Sosialisasi Program BPJS Ketenagakerjaan Bagi Pekerja Rentan Kota Sibolga

Dinas Kominfo Kota Sibolga | SIBOLGA – Pemerintah Kota (Pemko) Sibolga melalui Dinas Koperasi Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (KUMKM) dan Tenaga Kerja Kota Sibolga, menggelar acara Sosialisasi Penyebarluasan Informasi Penyelenggaraan BPJS Ketenagakerjaan Bagi Pekerja Rentan di Kota Sibolga Tahun 2023, yang dilaksanakan di Aula Kedai Kopi 88, Jln. Diponegoro, Kecamatan Sibolga Kota, Kelurahan Pasar Belakang, Kota Sibolga, Pada Selasa (24/10/23) pagi.

Sosialisasi ini dibuka langsung oleh Kepala Dinas KUMKK, Rina Lamrenta Lumbantobing, S.H., M.M., dengan narasumber Pimpinan BPJS Ketenagakerjaan Kota Sibolga, Pimpinan BPJS Ketenagakerjaan Wilayah Provinsi Sumatera Utara, dan Dinas Tenaga Kerja Provinsi Sumatera Utara.

Kepala Dinas KUMKK, Rina Lamrenta Lumbantobing, S.H., M.M., menyampaikan “Adapun sasaran yang ingin dicapai pada program ini adalah mengurangi resiko baik kepada pekerja dan juga pengusaha. Kecelakaan kerja dan kematian sangat berdampak buruk terhadap keberlangsungan ekonomi pekerjaan dengan adanya jaminan dari BPJS Ketenagakerjaan pekerja dapat fokus bekerja, namun jika terjadi hal yang buruk kedepannya maka di berikan BPJS Ketenagakerjaan untuk dapat melalui usaha baru yang lebih baik. Untuk itu perlu sosialisasi secara optimal agar semua ini dapat mengetahui besarnya manfaat yang di dapatkan dari program ini.

Kepada peserta sosialisasi agar serius untuk mengikutinya jangan ada informasi yang terlewatkan, dan kepada narasumber saya mengucapkan terima kasih telah berkenan membagikan ilmu yang dimiliki dan berkenan membimbing peserta dengan baik sehingga tujuan yang kita harapkan dapat tercapai secara optimal, ” tambah Kadis KUMKK

Sebelumnya, Laporan Panitia Kabid Neker Dinas KUMKK Fauzi Rahmat Hutabarat, S.A.P., melaporkan “Tujuan acara sosialisasi ini adalah memberikan perlindungan kepada pekerja dalam program BPJS ketenagakerjaan, menghimbau pengusaha untuk mendaftar seluruh pekerjanya sebagai peserta dalam program BPJS ketenagakerjaan, dan membuka ruang bagi pemerintah untuk memperluas cakupan jaminan kepada pekerja rentan bukan penerima upah pada program BPJS ketenagakerjaan. Kegiatan ini berlangsung selama 2 hari, pada tanggal 24 s/d 25 Oktober 2023 , pembukaan ini di laksanakan di Aula Kedai Kopi 88, dan penutup akan di laksanakan di Gedung Nasional Kota Sibolga. Adapun peserta pada sosialisasi ini adalah masyarakat Kota Sibolga yang berjumlah 260 orang dari 4 Kecamatan 17 Kelurahan.”

Bagikan :