Situs Resmi Pemerintah Kota Sibolga

Sekda Kota Sibolga Pimpin Rapat Bulan Pertama TPID Tahun 2020

Dinas Kominfo Kota Sibolga | SIBOLGA -Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID) Kota Sibolga menggelar Rapat Koordinasi Bulanan di Aula Nusantara Kantor Walikota Sibolga pada Rabu (22/01/2020) sore. M Yusuf Batubara SKM, MM selaku Sekretaris Daerah Kota Sibolga memimpin rapat, yang di hadiri Perwakilan Bank Indonesia (BI) Sibolga unsur Badan Pusat Statistik (BPS), Pertamina, Bulog, dan Pimpinan OPD terkait se-Kota Sibolga.

Wandi Ridho Putra Perwakilan Bank Indonesia (BI) Kota Sibolga menyatakan Kondisi Inflasi Kota Sibolga pada Bulan Desember 2019 mengalami inflasi sebesar 0.51% hal ini dipengaruhi oleh permintaan komoditas dibulan Desember meningkat. Pencapaian target inflasi Kota Sibolga tahun 2019 termasuk kategori cukup bagus dimana posisi inflasi Kota Sibolga tumbuh sebesar 2,58% naik 2,50% dari tahun 2018, Kota Sibolga berada dalam rate sasaran inflasi nasional 3,5%/3,1%. Selama Priode Tahun 2019 dari awal tahun sampai dengan pertengahan tahun Kota Sibolga mengalami inflasi cukup tinggi priode Juni inflasi 2,5% mtm dan juli 1,8% mtm dan bulan Agustus mengalami Deflasi sampai dengan akhir tahun hal ini sangat di pengaruhi oleh cabe merah.

Di kesempatan selanjutnya, pihak BPS dalam paparannya menyampaikan bahwa Komoditas utama penyumbang inflasi selama Bulan Desember 2019 di Kota Sibolga antara lain : ikan gebung, angkutan antar kota, buah tomat, rokok kretek filter, bawang merah, rokok putih, telur ayam ras, dan angkutan udara. Sementara komoditas utama penyumbang Deflasi yaitu : cabai merah, cabe rawit bumbu masak jadi, ikan tongkol, cumi-cumi dan cabe hijau.

Bagikan :