Tingkatkan Wawasan Aktivis dan Kader PATBM, Wali Kota Sibolga: Wujudkan Kota Sibolga sebagai KLA

Dinas Kominfo Kota Sibolga | SIBOLGA – Guna meningkatkan wawasan aktivis dan kader Perlindungan Anak Terpadu Berbasis Masyarakat (PATBM), mewakili Wali Kota Sibolga, H. Jamaluddin Pohan, Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat, Josua Hutapea, S.Sos., membuka kegiatan Advokasi Kebijakan dan Peningkatan Kapasitas Aktivis dan Kader PATBM dalam Upaya Pencegahan Kekerasan terhadap Anak, di Aula Kantor Kecamatan Sibolga Kota, pada Selasa (14/06/22) pagi.

Dalam sambutan Wali Kota yang dibacakan Asisten, Wali Kota menyampaikan, “Kita yakin sumber daya manusia haruslah handal dalam menghadapi tantangan zaman yang kian berat saat ini. Untuk itu, pemenuhan hak anak harus tetap diberikan yang terbaik. Sehingga, anak dapat tumbuh, berkembang, terlindungi, dan mendapatkan kesehatan, pendidikan dan hak asuh yang selayaknya.”

“Dengan adanya kegiatan advokasi kebijakan dan peningkatan kapasitas aktivis dan kader PATBM dalam upaya pencegahan kekerasan terhadap anak ini, dapat menjadi acuan organisasi perangkat daerah dan sektor lainnya untuk memperhatikan hak-hak anak dalam kebijakan dan pelaksanaan program ataupun kegiatan sebagai cikal bakal mewujudkan Kota Sibolga sebagai Kota Layak Anak,” harap Wali Kota yang dibacakan Asisten.

Sebelumnya, Plt. Kadis PMK, PP & PA, Tatik Haryati Tanjung, S.H., melaporkan, “PATBM adalah sebuah gerakan dari jaringan atau kelompok warga pada tingkat masyarakat yang bekerja secara terkoordinasi untuk mencapai tujuan perlindungan anak. Pembentukan PATBM di tingkat kelurahan sangat penting. Kami berharap, melalui kegiatan penguatan kapasitas lembaga PATBM ini, aktivis dan kader PATBM bisa mengedukasi masyarakat dalam menurunkan angka kekerasan pada anak. Dengan cara, mengubah norma sosial dan praktik budaya yang menerima, membenarkan atau mengabaikan kekerasan. Serta, membangun sistem pada tingkat komunitas dan keluarga dalam mencegah kekerasan.”

Kegiatan ini berlangsung selama dua hari, yaitu Senin, 13 Juni 2022 s.d. Selasa 14 Juni 2022. Menghadirkan dua pemateri, yakni Kasat Binmas Polres Sibolga, AKP Daniel, yang memaparkan materi ‘Pendampingan Hukum Bagi Korban kekerasan’, dan Muhammad Jailani, S.Sos., M.A., yang memaparkan materi ‘Membangun PATBM’. Dengan jumlah peserta sebanyak 45 orang, yang bersal dari Camat dan Lurah se-Kota Sibolga, diikuti 24 orang aktivis dan kader PATBM dari masing-masing kelurahan.

Bagikan :