EPHORUS HKI DAN PANITIA SINODE HKI KE 61 AUDIENSI KE WALI KOTA SIBOLGA

SIBOLGA – Ephorus Huria Kristen Indonesia (HKI) Pdt. Dr. Langsung Sitorus, MTh bersama Panitia Sinode Godang HKI ke 61 tahun 2015, St. Drs. Marojahan Panjaitan (Sekretaris Umum), St. dr Unggul Sihombing (Bendahara Umum), Pimpinan Brales Sijabat, STh ( Wakil Sekretaris), didampingi Praeses HKI Daerah V Sibolga-Tapteng-Tapsel-P.Sidempuan dan Madina Pdt KJ Bakkara, STh, beserta para Pendeta HKI Resort Sibolga – Tapanuli Tengah dan Anggota DPRD Sibolga Rivorman Saleh Manalu Jemaat HKI Sibolga Kota melakukan Audensi dengan Wali Kota Sibolga Drs. HM Syarfi Hutauruk, Kamis (4/6).

Kehadiran Ephorus HKI Pdt. Dr. Langsung Sitorus, MTh bersama rombongan disambut baik oleh Wali Kota Sibolga Drs. HM Syarfi Hutauruk, didampingi Asisten I Pemerintahan Ir. Basar Sibarani, Kepala Bappeda Drs. Charli Sinambela, Kabag Kesra, Kabag Humas Syariful AM. Harahap S.Sos di ruang kerja Wali Kota Sibolga.

Dalam pertemuan tersebut, Ephorus HKI Pdt Dr.Langsung Sitorus menyampaikan ucapan terimakasih yang sebesar-besarnya kepada Wali Kota Sibolga atas kesediaannya  menerima kehadiran rombongan Panitia Pusat Sinode Godang HKI ke 61 tahun 2015.

Ephorus HKI Pdt. Dr. Langsung Sitorus pada kesempatan itu sekaligus mohon pamit kepada Wali Kota Sibolga bahwa jabatannya selaku Ephorus HKI periode 2010 -2015 akan berakhir pada bulan Agustus 2015 mendatang, dan menyampaikan bahwa dirinya tidak ikut lagi sebagai calon Ephorus periode 2015 – 2020 dikarenakan  faktor usia. Untuk itu, Ephorus mengucapkan terimakasih kepada Wali Kota dan jajarannya atas kerjasamanya selama ini yang telah banyak  membantu HKI selama kepemimpinannya sebagai Ephorus.

Pdt Dr. Langsung Sitorus juga menyampaikan kepada Wali Kota bahwa Huria Kristen Indonesia (HKI) mulai tanggal 20 – 22 Agustus 2015 yang akan datang akan melaksanakan Sinode Godang untuk memilih calon pemimpin  HKI (Ephorus) dan calon Sekretaris Jenderal (Sekjen) HKI periode 2015 – 2020 yang dilaksanakan di Sibolangit,  Suka Makmur Berastagi. Pembukaan Sinode dilaksanakan tanggal 20 Agustus 2015 pukul 16.00 Wib, kemudian tanggal 21 – 22 Agustus acara Sidang pemilihan calon Ephorus beserta Sekjen, dan tanggal 23 Agustus 2015 akan dilakukan pelantikan Ephorus dan Sekretaris Jenderal yang terpilih bertempat di HKI Teladan Medan.

Pdt. Dr. Langsung Sitorus menginformasikan kepada Wali Kota bahwa sebelumnya ada 3 orang calon Ephorus yang mendaftar untuk ikut sebagai calon Ephorus HKI periode 2015 – 2020, namun setelah dilakukan seleksi administrasi, yang memenuhi syarat sebagai calon Ephorus hanya 2 orang, yakni Sekretaris Jenderal HKI saat ini Pdt. MP. Hutabarat STh, MM, dan  Pdt. Jansen Simanjuntak, MTH, MM yang menjabat sebagai Praeses HKI Sumatera Timur saat ini, sedangkan calon Sekretaris Jenderal hanya 1 orang yaitu Pdt. Dr. Batara Sihombing, ujarnya.

Lebih lanjut, Langsung Sitorus menjelaskan, sistim pemilihan calon Ephorus yang akan dilaksanakan pada Sinode godang yang akan datang berbeda dengan sistim pemilihan sebelumnya, dimana cara pemilihan pada sinode ini telah ditetapkan dengan cara mencabut kertas tertulis (Manjopput Nasinurat), hal ini sengaja dilakukan untuk menghindari persaingan dan blok-blokan persaingan sesama jemaat.

“Jadi Sinode godang ini nantinya akan bersih, tidak ada ketegangan dan tidak ada kubu-kubuan, para kandidat dan seluruh peserta sinode harus  bersama-sama mensukseskan Sinode ini dan harus duduk bersama tidak ada sikut-menyikut  yang akhirnya membuat perselisihan sesama jemaat dan kandidat, dan bila cara pemilihan calon Ephorus HKI seperti ini nantinya sukses, maka akan banyak Gereja-Gereja lain yang akan mengikuti cara ini, sebab tidak ada menimbulkan perselisihan dan blok-blokan, ujarnya.

Ephorus Langsung Sitorus menyampaikan harapan agar kiranya Wali Kota Sibolga Drs. HM Syarfi bersedia hadir sekaligus bersedia memberikan kata sambutan pada acara pembukaan Sinode Godang HKI ke 61 seraya memohon bantuan dana kepada Wali Kota demi suksesnya pelaksanaan Sinode tersebut.

Wali Kota Sibolga HM Syarfi Hutauruk dalam pertemuan itu mengaku tersanjung dan terhormat, karena Ephorus HKI ikut mendampingi panitia Sinode beraudensi ke kantor Wali Kota Sibolga.

“Kami merasa terhormat atas kunjungan Ephorus HKI Pdt. DR. Langsung Sitorus, MTh bersama rombongan. Kita patut bersyukur kepada Tuhan Yang Maha Kuasa yang telah memberikan kesehatan sehingga kita dapat bertemu dan memupuk persaudaraan dan kasih sayang kepada kita selama ini”, ujarnya.

Syarfi Hutauruk juga menjelaskan yang dikutip dari ayat  yang tertulis dalam Alkitab, agar semua jemaat dapat mengabdi kepada Tuhan Yang Maha Kuasa. Dalam menghadapi agama bukan dengan kebencian dan permusuhan, sesama agama harus mampu membangun komunikasi yang baik sehingga terjalin hubungan yang harmonis. Kemudian dalam pelaksanaan Sinode HKI ke 61 nanti, Syarfi  berharap, siapa saja yang berkeinginan menjadi calon pimpinan HKI (Ephorus) jangan ada yang main uang, dan jangan ada yang kasak kusuk, para calon Ephorus harus memuliakan nama dan kekuasaan Tuhan. Tunggu bisikan dari Tuhan, karena Tuhan akan memberikan yang terbaik kepada kita semua, semua yang terjadi adalah kehendak Tuhan Yang Maha Kuasa.

Wali Kota berjanji kalau tidak ada halangan, dirinya akan hadir sekaligus menyampaikan kata sambutan pada acara pembukaan Synode HKI ke 61 di Sibolangit, Suka Makmur Berastagi, dan  mengenai bantuan dana, Pemko Sibolga akan berusaha membantu panitia, sepanjang tidak melanggar aturan, sesuai dengan kemampuan Pemerintah Kota Sibolga.     (Red)

Bagikan :

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *