Situs Resmi Pemerintah Kota Sibolga

SEAREAL HUTAN AEK PORAMBUNAN TERBAKAR

SIBOLGA – Kabut asap di Kota Sibolga dua hari terakhir semakin pekat. Pasalnya kebakaran hutan terjadi lagi, kali ini di Aek Parombunan, Kecamatan Sibolga Selatan, Senin (10/3) kemarin. Menurut keterangan para saksi mata yang dihimpun dari lokasi kejadian, kebakaran disebut akibat dari bakar sampah oleh seorang wanita yang menjadi penduduk setempat. Tanpa disadari, api kemudian merambat ke semak hingga akhirnya naik ke atas bukit dimana terdapat dan menimbulkan kebakaran.

Menurut keterangan Fernan Sibarani, kepala lingkungan setempat, kejadian itu terjadi sekitar pukul 14.30 WIB. Si ibu membakar sampah di pekarangan miliknya sendiri, akan tetapi bebukitan yang terbakar itu adalah hutan dan lahan kebun karet milik seorang warga bernama Pak Piliang. Kekeringan yang melanda seluruh wilayah Tapanuli bahkan Sumatera memang membuat kebakaran hutan mudah terjadi.

Dipimpin langsung oleh kepala Pelaksana BPBD Kota Sibolga Dosma Tamba, dua armada pemadam kebakaran segera datang tak lama berselang setelah kebakaran terjadi. Api pun dapat dipadamkan dalam hitungan jam. Menurut perhitungan Fernan Sibarani, luas lahan yang terbakar kurang lebih 4 hektar. (gan)

Bagikan :

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *