, untuk itu mari kita terus berupaya menurunkan stunting di Sumut.”

Dalam arahan dan sambutan Wagubsu menyampaikan, “Kita semua menyadari betapa penting nya keluarga, dalam lingkup kita keluarga adalah faktor utama membuat hidup kita ini tidak menjadi beban pikiran dalam hal apa pun. Bapak ibu sekalian Bupati/Walikota yg di amanatkan sebagai kepala daerah, ini tugas kita bersama untuk mensejahterahkan masyarakat dan bagaimana masyarakat kita mempunyai SDM, memiliki generasi cerdas, dalam program rakerda ini kami berharap kita semua melihat apa yg bisa kita kerjakan kabupaten/kota sesumatra utara.”

Sekretaris Utama BKKBN RI Drs, Tavip Agus Rayanto M,si menambahkan, “Pada saat ini Stunting Nasional turun, dari angka 24,4% menjadi 21,6%. Artinya kalau kita bicara tentang RPJMN yg ingin menuju 14%, di sisa waktu yang ada rata2 pertahun harus mampu menurun kan pada angka 3,8%. Kalau melihat negara2 maju tentu ini tantangan yang tidak mudah.”

Turut Mendampingi Wakil Walikota Sibolga, Kepala Bappeda Kota Sibolga Drs. Junaedi Tanjung, M.Pd, Kadis BKKBN Kota Sibolga, Richard M. Pangaribuan, S.Si., A.Pt., M.Kes., Kadis Kesehatan kota Sibolga Fimansyah Hulu, S.Apt, M.Kes.

Bagikan :