Situs Resmi Pemerintah Kota Sibolga

LAUNCHING TAMAN LALU LINTAS PORTABLE, SYARFI : BUDAYAKAN TERTIB LALU LINTAS SEJAK DINI

SIBOLGA – Guna membudayakan tertib lalu lintas pada masyarakat khususnya pada anak usia dini, Pemerintah Kota  (Pemko) Sibolga  bekerjasama dengan Polisi Resort (Polres) Kota Sibolga  menggelar Sosialisasi Taman Lalu Lintas Ceria Portable, lomba PKS 12 gerakan lalu lintas, serta lomba mewarnai yang diikuti pendidikan anak usia dini (PAUD) dan anak taman kanak-kanak (TK) se-Kota Sibolga,  bertempat di Lapangan Simare-mare Kota Sibolga, Jumat (9/9) pagi.

Kegiatan yang dibuka oleh Wali Kota Sibolga Drs. Syarfi Hutauruk, MM turut dihadiri Kapolresta Sibolga AKBP. Benny Remus Hutajulu, SIK beserta jajarannya, Wakil Ketua DPRD Sibolga Jamil Zeb Tumori, para Asisten dan Staf Ahli Pemko Sibolga, dan jajaran SKPD, Guru dan perwakilan anak didik PAUD, TK se-Kota Sibolga.

Wali Kota Sibolga Drs. H.M. Syarfi Hutauruk, MM  dalam sambutannya mengatakan, bahwa untuk mencapai tingkat pendidikan dan perkembangan yang optimal diperlukan pendidikan yang berkualitas bagi anak usia dini, baik isi maupun materi, serta prosesnya harus terintegrasi, menyeluruh dan terpadu sesuai dengan pertumbuhan dan perkembangan anak.

Wali Kota juga memberikan apresiasi dan dukungannya atas pelaksanaan kegiatan yang dilaksanakan ini. Mengingat anak usia dini perlu dikenalkan dengan rambu-rambu lalu lintas dan perlunya mematuhi peraturan yang berlaku. Diharapkan, sosialisasi pada hari ini dapat menumbuhkan kesadaran untuk menjadi pengemudi dan pengguna jalan raya yang sopan, santun, hati-hati, waspada, sabar dan tertanam dalam diri anak bahwa keselamatan merupakan kebutuhan nomor satu.

“Tingginya antusias para anak-anak kita yang mengikuti launching taman lalu lintas portable, lomba PKS serta lomba mewarnai ini cukup tinggi, hal ini menunjukkan bahwa gairah dan semangat para peserta mengikuti lomba ini bukan hanya untuk meraih predikat juara, tetapi juga didasari kemauan, rasa pembelajaran yang tinggi, serta kemampuan bersaing sehat dalam meraih prestasi,” kata Syarfi

Kapolresta Sibolga AKBP. Benny Remus Hutajulu menyampaikan, bahwa pendidikan tertib lalu lintas kepada anak usia dini diluar sekolah diharapkan memberi pengetahuan tentang pentingnya menggunakan helm dan menaati rambu-rambu saat berkendara. Melalui Taman Lalu Lintas Portable ini, anak-anak usia dini bisa memanfaatkannya untuk pembelajaran tertib berlalu lintas. Anak-anak juga diberitahu agar berhenti saat lampu merah, siap-siap disaat lampu kuning dan boleh melaju kembali setelah lampu hijau menyala.

“Ini diharapkan terus diingat mereka, sehingga disaat dewasa sudah terbiasa dan menjadi pelopor keselamatan berlalu lintas,” ujarnya.

Kapolres menambahkan, untuk jumlah Lakalantas dibanding dengan daerah lain, Kota Sibolga yang paling sedikit setiap tahunnya, dan Polres Sibolga juga berupaya meminimalisir pelanggaran berlalulintas, salahsatunya dengan program  Police Go To School yang dilaksanakan setiap hari Senin tiap Minggunya di masing – masing sekolah di Kota Sibolga.

Terpantau, sejumlah anak usia dini sangat antusias dan gembira saat bersepeda dan menggunakan helm, mencoba Taman Lalu Lintas Ceria Portable yang dibuat menggunakan bahan lunak dari stereofoam sehingga aman, dan dibuat layaknya jalan kota yang dilengkapi rambu-rambu lalu lintas, gedung-gedung, perkantoran, dan SPBU.      (hen/amir/rian)

Bagikan :

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *