Tindak Lanjut Rakornas Pengendalian Inflasi Daerah Tahun 2022, Wali Kota Sibolga Hadirkan Pedagang Cabai dan Rencanakan Pembangunan Cool Room

Dinas Kominfo Kota Sibolga | SIBOLGA – Wali Kota Sibolga, H. Jamaluddin Pohan, memimpin Rapat Koordinasi (Rakor) pembahasan langkah konkret Pengendalian Inflasi Daerah Tahun 2022 sebagai tindak lanjut dari arahan Presiden pada Rakornas lalu, di Aula Nusantara I Kantor Wali Kota Sibolga, pada Kamis (01/09/22) pagi.

Dalam rakor ini menghadirkan langsung pedagang cabai, dikarenakan salah satu komoditas penyumbang inflasi terbesar di Kota Sibolga adalah cabai merah. Berdasarkan data dari pedagang, kenaikan ini disebabkan kelangkaan persediaan cabai, sehingga harga jual menjadi tinggi. Pedagang juga menyampaikan jika persediaan selalu ada, harga pasti bisa stabil.

Menanggapi hal tersebut, Wali Kota meminta kepada masyarakat tidak membeli bahan makanan secara berlebihan (menimbun). “Kepada para pedagang, jangan bertindak nakal, mengambil kesempatan dalam kesempitan dimasa sulit ini. Pemerintah akan menindak tegas bagi siapa yang melanggar aturan tersebut,” tegas Wali Kota.

Wali Kota juga merencanakan pembangunan Cool Room di Kota Sibolga, agar pemerintah dapat membuat stok terhadap bahan-bahan langka, khususnya cabai merah, untuk menghindari kelangkaan bahan pokok. Dengan ini, diharapkan harga cabai akan stabil. Pemerintah bersama Instansi Vertikal dan Perbankan akan berupaya semaksimal mungkin, agar inflasi di Kota Sibolga dapat dikendalikan. Dengan rencana ini, Pemko Sibolga tidak akan bergantung pada satu daerah, dengan diperluasnya kerja sama dengan beberapa kabupaten produsen cabai.

Deputi Kepala KPw Bank Indonesia (BI) Sibolga, Jonataruli Sidabalok, menyampaikan, “BI Sibolga siap mendukung Pemko Sibolga untuk menangani inflasi daerah Kota Sibolga. Diawali dengan MoU dengan beberapa daerah produsen cabai. Selanjutnya, akan dilihat dengan kebutuhan yang ada.”

Turut mendampingi Wali Kota Sibolga mengikuti pembahasan ini, Dandim 0211/TT, Letkol Czi Mangatas Pandapotan Sibuea, S.H., M.Han., perwakilan Kapolres Sibolga, P. Pasaribu, M.M., Sekda Kota Sibolga, M. Yusuf Batubara, S.K.M., M.M., Kepala BPS Sibolga, Sabar A.Harianja, perwakilan Bulog, Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat, Josua Hutapea, S.Sos., beberapa Pimpinan OPD terkait, dan Camat se-Kota Sibolga.

Bagikan :