Wakil Wali Kota Sibolga Buka Persami dan Orientasi Saka Kencana Angkatan XV Kota Sibolga

Dinas Kominfo Kota Sibolga | SIBOLGA – Wakil Wali Kota Sibolga Pantas Maruba Lumban Tobing, yang juga selaku Wakil Ketua Majelis Pembimbing Cabang (Waka. Mabicab) Gerakan Pramuka Kota Sibolga membuka secara resmi Perkemahan Sabtu Minggu (Persami) dan Orientasi Saka Kencana Angkatan XV Kota Sibolga, dilaksanakan di Bumi Perkemahan Pramuka Aek Parombunan Sibolga, pada Rabu (08/11/23) siang. Kegiatan ini berada dibawah naungan Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (PPKB) Kota Sibolga.

Acara diawali dengan upacara, Wakil Wali Kota Sibolga bertindak sebagai Pembina upara. Kegiatan tersebut juga sekaligus dirangkai dengan pelantikan Pengurus Majelis Pembimbing dan Pimpinan Satuan Karya Pramuka Keluarga Berencana (Saka Kencana) Dinas PPKB Kota Sibolga, yang mana Kadis PPKB Richard M. Pangaribuan, S.Si., A.Pt., terpilih sebagai Ketua Majelis Pembimbing Saka (Mabi Saka) Pramuka kencana.

Dalam sambutannya Wakil Wali Kota Sibolga menyampaikan ucapan selamat kepada pada pengurus Saka Kencana gerakan Pramuka Kwartir cabang kota Sibolga yang baru saja dilantik, diharapkan dapat berikan pembinaan yang berinovatif agar terwujudnya generasi emas Indonesia di Tahun 2024. Dikota Sibolga remaja usia (10 sampai dengan 24 Tahun) menurut data Badan Pusat Statistik (BPS) tahun 2022 berjumlah 23.886 jiwa, mencapai 26,4 persen dari jumlah remaja yang cukup tinggi tersebut diharapkan adanya terobosan/inovasi yang dilakukan oleh para remaja, dalam rangka mempersiapkan Kota Sibolga dalam mewujudkan cita-cita Negara, yakni Indonesia emas 2045.

“Indonesia dalam mempersiapkan generasi emas memiliki banyak hambatan yang menjadi pekerja rumah, dimana masih tingginya angka stunting dan juga kasus kenakalan remaja yang semakin marak dan sulit untuk dikendalikan seperti pemakaian narkoba, obat obat terlarang, sex bebas, bullying dan perbuatan lainnya yang berlawanan dengan hukum agama dan hukum negara, sehingga apa yang kita harapkan dari remaja dan pemuda yang nantinya dalam mewujudkan Indonesia emas tahun 2045 menjadi pertanyaan besar. Untuk itu remaja atau generasi muda sekarang ini diharapkan dapat menjadi kebanggaan kita karena prestasinya, disiplinnya dan semua itu tidak terlepas dari peran serta dan tanggung jawab kita semua. Salah satu tanggung jawab itu seperti yang kita dilaksanakan saat ini yakni perkemahan bagi anggota Saka Kencana Dinas PPKB Kota Sibolga yang merupakan bagian dari remaja atau generasi muda Indonesia di Kota Sibolga, yang berperan serta dalam pembangunan di bidang keluarga berencana Kota Sibolga”.

Pada laporan ketua panitia yang disampaikan oleh Kadis PPKB Kota Sibolga, melaporkan tujuan kegiatan ini adalah untuk membina dan mengembangkan persaudaraan dan persatuan dikalangan pramuka penegak dan pramuka pendega, serta memberikan kepada mereka kegiatan kreatif rekreatif inovatif dan produktif yang mengarah kepada kemampuan, untuk mandiri dan pengetahuan tentang stunting kesehatan produksi remaja narkoba HIV/AIDS, dan keluarga berencana dalam kehidupan dan dapat menjadi role model bagi teman sebaya, dan penyampaian edukasi dan informasi bagi temen sebaya dan juga lingkungan sekitarnya. Kegiatan dilaksanakan selama 3 hari pada tanggal 8 sampai dengan 10 november 2023, di Bumi Perkemahan Aek Parombunan. Materi yang disampaikan adalah pencegahan stunting pada remaja, program bangga kencana dalam pembangunan bangsa dan negara, penyalahgunaan narkoba IMS dan HIV/AIDS dikalangan remaja dan pencegahannya, Peran pemuda falam menyongsong Indonesia emas 2045, dan Peran pramuka dalam pembangunan bangsa dan negara. Penyaji materi yakni oleh Wakil Wali Kota sibolga selalu ketua TPPS Kota Sibolga, KWARCAB gerakan pramuka Kota Sibolga, Kadis PPKB, Kamista dan Dinas PPKB Kota Sibolga. Peserta yang mengikuti kegiatan persami berjumlah 61 orang, yang akan dilantik pada hari Sabtu 10 November 2023.

Sementara Ketua Kwarcab Pramuka Kota Sibolga, Arya Wirawan Panjaitan, S.Pd., menyampaikan harapannya kepada Pemko Sibolga untuk tahun berikutnya agar dapat memberikan dukungan untuk mengangtifkan kegiatan kepramukaan disetiap libi. Dan berharap semoga pramuka di Kota Sibolga bisa lebih besar lagi.

Usai acara dilanjutkan dengan pemaparan materi oleh Wakil Wali Kota Sibolga terkait dengan pencegahan stunting pada remaja. Hadir pada pembukaan Persami tersebut, perwakilan Forkopimda, Staf Ahli Bidang Pemerintahan, Hukum dan Politik Bustanul Arifin, S.T., M.M., Tenaga Ahli Bidang Perekonomian, Keuangan, dan Pembangunan Hendra Saputra, S.E., M.M., Lurah Aek Parombunan.

Bagikan :