Situs Resmi Pemerintah Kota Sibolga

SIBOLGA DALAM KABUT ASAP

Foto 1 : Keadaan jalan raya Sibolga yang diselimuti kabut asap tebal menyebabkan jarak pandang sangat
pendek. Hal ini sangat membahayakan keselamatan para pengguna jalan raya. Selain itu kotornya udara menyebabkan nafas menjadi sesak dan mata perih. Kabut asap tebal seperti ini telah berlangsung sejak pertengahan Februari 2014. Berbagai kebakaran hutan di seluruh Sumatera khususnya bagian utara, termasuk di Sibolga sendiri menyebabkan kabut asap semakin mengkuatirkan. (Lokasi: Perempatan SMA HKBP Sibolga. Foto diambil Kamis 13 Maret 2014; ben)

Foto 2 :  Pada keadaan normal, dari lokasi dermaga Pelabuhan Lama ini akan terlihat Pulau Poncan Gadang yang indah menghijau di latar belakang. Tetapi kabut asap membuat pulau tersebut tak lagi terlihat. Keadaan ini mengganggu aktivitas penangkapan ikan di Kota Sibolga.

Foto 3 : Bukit Tor Simarbarimbing hanya samar-samar terlihat dari Lingkaran Tugu Adipura.

Foto 4 :  Hotel Wisata Indah Sibolga dilihat dari dermaga Pelabuhan Lama. Dalam keadaan normal, punggung pegunungan Bukit Barisan yang membiru terang akan terlihat sebagai latar belakang. Tetapi hampir satu bulan terakhir, pemandangan indah itu lenyap oleh asap.

 

Foto 5 :  Matahari siang yang biasanya silau menyengat di atas Sibolga hari-hari ini telah terlihat hanya seperti bulan oleh kabut asap.

 

Foto 6 :  Langit di atas Sibolga yang biasanya biru jernih, kini tak lagi terlihat, berganti oleh kabut tebal. Penduduk Sibolga terperangkap di dalam asap, rentan terjangkit oleh berbagai penyakit.

Bagikan :

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *