Situs Resmi Pemerintah Kota Sibolga

RSU FL. Tobing Serahkan Sertifikat Keberhasilan Program TB-MDR Kepada Pasien

Dinas Kominfo Kota Sibolga | SIBOLGA – Sebuah prestasi membanggakan di bidang kesehatan, berhasil diukir oleh Rumah Sakit Umum Ferdinan Lumban Tobing (RSU F.L. Tobing) Sibolga, atas kerjasama bersama para pasien, keluarga pasien dan Pihak Puskesmas. Sebanyak 5 (lima) orang pasien Tuberkulosis Multi Drug Resistant (TB-MDR) dinyatakan sembuh setelah menjalani program pengobatan TB-MDR yang berkesinambungan.

Bertempat di Ruang Tunggu Pasien Klinik Paru dan Sal Napas RSU FL. Tobing pada Sabtu (29/06/16), Plt Dirut RSU FL. Tobing dr. Donna Pandiangan, didampingi dr. R. Vivera Situmorang, Sp.P dan para petugas Klinik Paru dan Sal Napas, serahkan Sertifikat Keberhasilan Program TB-MDR kepada 5 (lima) orang pasien TB-MDR, yang telah berhasil sembuh dari penyakitnya, setelah menjalani program pengobatan TB-MDR.

Plt. Direktur RSU FL. Tobing dr. Donna Pandiangan dalam sambutannya menyampaikan, “Program TB-MDR ini butuh waktu rawat jalan yang panjang, dan tidak boleh berhenti. Jika berhenti, maka harus dimulai lagi dari awal. Ini kita mulai dari tahun 2018, ada yang perawatan jangka panjang sampai 24 bulan dan ada yang jangka pendek selama 11 bulan. Keberhasilan ini adalah keberhasilan kita bersama, keberhasilan pemerintah, keberhasilan pihak RSU, keberhasilan pasien, keberhasilan keluarga yang setia mengontrol obat pasien, dan keberhasilan puskesmas yang berhubungan rutin keseharian dengan pasien. Semua pengobatan gratis dan bahkan ada bantuan dari pemerintah untuk biaya transportasi yang dikirim langsung ke rekening pasien.”, terang dr. Donna.

Salah seorang pasien yang sedang menjalani program TB-MDR dengan progress pengobatan yang sangat baik, Peniel Simon Sitorus menyampaikan, “Kunci keberhasilan dalam program TD-MDR ini adalah kemauan sembuh. Berat badan saya diawal 103 kg turun menjadi 73 kg, saya sempat stres atas kondisi saya dulu. Karena saya serius ikuti program dan minum obat juga rutin, saat ini berat badan saya kembali naik sudah 99 kg. Juga terima kasih kepada negara, karena dalam pengobatan ini semua gratis dan bahkan kami diberi biaya transport yang langsung ditransfer ke rekening kami, uang sebesar Rp. 3.850.000 sudah masuk ke rekening saya, selama mengikuti program TB-MDR”, sebut Peniel.

Pengakuan yang sama juga disampaikan oleh Seral Manalu, yang sudah dinyatakan sembuh dari penyakit TB-MDR yang dideritanya. 5 orang pasien yang telah berhasil sembuh setelah mengikuti program pengobatan TB-MDR ini diantaranya, Jaubah Sinaga usia 56 tahun warga Sipea-pea Sorkam, Daniel Tarihoran 23 tahun warga Tarutung Bolak Sorkam, Aprianita 19 tahun warga Pahieme Sorkam, Darlina Gea 21 tahun warga Pinangsori dan Seral Manalu 65 tahun
warga Pasaribu Tobing.

Bagikan :

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *