Wakil Wali Kota Sibolga Buka Musrenbang RKPD Kota Sibolga Tahun 2024

Dinas Kominfo Kota Sibolga | SIBOLGA – Wakil Wali Kota Sibolga Pantas Maruba Lumban Tobing, membuka secara resmi Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Kota Sibolga Tahun 2024, yang dilaksanakan di Aula Graha Aulia Bank Indonesia Sibolga, pada Selasa (07/03/23) pagi.

Wakil Wali Kota Sibolga mengucapkan terima kasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya atas kedatangan Bapak Gubernur Sumatera Utara yang di wakili Asisten Perekonomian dan Pembangunan Sekretaris Daerah Provinsi Sumatera Utara Dr. H. Agus Tripriyono, S.E, M.Si, Ak, CA, berserta rombongan, sekaligus menyampaikan, “Perencanaan pembangunan pada RKPD tahun 2024 disesuaikan dengan Visi Misi Pemerintah Kota Sibolga. Tema RKPD Kota Sibolga tahun 2024, yaitu ‘Peningkatan Sarana dan Prasarana Perekonomian melalui Percepatan Pembangunan Ekonomi Berbasis Kota Pariwisata dan Barang/Jasa yang Berwawasan Lingkungan Berkelanjutan’. Dengan 7 Prioritas Pembangunan Kota Sibolga tahun 2024, yakni Peningkatan Destinasi Parawisata,Peningkatan sarana dan prasarana perekonomian, Penanggulangan kemiskinan dan pengangguran, Peningkatan derajat kesehatan masyarakat, Peningkatan dan pemenuhan akses pendidikan, Peningkatan infrastruktur dasar, dan Peningkatan tata kelola pemerintahan yang baik. Ketujuh prioritas pembangunan tersebut menjadi perhatian dan acuan bagi kita dalam merencanakan program kegiatan tahun 2024.”

“Saya menghimbau seluruh perangkat daerah menyusun skala prioritas usulan pembinaan pembangunan dengan melakukan penajaman penyelarasan dan klarifikasi usulan sesuai prioritas pembangunan tahun 2024 dan usulan yang tidak dapat dibiayai APBD agar dapat ditawarkan melalui sumber-sumber pembiayaan lain, oleh sebab itu saya minta semua perangkat daerah untuk terus berusaha dan aktif mencari informasi ke Pemerintah Pusat dan Pemerintah Provinsi dengan berbekal program strategis agar anggaran dari APBN dan APBD Provinsi dapat teralokasi lebih besar ke Kota Sibolga pada tahun 2024.”

Wakil Ketua DPRD Kota Sibolga, Jamil Zeb Tumori, S.H., M.A.P., menyampaikan, “Diadakannya Musrenbang RKPD Kota Sibolga Tahun 2024 ini, diharapkan agar perencanaan pembangunan yang merupakan kebutuhan masyarakat terutama dari segi infrastruktur yang akan dilaksanakan pada tahun anggaran 2024 dapat direncanakan sesuai dengan kondisi dan kemampuan keuangan daerah Kota Sibolga dengan memperhatikan faktor sinkronisasi, keselarasan, koordinasi dan integrasi penyelenggara pemerintahan berdasarkan azas otonomi dan tugas pembangunan, serta sangat perlu dilakukan penjaringan aspirasi masyarakat secara komprehensif antara lintas pemangku kepentingan (Stakeholder). Kami atas nama pimpinan dan Anggota DPRD Kota Sibolga beserta masyarakat Kota Sibolga mendukung pelaksanaan Musrenbang, mudah-mudahan perencanaan pembangunan untuk tahun anggaran 2024 yang dirumuskan nantinya dapat dijadikan rancangan kerja tahunan yang secara nyata dapat menyentuh bagi kebutuhan masyarakat Kota Sibolga.”

Kepala Bappeda, Drs. Juneidi Tanjung, M.Pd., selaku Ketua Panitia melaporkan, “Tujuan dilaksanakan kegiatan ini adalah untuk menyepakati permasalahan pembangunan daerah, menyepakati prioritas pembangunan daerah, program, kegiatan, pagu indikatif, indikator dan target kinerja serta lokasi, penyelarasan program dan kegiatan pembangunan daerah dengan sasaran dan prioritas pembangunan Provinsi Sumatera Utara, klarifikasi program dan kegiatan yang merupakan kewenangan daerah Kota Sibolga dengan program dan kegiatan kelurahan yang diusulkan berdasarkan hasil Musrenbang.”

Hadir dalam pembukaan Musrenbang ini, Mewakili Gubernur Sumatera Utara, Asisten Perekonomian dan Pembangunan Sekretaris Daerah Provinsi Sumatera Utara Dr. H. Agus Tripriyono, S.E, M.Si, Ak, CA, Kepala Bappeda Provinsi Sumatera Utara yang diwakili Kabid Infraswil Bappeda Provinsi Sumatera Utara Dr. Ihsan Azhari, S.Sos, M.SP., Unsur Forkopimda Kota Sibolga, beberapa Anggota DPRD Kota Sibolga, Sekretaris Daerah Kota Sibolga, M. Yusuf Batubara, S.K.M. M.M., para Staf Ahli, Asisten, Pimpinan OPD, Camat, dan Lurah se-Kota Sibolga, unsur BUMN dan BUMD Kota Sibolga, Pimpinan Instansi Vertikal se-Kota Sibolga, Ketua DPD LPM Kota Sibolga, dan Ketua LPM Kecamatan Se-Kota Sibolga, Tokoh Masyarakat, Tokoh Agama.

Bagikan :