Sidang Paripurna Istimewa HJS ke-322, Wali Kota: Sukseskan Vaksinasi, Wujudkan Sibolga Sehat, Pintar, dan Makmur

Dinas Kominfo Kota Sibolga | SIBOLGA – Bertemakan “Dengan Semangat Hari Jadi Sibolga ke-322, Kita Sukseskan Program Vaksinasi Covid-19 Dalam Mewujudkan Sibolga Sehat, Pintar, dan Makmur”, Sidang Paripurna Istimewa memperingati Hari Jadi Sibolga (HJS) digelar, di Ruang Rapat Paripurna DPRD Kota Sibolga, pada Rabu (06/04/22) sore.

Wakil Ketua DPRD I, Jamil Zeb Tumori, S.H., M.A.P. berhadir sebagai pimpinan sidang paripurna. Acara dimulai dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya, dilanjutkan dengan Hening Cipta untuk mengenang jasa para pahlawan yang telah gugur, khususnya Raja Tuanku Dorong Hutagalung, Pendiri Kota Sibolga. Pada saat sidang berlangsung, Sekwan Kota Sibolga, Richard M. Pangaribuan, S.Si., A.Pt., M.Kes., membacakan sejarah Sibolga terdahulu, yang mengingatkan seluruh berhadir, akan sejarah terbentuknya Sibolga. Dengan peradaban yang dimulai dari Pulau Poncan Ketek hingga seterusnya berkembang menjadi Kota Sibolga, Negeri Berbilang Kaum, Perekat Hubungan Antarumat Beragama.

Dalam sambutan Wali Kota menyampaikan bahwa Peringatan HJS yang ke- 322 tahun 2021, merupakan tahun kedua pasangan H. Jamaluddin Pohan dengan Pantas Maruba Lumban Tobing, melaksanakan amanah menjadi Wali Kota dan Wakil Wali Kota Sibolga, “Pada masa kepemimpinan kami ini, pandemi Covid-19 melanda negara dan bangsa kita hingga saat ini. Namun, kami tetap berupaya melakukan beberapa terobosan pembangunan, mencari sumber-sumber pembiayaan lain, dan meningkatkan efisiensi.”

“Pada tahun 2022 ini, kita akan membenahi Objek Wisata Pelabuhan Lama dengan Pantai Ujung Sibolga, penataan jalan dan drainase, serta pengembangan Pasar Ikan Modern dan pembangunan Pasar Nauli Sibolga yang saat ini sudah dalam tahap penyelesaian. Selanjutnya kita sudah dapat informasi dari Pemprovsu bahwa meningkatkan Jl. Sudirman Parombunan akan segera direalisasikan tahun ini sehingga bisa dilalui kendaraan bertonasi besar agar mengurangi kemacetan dalam kota, pemasangan 2000 titik lampu penerang lampu jalan (LPJU) solar sel yang merupakan bantuan bank dunia melalui Lembaga Swada Masyarakat Internasional. Kami mengajak pemangku kepentingan yang ada di Kota Sibolga untuk melakukan refleksi, muhasabah, dan memberikan kontribusi yang terbaik dalam upaya melaksanakan pembangunan sesuai dengan tema peringatan HJS ke-322,” imbau Wali Kota.

Wakil Ketua I DPRD dalam sambutannya menyampaikan, ”Kami selaku pimpinan dan anggota DPRD Kota Sibolga, serta seluruh masyarakat Kota Sibolga, mengucapkan Dirgahayu dan Selamat Hari Jadi Sibolga yang ke-322 Tahun 2022. Semoga Allah SWT, Tuhan Yang Maha Kuasa, memberkati segala usaha kita dalam membangun Kota Sibolga yang kita cintai ini.”

Peringatan HJS ini dilaksanakan secara sederhana, sesuai dengan protokol kesehatan. Usai Sidang Paripurna, acara dilanjutkan dengan buka puasa bersama dengan seluruh undangan berhadir. Yakni, Unsur Forkopimda, Wakil Wali Kota Sibolga, Pantas Maruba Lumbang Tobing, Wakil Bupati Tapteng, Darwin Sitompul, Wakil Ketua II DPRD Kota Sibolga, Selfi Kristian Purba, A.Md.Farm., dan para Anggota DPRD Kota Sibolga, Ketua dan Wakil ketua DPRD Tapteng, Khairul Kiyedi Pasaribu, AMK., dan Willy Saputra Silitonga, SH, Sekda Kota Sibolga M. Yusuf Batubara, S.K.M., M.M., para Staf Ahli, Asisten, pimpinan OPD, Camat dan Lurah se-Kota Sibolga, para Pimpinan Instansi Vertikal, BUMN, BUMD dan Perbankan, Ketua KPU Sibolga, Ketua Bawaslu. Juga terlihat Ketua TP. PKK Kota Sibolga, Hj. Farida Hanum Siregar, beserta Wakil Ketua TP. PKK Kota Sibolga, Lumsedia Sitompul, S.Pd., M.M., Ketua Dharma Wanita Kota Sibolga, Masnah, S.E., Ketua Gabungan Organisasi Wanita Kota Sibolga, Ny. Naudur Tony Agustinus Lumban Tobing, Keluarga Tuanku Dorong Hutagalung, Tokoh Masyarakat, Tokoh Agama, Tokoh Pemuda serta Insan Pers.

Bagikan :