Situs Resmi Pemerintah Kota Sibolga

Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila

 

Wali Kota : “Jaga Perdamaian, Jaga Persatuan, Dan Jaga Persaudaraan Diantara Kita”

SIBOLGA Pemerintah Kota Sibolga melaksanakan upacara peringatan hari lahir Pancasila yang ke-72 di lapangan Simare-mare, Kamis (1/6). Wali Kota Sibolga Drs. H.M. Syarfi Hutauruk, MM bertindak sebagai inspektur upacara memimpin jalannya upacara yang diikuti peserta terdiri dari TNI, Polri, Satpol PP, ASN, pelajar dan organisasi kepemudaan. Upacara kali ini merupakan yang pertama kali sejak Presiden Joko Widodo menerbitkan Keputusan Presiden (Kepres) Nomor 24 Tahun 2016 tentang Hari Lahir Pancasila 1 Juni 2016 lalu.

Drs. H.M. Syarfi Hutauruk, MM selaku Inspektur Upacara saat membacakan amanat Presiden RI Joko Widodo mengatakan bahwa, Pancasila merupakan hasil dari satu kesatuan proses yang dimulai dengan rumusan Pancasila tanggal 1 Juni 1945 yang dipidatokan lr. Sukarno, Piagam Jakarta tanggal 22 Juni 1945, dan rumusan final Pancasila tanggal 18 Agustus 1945, adalah jiwa besar para founding fathers, para ulama dan pejuang kemerdekaan dari seluruh pelosok nusantara, sehingga dapat  membangun kesepakatan bangsa yang mempersatukan bangsa Indonesia. 

“Harus diingat bahwa kodrat bangsa lndonesia adalah keberagaman. Takdir Tuhan untuk kita adalah keberagaman. Dari Sabang sampai Merauke adalah keberagaman. Dari Miangas sampai Rote adalah juga keberagaman. Berbagai etnis, bahasa, adat  istiadat, agama, kepercayaan dan golongan bersatu padu membentuk lndonesia. Itulah Kebhineka Tunggal Ika-an kita,” kata Syarfi. 

Lanjut Syarfi, kehidupan berbangsa dan bernegara saat ini sedang mengalami tantangan. Kebinekaan kita sedang diuji. Saat ini ada pandangan dan tindakan yang mengancam kebinekaan dan keikaan kita. Saat ini ada sikap tidak toleran yang mengusung ideologi selain Pancasila. Masalah ini semakin mencemaskan tak kala diperparah oleh penyalahgunaan media sosial yang banyak menggaungkan hoax alias kabar bohong. 

“Sekali lagi, jaga perdamaian, jaga persatuan, dan jaga persaudaraan diantara kita. Mari kita saling bersikap santun, saling menghormati, saling toleran, dan saling membantu untuk kepentingan bangsa. Mari kita saling bahu-membahu, bergotong royong demi kemajuan lndonesia. Selamat Hari Lahir Pancasila. Kita lndonesia, Kita Pancasila. Semua anda lndonesia, semua anda Pancasila. Saya lndonesia, saya Pancasila,” pungkasnya. (amir)

Bagikan :

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *