Sekda Buka Evaluasi Kelurahan Percontohan Pelaksanaan PT.P2W-KSS Tingkat Provsu Tahun 2022

Dinas Kominfo Kota Sibolga | SIBOLGA – Mewakili Wali Kota Sibolga, H. Jamaluddin Pohan, Sekretaris Daerah Kota Sibolga, M. Yusuf Batubara, S.K.M., M.M., membuka acara evaluasi Kelurahan Percontohan Pelaksanaan Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) Kategori Program Terpadu Peningkatan Peranan Wanita Keluarga Sehat Sejahtera (PT.P2W-KSS), Tingkat Provinsi Sumatera Utara (Provsu) Tahun 2022 , di Kantor Lurah Aek Parombunan, Jln. Jend Sudirman No. 70 Kota Sibolga Kecamatan Sibolga Selatan, pada Selasa (20/09/22) pagi.


Wali Kota Sibolga dalam sambutannya, yang dibacakan oleh Sekda, menyampaikan, ” Kegiatan evaluasi ini dapat diharapkan menjadi bahan penyempurnaan sekaligus untuk mengetahui seberapa besar manfaat serta memajuan yang dirasakan masyarakat khususnya warga binaan Kelurahan Aek Parombunan yang telah di bina selama ini oleh TP.PKK serta para Instansi OPD yang terkait yang ada di Kota Sibolga. Kepada TP.PKK Kota Sibolga agar segala sesuatu yang disampaikan Tim evaluasi dicermati dengan sungguh-sungguh serta diperhatikan dan dilaksanakan dengan baik, sehingga apa yang menjadi tujuan dalam evaluasi ini dapat terwujud. Kepada para Tim Penilai kiranya dapat memberikan masukan dan saran untuk perbaikan agar Kelurahan Percontohan PT P2W-KSS Kota Sibolga dapat termotivasi untuk terus bekerja keras melaksanakan program-program kerjanya serta melakukan inovasi-inovasi yang dapat mensejahterakan kehidupan masyarakat Kota Sibolga.”

“Teruslah berinovasi dan jangan berhenti ketika hasil penilaian telah dapat, penilaian lomba Kelurahan percontohan PKK ini hendaknya menjadi momentum yang penting bagi kita semua untuk melakukan evaluasi terhadap penyelenggaraan program-program pemerintahan, pelaksanaan pembangunan, dan pemberdayaan masyarakat guna mewujudkan kesejahteraan.” tambah Wali Kota Sibolga


Sebelumnya, Dalam sambutan Ketua TP. PKK Kota Sibolga, Ny. Hj. Farida Jamaluddin Pohan, yang dibacakan oleh Wakil Ketua TP. PKK Sibolga Lumsedia Sitompul, S.Pd, M.M., mengucapkan, “Terima kasih dan apresiasi kepada panitia yang telah menyelenggarakan acara ini, terlaksananya acara ini merupakan hasil kerjasama dan koordinasi serta komunikasi yang baik dari seluruh unsur TP.PKK Kota Sibolga dan instansi terkait. Mari terus kita pupuk dan jalin hal-hal baik yang telah berjalan sehingga TP.PKK Kota Sibolga dapat terus berkiprah dan memberikan yang terbaik bagi Kota Sibolga. Saya juga berharap melalui kegiatan ini diharapkan dapat meningkatkan motivasi dan kreativitas pembangunan serta pemberdayaan masyarakat untuk mewujudkan dan mengembangkan keluarga sehat sejahtera dan bahagia. Kepada seluruh peserta agar nantinya dapat mengembangkan ilmu yang telah di dapatkan hari ini serta menerapkannya dalam kehidupan keluarga dengan sepenuh hati dan tulus ikhlas sehingga dapat membawa perubahan peningkatan yang berarti bagi masyarakat, khususnya terciptanya peningkatan pendapatan keluarga yang baik. Untuk itu mari kerja keras, cerdas, tuntas dan ikhlas demi mewujudkan Sibolga Sehat, Pintar, dan Makmur.”


Sambutan Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) Provinsi Sumatera Utara Dr. Hendra Dermawan Siregar, yang dibacakan oleh Kabid Kelembagaan Desa Dinas PMD Provsu Hardianto, S.STP., M.AP., menyampaikan, “Program Terpadu Peningkatan Peranan Wanita menuju Keluarga Sehat dan Sejahtera (PTP2WKSS) adalah program peningkatan peran perempuan yang mempergunakan pola pendekatan lintas bidang pembangunan, secara terkoordinasi dengan upaya yang diarahkan untuk meningkatkan kesejahteraan keluarga guna mencapai tingkat hidup yang berkualitas. PT P2W-KSS tidak bisa lepas dari TP.PKK, karena seluruh OPD yang ada di Kabupaten/Kota, harus berkerjasama dengan ibu-ibu TP.PKK untuk membentuk suatu warga binaan, yang warga binaan itu bisa menuntaskan 3 rawan, yaitu tentang Rawan Kesehatan, Rawan Ekonomi dan Rawan Pendidikan,” harap Kepala Dinas PMD Provsu

Laporan Ketua Panitia yang juga Plt. Kadis PMK, PP & PA Kota Sibolga, Tatik Haryati Tanjung, S.H., menyampaikan, “Selamat datang dan terima kasih kepada Tim Evaluasi Tingkat Provinsi Sumatera Utara yang telah meluangkan waktu untuk datang ke Kota Sibolga. Tujuan kegiatan ini adalah untuk mengetahui dan menilai sejauh mana kegiatan yang telah dilaksanakan oleh Tim Penggerak PKK maupun warga binaan PKK Tingkat Kota, Kecamatan dan Kelurahan sehingga dapat menjadi tolak ukur untuk proses kegiatan selanjutnya demi kesempurnaan program-program PKK di tahun yang akan datang.”

Pada kegiatan ini, Wakil Ketua TP. PKK Sibolga menyerahkan laporan Evaluasi Kelurahan Percontohan Pelaksanaan PT.P2W-KSS Tingkat Provsu Tahun 2022 kepada Sekretaris TP.PKK Sumatera Utara Reza Pahlevi Lubis dan Kabid Kelembagaan Desa Dinas PMD Provsu.

Turut hadir dalam kegiatan ini, Asisten Administrasi Pembangunan dan Umum Hendra Darmalius, A.Pi., M.M., Ketua DW Persatuan Kota Sibolga, Masnah, S.E., beberapa pimpinan OPD Kota Sibolga, Lurah dan Kepling se-Kecamatan Sibolga Selatan, Jajaran Pengurus TP.PKK Kota Sibolga, Kader-kader PKK Kota Sibolga dan Warga Binaan Kelurahan Aek Parombunan.

Bagikan :