Sekda Kota Sibolga Narasumber Antisipasi Pengendalian Inflasi Menjelang Nataru

Dinas Kominfo Kota Sibolga | SIBOLGA- Mewakili Wali Kota Sibolga, H. Jamaluddin Pohan, Sekretaris Daerah Kota Sibolga, M. Yusuf Batubara, S.K.M., M.M., menjadi Narasumber pada Radio Talkshow “Antisipasi Pengendalian Inflasi Menjelang Natal 2022 dan Tahun Baru 2023 (Nataru)” yang disiarkan live melalui RRI Pro1 Sibolga dan Media Sosial RRI Sibolga, yang dilakukan di Kantor Badan Pusat Statistik pada Senin (05/12/22) sore.

Sekda sebagai narasumber melalui acara ini berharap “Kepada masyarakat agar ikut membantu dengan cara menanam cabai, sayuran agar dapat bisa mengurangi ketergantungan bahan pokok yang dibutuhkan dalam luar daerah. Kepada pihak-pihak terkait yang menyangkut bisa menjaga pengendalian inflasi agar berkerja dengan baik, khususnya kepada satgas pangan yang di ketuai oleh Kasat Reskrim Polres Sibolga AKP Dodi Nainggolan, agar pedagang-pedagang nakal yang mengakibatkan penimbunan-penimbunan harga. Kepada Bulog agar tetap melakukan monitoring, evaluasi dan membuat cadangan stok beras, bila perlu mereka juga membuat stok beberapa produk bahan pokok seperti minyak goreng dan gula, apabila ada kejadian-kejadian kenaikan harga mendadak mereka bisa langsung operasi pasar. Serta satgas juga memantau pertamina, apabila ada kelangkahan solar membuat spekulan menjual dengan harga tinggi bagi khususnya nelayan yang sangat membutuhkan. Tetaplah melakukan survey harga tiap hari dan kordinasi dengan pihak Badan Pusat Statistik (BPS), yang mana BPS adalah sumber data yang mengetahui bagaimana kondisi Kota Sibolga.”

Kepala Kantor Badan Pusat Statistik (BPS) Sibolga Sabar Harianja, menyampaikan “Inflasi yang stabil (1± 3%) merupakan persyaratan bagi pertumbuhan ekonomi yang berkesinambungan. Pemerintah Kota Sibolga dan Forkopimda Kota Sibolga serta semua elemen masyarakat Kota Sibolga harus berkolabirasi dan bersinergi sesuai fungsi dan wewenangnya untuk menstabilkan harga. Serta memberikan perhatian khusus bagi komoditas (barang dan jasa) yang memiliki peranan besar dalam konsumsi rumah tangga dan komoditas yang fluktuasi.”

Dalam Statement terakhir acara ini, Plt. Kepala Dinas Perikanan, Ketahanan Pangan dan Pertanian Kota Sibolga, Anwar Sadat, S.Pi., menyapaikan, “Manfaatkanlah lahan-lahan kosong di sekitar pekarangan rumah, tanamlah yang bisa dipergunakan untuk mencukupi kebutuhan rumah tangga masyarakat Kota Sibolga.”

Dalam acara Radio Talkshow RRI Kota Sibolga, Joyful Rom Sihotang sebagai Host pada dialog interaktif ini. Turut hadir dalam acara ini Kabag Kesra Pemko Sibolga, Ahmad Irvan Lubis, S.E., M.M., beserta stafnya, perwakilan Dinas Perindang Kota Sibolga dan rombongan RRI Sibolga yang bertugas.

Bagikan :