Visi dan Misi Wali Kota

VISI, MISI, TUJUAN DAN SASARAN PEMBANGUNAN

DAERAH KOTA SIBOLGA

 

Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Kota Sibolga tahun 2021-2026 merupakan bagian dari Rencana Pembangunan Jangka Panjang Daerah (RPJPD) Tahun 2005 -2025. Penyusunan Rancangan RPJMD ini memerlukan perhatian yang besar, tidak hanya untuk menghadapi permasalahan yang belum terselesaikan, namun juga mengantisipasi tantanga n yang muncul di masa mendatang. Dalam menanganinya, diperlukan kebersamaan yang bersifat mutualism  oleh penyelenggara pemerintahan daerah dan segenap  pemangku kepentingan ( stakeholders ).  Dengan memperhatikan  isu -isu strategis berdasarkan kerangka berpikir ilmiah yang dibahas dalam bab sebelumnya .

5.1.

VISI

Visi   Pembangunan   Daerah   dalam   Rencana   Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) adalah Visi kepala daerah dan wakil kepala daerah terpilih yang disampaikan pada waktu Pemilihan Kepala Daerah (pilkada). Visi kepala daerah dan wakil kepala daerah terpilih menggambarkan arah pembangunan atau kondisi masa depan daerah yang ingin dicapai ( desired future ) dalam masa jabatan sesuai misi yang diemban.

VISI PEMBANGUNAN DAERAH

Visi ini merupakan janji yang disampaikan kepada masyarakat untuk dipenuhi diakhir masa periode jabatan kepala daerah terpilih. Penyampaian visi yang ditetapkan tersebut diartikan untuk membangun Sibolga, menyejahterakan kehidupan masyarakat, meningkatkan mutu pelayanan kesehatan dan meningkatkan kualitas pendidikan.

Jabaran visi tersebut memprioritaskan pembangunan sumberdaya manusia terutama dari segi peningkatan pendidikan serta infrastruktur demi menciptakan kesejahteraan masyarakat Kota Sibolga, mening katkan lebih baik lagi penuntasan masalah kesehatan yang terus masih menjadi keluhan dari masyarakat, serta penguatan ekonomi kerakyatan dengan memperbanyak tumbuhnya usaha-usaha kecil masyarakat. Visi pembangunan daerah Kota Sibolga untuk periode RPJMD 2021-2026 sesuai dengan visi kepala daerah terpilih, adalah :

“MEWUJUDKAN SIBOLGA SEHAT, PINTAR dan MAKMUR.   ”

Visi Kota  Sibolga adalah gambaran tentang  kondisi  Kota Sibolga yang diharapkan terwujud pada akhir periode Rencana Pembangunan Menengah  Daerah (RPJMD) yaitu tahun 202 6. Rumusan visi ini terdiri dari pernyataan visi, pokok -pokok visi, penjelasan pernyataan visi, dan penjelasan pokok -pokok visi.

Perumusan visi merupakan salah satu tahap penting dalam penyusunan dokumen perencanaan daerah sebagai has il dari analisis permasalahan utama yang terjadi di Kota Sibolga .

Sehat

: merujuk pada kondisi Kota Sibolga dimana derajat kesehatan masyarakat terjaga dengan baik sesuai dengan standar sistem kesehatan nasional. Kondisi ini ditandai dengan meningkatnya Angka Harapan Hidup   (AHH)  yang dicapai dengan   menurunnya angka  kesakitan terhadap  penyakit  menular dan tidak menular  serta  penyakit degeneratif lansia. Derajat kesehatan masyarakat juga ditandai dengan meningkatnya kualitas kesehatan ibu dan bayi yang diukur dengan berkurangnya Angka Kematian Ibu, Angka Kematian Bayi dan Angka Kematian Balita. Ada berbagai standar lain yang juga harus dicapai seperti meningkatnya status gizi masyarakat dan partisipasi masyarakat dalam pengembangan keluarga berencana. Berbagai kondisi tersebut harus dicapai dengan akses masyarakat yang baik terhadap fasilitas pelayanan kesehatan yan g terjangkau dan merata di Kota Sibolga.

Pintar

:  kondisi yang ditandai dengan berkembangnya tingkat pendidikan masyarakat Kota Sibolga  ke arah yang semakin  baik.  Kondisi   ini  diukur dengan meningkatnya Angka Harapan dan Rata -Rata Lama Sekolah  serta Angka  Melek   Huruf (AMH).   Angka Partisipasi  Kasar (APK), Angka Partisipasi  Murni

(APM), Angka Partisipasi  Sekolah  (APS) Jenjang Pendidikan Dasar Sembilan   tahun dan Usia Dini. Berbagai kondisi dapat dicapai dengan peningkatan fasilitas  pendidikan dasar   yang  terjangkau dan merata serta pengembangan kualitas tenaga pendidik yang memiliki disiplin dan komitmen kuat.

Makmur

: Kondisi Kota Sibolga yang masyarakatnya memiliki kondisi kehidupan yang lebih sejahtera secara lahir dan batin.  Makmur  disini    diciri kan melalui masyarakat dengan peluang dan kesempatan yang sama  untuk   meningkatkan  taraf kehidupannya menjadi lebih baik   dari   sebelumnya  serta mendapatkan pendidikan, kesehatan, dan pelayanan sosial  yang memadai.  Hal ini  ditandai dengan Pertumbuhan Ekonomi dan Pendapatan per Kapita yang semakin baik dan menurunnya angka Gini Rasio, Angka Kemiskinan serta Angka Pengangguran.

5.2.

MISI PEMBANGUNAN DAERAH

Misi dalam RPJMD ini dimaknai sebagai upaya -upaya umum yang hendak dijalankan demi terwujudnya Visi Kota Sibolga 2021- 2026. Upaya umum ini memiliki keterkaitan dengan pokok visi yang akan dicapai. Penjelasan setiap misi dibutuhkan agar upaya umum yang diru muskan dapat lebih menggambarkan penyelasaian isu  -isu strategis Kota Sibolga. Adapun rumusan 5 (lima) misi RPJMD Kota Sibolga tahun 2021 -2026 adalah sebagai berikut:

  1. Mewujudkan Tata Kelola Pemerintah yang Good Governance dengan Transparan dan Akuntabel
  2. Mewujudkan dan Meningkatkan kesehatan masyarakat serta pelayanan sehingga dapat melahirkan masyarakat yang cerdas, menuju masyarakat yang makmur
  3. Mewujudkan pemerataan pembangunan yang proporsional berbasis jumlah penduduk untuk Menata pemukiman warga agar terciptanya lingkungan yang sehat dan infrastruktur kota yang terang dengan memanfaatkan tata ruang yang berwawasan kota pintar (Smart City ).
  4. Mewujudkan Pendidikan yang berkualitas, memberikan subsidi penuh terhadap kebutuhan belajar 9 tahun, dan memberikan beasiswa bagi siswa berprestasi untuk melanjutkan studi ke Perguruan tinggi, serta Meningkatkan kesejahteraan guru .
  5. Membuka lapangan kerja dan peluang berusaha dengan pemberdayaan masyarakat di  bidang  Ekonomi  dan kewirausahaan serta menjalin kerjasama dengan pelaku ekonomi lainnya di Kota Sibolga maupun di luar Kota Sibolga .

 

Lima butir misi di atas didasarkan kepada kebutuhan pembangunan yang telah di temakan dalam bentuk visi pembangunan daerah. Dalam upaya penyamaan persepsi terhadap misi tersebut serta mengurangi potensi ambiguitas dalam memahami butir-butir misi, maka penjabaran misi diatas dapat dijelaskan sebagai berikut:

  • Misi Pertama

Mewujudkan Tata Kelola Pemerintahan yang Good Governance dengan Transparan d an Akuntabel

Pemerintah daerah memegang peranan penting bagi perkembangan daerah melalui fungsi sebagai regulator serta fasilitator. Dukungan pemerintah dalam pembangunan daerah harus didukung oleh layanan publik yang prima. Untuk mencapai kondisi layanan prima tersebut perlu terwujud pemerintahan yang baik (good government ) dan tata kelola yang baik (good governance ). Layanan publik perlu didukung birokrasi yang bersih agar tidak menimbulkan biaya birokrasi tinggi. Pelayanan publik juga diharapkan mampu dinamis dan tangkas menjawab kebutuhan dan permasalahan yang terjadi dilapangan. Dalam rangka meningkatkan pelayanan terhadap masyarakat        yang kebutuhannya   semakin      bervariasi    maka dibutuhkan kinerja aparatur pemerintah yang profesional termasuk penataan kelembagaan yang efektif dan efisie n dengan melalui digitalisasi manajemen dan birokrasi  serta inovasi sehingga tata kelola pemerintah dapat berjalan efektif.

 

  • Misi Kedua

Mewujudkan dan Meningkatkan kesehatan masyarakat serta pelayanan sehingga dapat melahirkan masyarakat yang cerdas, menuju masya rakat yang makmur

Sumberdaya manusia merupakan faktor penting  dalam pembangunan daerah. Untuk mencapai tujuan pembangunan yang optimal perlu didukung modal manusia (human capital ) yang unggul yaitu sumber daya manusia yang sehat jasmani dan rohani serta berkarakter, maka dari itu investasi manusia (human investment ) menjadi  misi penting dalam  mendukung  tercapainya visi  Kota Sibolga kedepan. Peningkatan kualitas sumberdaya manusia di Kota Sibolga perlu  didukung oleh   peningkatan akses dan kualitas pelayanan kesehatan.

 

  • Misi Ketiga

Mewujudkan pemerataan pembangunan yang proporsional berbasis jumlah penduduk untuk Menata pemukiman warga agar terciptanya lingkungan yang sehat dan infrastruktur kota yang terang dengan memanfaatkan tata ruang yang berwawasan kota pintar ( Smart City ).

Kota dalam struktur  ruang  menjadi pusat perekonomian wilayah dan memiliki peran penting   bagi  pembangunan. Pembangunan perkotaan  menjadi  bagian   bagi  pembangunan nasional dan juga Provinsi Sumatera Utara , maka dari itu harus memperhatikan  keselarasan   dan keseimbangan antara berbagai kebutuhan baik kebutuhan untuk ekonomi maupun kebutuhan mendasar masyarakat akan infrastruktur kota yang merata dan menjamin hidup masyarakat yang berkualitas dan lingkungan yan g sehat.

Pembangunan  Kota  S ibolga berusaha untuk mewujudkan

“KOTA SIBOLGA NAULI ” yang Nyaman, Aman, Unggul, Lestari dan Indah dengan  terpenuhinya  infrastruktur yang  berkualitas   dan merata yang mendukung keterpaduan infrastruktur ekonomi dan sosial masyarakat yang berkelanjutan dengan melakukan upaya perencanaan, pengawasan  dan pengendalian tata  ruang  yang menjamin keberlanjutan sumber daya daerah serta meningkatkan pengelolaan lingkungan hidup berdasarkan prinsip pembangunan berkelanjutan dan berwaw asan lingkungan.

 

  • Misi Keempat

Mewujudkan Pendidikan yang berkualitas, memberikan subsidi penuh terhadap kebutuhan belajar 9 tahun, dan memberikan beasiswa bagi siswa berprestasi untuk melanjutkan studi ke Perguruan tinggi, serta Meningkatkan kesejahteraan guru

Sama seperti uraian misi kedua di atas, Peningkatan kualitas sumberdaya manusia di Kota Sibolga perlu didukung oleh peningkatan kualitas pelayanan pendidikan, subsidi penuh untuk wajib belajar 9 Tahun disertai dengan Bea siswa berprestasi untuk melanjut ke jenjang Perguruan tinggi dan juga upaya meningkatkan kesejahteraan Guru.

alian tata  ruang  yang menjamin keberlanjutan sumber daya daerah serta meningkatkan pengelolaan lingkungan hidup berdasarkan prinsip pembangunan berkelanjutan dan berwaw asan lingkungan.

 

  • Misi Kelima

Membuka lapangan kerja dan peluang berusaha dengan pemberdayaan masyarakat di bidang Ekonomi dan kewirausahaan serta menjalin kerjasama dengan pelaku ekono mi lainnya di Kota Sibolga maupun di luar Kota Sibolga.

Pertumbuhan ekonomi merupakan upaya pemerintah daerah dalam pembangunan daerah. Pertumbuhan ekonomi merupakan gambaran bahwa pemerintah mampu mengelola potensi ekonomi daerah untuk menjadi pilar pembangunan khususnya untuk mensejahterakan masyarakat. Pembangunan ekonomi Kota Sibolga berfokus pada pertumbuhan ekonomi yang yang berkualitas dan dampaknya mampu dirasakan oleh masyarakat banyak , mengedepankan potensil lokal sebagai motor dan pilar utama perekonomian guna kemandirian ekonomi lokal dan daya saing daerah.

Selain itu, pilar ekonomi hendaknya mampu menciptakan lapangan pekerjaan yang banyak bagi masyarakat sehingga mampu menunjang upaya pengentasan pengangguran dan kemiskinan daerah. Penciptaan iklim investasi menjadi  kunci utama keberhasilan pengembangan ekonomi Kota S ibolga tentunya dengan dukungan sistem birokrasi yang efektif dan efisien mendukung perijinan yang cepat dan murah. Penguatan daya saing daerah Kota Sibolga sebagai pusat ekonomi di Pantai Barat Sumatera Utara dalam sektor perdagangan dan jasa .

5.3.

TUJUAN DAN SASARAN PEMBANGUNAN DAERAH

Tujuan  dan sasaran adalah  tahap perumusan sasaran strategis yang menunjukkan prioritas tertinggi dalam perencanaan pembangunan jangk a menengah daerah yang selanjutnya menjadi dasar penyusunan arsitektur kinerja pembangunan daerah secara keseluruhan. Tujuan dan sasaran merupakan dampak ( impact ) keberhasilan pembangunan daerah yang diperoleh dari pencapaian berbagai program prioritas ter kait.

Tujuan adalah pernyataan -pernyataan tentang hal -hal yang perlu dilakukan untuk mencapai visi, melaksanakan misi, dengan menjawab isu strategis dan permasalahan pembangunan daerah. Sedangkan, sasaran adalah hasil yang diharapkan dari suatu tujuan yang diformulasikan secara kualitatif maupun kuantitatif, spesifik, mudah dicapai, rasional dan dapat dilaksanakan dalam jangka waktu lima  tahun. Sasaran sendiri biasanya direpresentasikan melalui penetapan indikator kinerja daerah. Penetapan indikator ini bertujuan untuk memberikan gambaran tentang ukuran

keberhasilan pencapaian visi dan misi kepala daerah dan wakil kepala daerah yang ditetapkan menjadi Indikator Kinerja Utama (IKU) daerah dan indikator kinerja penyelenggaraan pemerintahan daerah yang ditetap kan menjadi Indikator Kinerja Kunci (IKK) pada akhir periode masa jabatan.

Berdasarkan rumusan Visi dan Misi, dan mengacu serta menyelaraskan dengan Rencana Pembangunan Jangka Menengah (RPJM) Nasional Tahun 2020 -2024 dan Rencana Pembangunan Jangka Panjang  (RPJP) Kota Sibolga Tahun 2005 -2025, RPJMD Provinsi Sumatera Utara Tahun 2019 -2024, RTRW Kota Sibolga Tahun 2017 -2037, Kajian Lingkungan Hidup Strategis Kota S ibolga, maka tujuan pembangunan daerah dalam rangka penyelenggaraan pemerintahan, pelaksanaan pembangunan dan pembinaan kemasyarakatan Tahun 2021 -2026 adalah:

  1. Mewujudkan Tata Kelola Pemerintahan yang Baik;
  2. Mewujudkan Sumber Daya Manusia yang Sehat;
  3. Mewujudkan Pemerataan Pembangunan;
  4. Mewujudkan Pembangunan Kawasan yang Berkelanjutan;
  5. Mewujudkan Pendidikan Berkualitas;
  6. Mewujudkan Pertumbuhan dan Pemerataan Ekonomi;
  7. Mewujudkan Kesejahteraan Sosial;

Sasaran Pembangunan

Dalam mewujudkan tujuan pembangunan ditetapkan sasaran – sasaran pokok pembangunan:

  1. Meningkatnya kualitas penyelenggaraan pemerintahan dan pelayanan publik yang responsif dan akuntabel;
  2. Meningkatnya kualitas SDM penyelenggaraan pemerintahan dan pelayanan publik yang responsif dan akuntabel;
  3. Mewujudkan Penataan Karir ASN Sesuai dengan Keahlian dan Profesionalisme;
  4. Meningkatnya Derajat Kesehatan Masyarakat;
  5. Meningkatnya pelayanan infrastruktur yang mendukung performa wilayah;
  6. Meningkatnya kualitas lingkungan hidup;
  7. Meningkatnya kualitas pendidikan masyarakat;
  8. Meningkatnya pendapatan masyarakat;
  9. Menurunkan Jumlah Penduduk Miskin.

 

5.4.

Keselarasan    RPJMD Kota Sibolga dengan Dokumen Perencanaan lain.

5.4.1. Visi RPJMN, RPJMD Sumatera Utara dan RPJPD Kota Sibolga

5.4.2. Keselarasan RPJMN Tahun 2020 -2024 dengan RPJMD Kota Sibolga Tahun 2021-2026

Visi Misi Presiden 2020 -2024 disusun berdasarkan arahan RPJPN 2020 -2025. RPJMN 2020 -2024 dilaksanakan pada periode kepemimpinan  Presiden  Joko Widodo dan   Wakil Presiden K.H. Ma‟ruf Amin dengan  visi  “Terwujudnya Indonesia Maju yang

Berdaulat, Mand iri, dan Berkepribadian  Berlandaskan Gotong Royong”. Visi tersebut diwujudkan melalui 9 (sembilan) Misi yang dikenal sebagai Nawacita Kedua, yaitu:

  1. Peningkatan Kualitas Manusian Indonesia;
  2. Struktur Ekonomi yang Produktif, Merata dan Berdaya Saing;
  3. Pembangu nan yang Merata dan Berkeadilan;
  4. Mencapai Lingkungan Hidup yang Berkelanjutan;
  5. Kemajuan Budaya yang Mencerminkan Kepribadian Bangsa;
  6. Penegakan Sistem Hukum yang Bebas Korupsi, Bermartabat dan Terpercaya;
  7. Perlindungan Bagi Segenap Bangsa dan Memberikan Rasa Aman pada Seluruh Warga;
  8. Pengelolaan Pemerintah yang Bersih, Efektif, dan Terpercaya;

Sinergi Pemerintah Daerah dalam Kerangka Negara Kesatuan.

5.4.3. Keselarasan RPJMD Kota Sibolga dengan RPJMD Provinsi Sumatera Utara

RPJMD Provinsi Sumatera Utara Tahun 2019 -2023 sedang dalam proses penyusunan Perubahan RPJMD, namun demikian dari gambaran awal visi misi Provinsi Sumatera Utara, dapat dihubungkan dalam RPJMD Kota Sibolga Tahun 2021-2026.

Mewujudkan Masyarakat Sumatera Utara Yang Bermartabat Dalam Pergaulan karena terbebas dari judi, narkoba, prostitusi, dan penyeludupan, sehingga menjadi teladan di As ia Tenggara dan Dunia.

Visi Pemerintahan Daerah Provinsi Sumat era Utara yaitu:

“Sumatera Utara Yang Maju, Aman dan Bermartabat”

Visi tersebut dijabarkan ke dalam beberapa misi yaitu:

  1. Mewujudkan Masyarakat Sumatera Utara  Yang Bermartabat Dalam Kehidupan , karena memiliki iman dan taqwa, tersedianya sandang pangan ya ng cukup, rumah yang layak, pendidikan yang baik, kesehatan yang  prima, mata pencaharian yang menyenangkan, serta harga -harga yang terjangkau.
  2. Mewujudkan Masyarakat Sumatera Utara Yang Bermartabat Dalam Politik dengan adanya pemerintahan yang bersih dan dicintai, tata kelola pemerintah yang baik, adil, terpercaya, politik yang beretika, masyarakat yang berwawasan kebangsaan, dan memiliki kohesi sosial yang kuat serta harmonis.
  3. Mewujudkan Masyarakat Sumatera Utara Yang Bermartabat Dalam Pendidikan karena mas yarakatnya yang terpelajar, berkarakter, cerdas, kolaboratif, berdaya saing, dan mandiri.
  4. Mewujudkan Masyarakat Sumatera Utara Yang Bermartabat Dalam Pergaulan karena terbebas dari judi, narkoba, prostitusi, dan penyeludupan, sehingga menjadi teladan di As ia Tenggara dan Dunia.
  5. Mewujudkan Masyarakat Sumatera Utara Yang Bermartabat Dalam Lingkungan karena ekologinya yang terjaga, alamnya yang bersih dan indah, penduduknya yang ramah, berbudaya, berperikemanusiaan, dan beradab.

Korelasi antara Visi dan Misi Rencana Pembangunan Jangka Menengah Provinsi Sumatera Utara dengan Gambaran Visi dan Misi Rencana Pembangunan Jangka Menengah Kota Sibolga dapat digambarkan sebagaimana gambar berikut.

Bagikan :

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *