Staf Ahli Buka Dialog Interaktif FKUB

Dinas Kominfo Kota Sibolga | SIBOLGA – Mewakili Wali Kota Sibolga, H. Jamaluddin Pohan, Staf Ahli Bidang Kemasyarakatan dan Sumber Daya Manusia (SDM) Pemerintah Kota Sibolga, Drs. Yasman, M.M., menghadiri sekaligus membuka acara dialog interaktif Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Kota Sibolga, yang digelar di aula Gedung Baznas Kota Sibolga, pada Selasa (29/03/22) pagi.

Dalam sambutan Wali Kota yang dibacakan oleh Staf Ahli, Wali Kota menyampaikan bahwa kehadiran FKUB ini telah memberikan sumbangsih cukup besar untuk menjalin kerukunan antar-umat beragama, “Pemerintah Kota Sibolga sangat mengapresiasi terhadap program-program FKUB yang bertujuan mulia menciptakan kehidupan yang rukun dan damai di tengah kehidupan yang multi-etnis, multi-kultur dan multi-agama.”

Lanjut Wali Kota, “Semua suku dan agama tetap mempertahankan identitas masing-masing tanpa menjadi lawan dari suku atau agama lainnya. Oleh sebabnya kerukunan umat agama menjadi tanggung jawab kita bersama. Semoga dengan dukungan bersama kita dapat meminimalisir terjadinya konflik antar agama di tengah masyarakat, sehingga roda perekonomian dapat terus kita tingkatkan dimasa pandemi covid-19 dan Kami harapkan agar para peserta dialog dapat memberikan sumbangan pemikiran yang jernih dan tulus, sehingga tujuan diadakannya pertemuan ini dapat tercapai,” harap Wali Kota, yang dibacakan Staf Ahli.

Sebelumnya, Ketua Panitia, Pdt. Aratua Ompusunggu melaporkan bahwa dialog kali ini mengangkat tema “Agama sebagai Inspirasi Memperkuat moderasi, bangkit FKUB, Maju Negeriku, Indonesia Tangguh Indonesia Tumbuh”, yang dihadiri lintas agama, majelis agama, tokoh masyarakat, penyuluh, guru, tokoh pemuda dan tokoh perempuan. Sedangkan Narasumber adalah Kakan Kemenag Kota Sibolga, Dr. H. Bahrum Saleh, M.A. dan Perwakilan 4 majelis agama yang ada di Kota Sibolga.

Sementara itu, dalam sambutan Ketua FKUB Kota Sibolga, Drs. H. Nurdiswar Jambak, M.A., M.Sc., menyampaikan bahwa kegiatan ini sebagai bentuk silahturahmi bagi semua tokoh umat di Kota Sibolga dalam rangka mewujudkan ketentraman dan kedamaian, “Dengan adanya upaya ini, peran dan fungsi FKUB di Kota Sibolga sebagai wahana komunikasi, interaksi antar-umat beragama dalam memberikan multitafsir pemahaman masing-masing untuk semakin memperkokoh rasa persaudaraan.”

“FKUB ini juga merupakan wahana mediasi setiap persoalan yang mengarah pada terjadinya konflik yang bersifat laten,” ujar Ketua FKUB.

Dari amatan tim Dinas Kominfo, sesi dialog berlangsung sangat interaktif. Banyak pertanyaan-pertanyaan yang dilontarkan oleh peserta dialog kepada narasumber. Semua narasumber berkesempatan menanggapi dan menjawab pertanyaan-pertanyaan yang diajukan.

Bagikan :