Situs Resmi Pemerintah Kota Sibolga

UPACARA PERINGATAN HUT RI KE-71 BERLANGSUNG KHIDMAT DAN LANCAR

SIBOLGA  Upacara Peringatan Hari Ulang Tahun Peringatan Kemerdekaan Republik Indonesia (HUT RI) ke-71 di Kota Sibolga berlangsung dengan khidmat dan lancar, yang bertempat di Lapangan Simare-mare, Rabu (17/8).

Upacara Penaikan dan penurunan bendera diikuti oleh perwakilan TNI, Polri, PNS, Pramuka, OKP dan siswa dari berbagai sekolah di Sibolga. Turut hadir di tribun kehormatan Unsur Pimpinan Daerah, pimpinan Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) se-Kota Sibolga. Di sebelah tribun kehormatan, hadir ibu – ibu organisasi persatuan wanita se-Kota Sibolga duduk dan mengikuti pelaksanaan upacara dengan tertib. Dimana Wali Kota Sibolga Drs. H.M. Syarfi Hutauruk, MM yang bertindak sebagai inspektur upacara. Komandan Upacara pada penaikan bendera adalah Mayor Inf Horas Sitorus, dan penurunan bendera oleh Kompol Khamdani.

Tema Peringatan HUT RI Ke-71 Tahun 2016 adalah “Dengan Semangat Proklamasi 17 Agustus 1945, Kita Dukung Suksesi Kepemimpinan Nasional Demi Kelanjutan Pembangunan Menuju Indonesia Yang Makin Maju dan Sejahtera.”

Suasana patriotisme semakin kuat ketika Ketua DPRD Kota Sibolga Tony Agustinus Lumban Tobing SE membacakan teks Proklamasi yang dahulu dikumandangkan oleh Soekarno-Hatta, Bapak Proklamator Kemerdekaan Indonesia.

Wali Kota Sibolga Drs. H.M. Syarfi Hutauruk, MM  mengatakan, untuk menyambut HUT Kemerdekaan RI, sebelumnya dilakukan penyalaan api obor memasuki taman makam pahlawan yang dilakukan oleh masyarakat dan pelajar sepanjang 1 kilometer.“Selain perenungan suci tadi malam, dalam rangka memeriahkan HUT RI yang ke-71 serta meningkatkan rasa patriotisme dan semangat kebangsaan di Kota Sibolga, maka Pemko Sibolga mengadakan hiburan rakyat yakni karnaval, lomba sepeda dan kendaraan hias, serta panjat pinang di tingkat Kelurahan dan  Kecamatan se-Kota Sibolga,” ucap Syarfi.

Masih dikatakannya, Peringatan 71 Tahun Kemerdekaan Republik Indonesia, harus menjadi renungan bagi seluruh masyarakat, khususnya generasi muda, untuk lebih meningkatkan rasa nasionalisme, cinta terhadap tanah air, dan mengisi kemerdekaan itu dengan berbagai kegiatan untuk membangun dan memajukan Indonesia. “Generasi muda, khususnya di Kota Sibolga, harus mempersiapkan diri dan SDM yang handal, memiliki skill dan ketaqwaan terhadap Tuhan Yang Esa,” katanya.

Syarfi juga menyampaikan, seluruh elemen bangsa harus waspada terhadap persoalan degradasi moral yang kini menyerang generasi muda saat ini, apalagi bentuk serangan itu dilakukan melalui kemajuan tekhnologi, dan juga budaya. “Persoalan degradasi moral ini harus kita waspadai, banyak kejadian sekarang, telah berani memplesetkan sila-sila Pancasila, simbol negara dan yang lainnya, kita harus waspada terhadap semua ini,” ucapnya.

Persoalan degradasi moral generasi muda di Kota Sibolga masih belum tercemar jauh, namun Syarfi mengatakan, pihaknya akan terus melakukan berbagai upaya membangun moralitas dan rasa nasionalisme pemuda di daerah ini dengan berbagai kegiatan positif, seperti lomba lagu perjuangan, cerdas cermat, atau apapun itu yang sifatnya dapat membangun nasionalisme dan menghindari terjadinya degradasi moral.

Saat berjalannya Upacara Penaikan dan Penurunan Bendera Sang Merah Putih di lapangan Simare–mare Kota Sibolga, antusiasme masyarakat ramai yang menyaksikan jalannya upacara dari luar pagar pembatas lapangan sangat tinggi, terlebih lagi ketika yang ditunggu-tunggu, pasukan pengibar bendera atau Paskibraka yang terdiri dari para pelajar terbaik Sibolga memasuki lapangan dengan derap langkah yang padu, seirama dan tegap.

Usai pelaksanaan upacara penaikan bendera, Wali Kota Sibolga menyerahkan penghargaan kepada Camat terbaik tingkat Kota Sibolga, serta pemberian hadiah kepada para pemenang lomba kegiatan dalam rangka HUT Kemerdekaan.      (H2/A/G/N/R2)

Bagikan :

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *