Situs Resmi Pemerintah Kota Sibolga

APEL KESADARAN DAN PENGAMBILAN SUMPAH JANJI PNS

 

SIBOLGA – Upacara hari Kesadaran Nasional yang dilaksanakan Pemerintah Kota Sibolga hari ini, Rabu (17/6) dihadiri ribuan pegawai negeri sipil (PNS) dan para tenaga honor/THL serta para kepala lingkungan (Kepling) se- Kota Sibolga. Pada upacara ini juga dilakukan pengambilan sumpah/janji bagi PNS yang belum pernah di sumpah/janji nya, sekaligus penyerahan SK CPNS bagi Honorer K-II.

Dalam arahannya, Wali Kota Sibolga Drs. Syarfi Hutauruk menegaskan, agar kiranya PNS di lingkungan Pemerintah Kota Sibolga selalu mengutamakan tugas-tugas dan tanggung jawabnya sebagai aparatur Negara dan abdi Negara dan masyarakat, mengemban tugas pengabdian dengan keikhlasan dan kesadaran, tegakkan disiplin, melakukan dan menyelesaikan segala tugas berdasarkan tupoksi dengan tepat waktu. Dan terlebih lagi bagi PNS dan CPNS  diharapkan tidak ikut dan terlibat politik praktis ataupun menggunakan atribut partai dan atribut bakal calon, apalagi dalam waktu dekat ini Kota Sibolga akan mengadakan pesta demokrasi pemilihan kepala daerah (Kada), sesuai dengan Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 53 Tahun 2010 tentang Disiplin Pegawai Negeri Sipil, himbaunya.

Lebih lanjut Syarfi mengatakan, pengambilan sumpah/janji pegawai negeri sipil (PNS) yang hari ni dilaksanakan merupakan mandat dari Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 21 Tahun 1977 Pasal 1 tentang Sumpah Janji PNS yang berbunyi “ Setiap CPNS segera setelah diangkat menjadi PNS wajib mengangkat sumpah/janji PNS menurut agama/kepercayaan kepada Tuhan Yang Maha Esa sesuai dengan Peraturan Pemerintah yang berlaku”, jelasnya.

Pada kesempatan ini, Wali Kota Syarfi Hutauruk berkenan membacakan sekaligus mengambil sumpah/janji PNS yang pengangkatannya sebagai CPNS TMT (terhitung mulai tanggal)  tahun 2011 yang berjumlah 355 orang yang terdiri dari 133 orang golongan II (dua) dan 222 orang golongan III (3), honorer K-II berjumlah 50 orang yang awalnya berjumlah 51 orang dikarenakan salah seorang yang bersangkutannya telah meninggal dunia, dan juga bagi PNS yang belum pernah diambil sumpah/janji nya semenjak diangkat sebagai PNS. Dan dilanjutkan dengan penandatanganan berita acara dari masing masing perwakilan golongan, saksi dan Wali Kota Sibolga, dilanjutkan penyerahan berkas berita acara kepada perwakilan tiap golongan dan perwakilan keluarga mendiang.

Diakhir upacara ini, tak lupa Wali Kota menyampaikan ucapan selamat menyambut bulan suci Ramadhan, dan selamat menunaikan ibadah puasa bagi umat islam yang hadir pada kesempatan ini dan umumnya umat muslim Kota Sibolga, dan menghimbau kepada umat non muslim untuk tetap menghormati umat muslim yang sedang melaksanakan ibadah puasa.  (Hen)

Bagikan :

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *