Situs Resmi Pemerintah Kota Sibolga

WALI KOTA MEMBUKA SECARA RESMI RAKERDA LPM SE-KOTA SIBOLGA

SIBOLGA – Wali Kota Sibolga Drs. Syarfi Hutauruk membuka secara resmi Rapat Kerja Daerah (Rakerda) LPM se-Kota Sibolga, Jumat (5/6) kemaren di gedung Nasional Kota Sibolga. Rakerda ini diikuti seluruh pengurus dan anggota LPM dari setiap kelurahan.

Dalam sambutannya, Wali Kota mengatakan, bahwa Lembaga Pemberdayaan Masyarakat (LPM) merupakan wadah yang dibentuk atas prakarsa masyarakat, berfungsi sebagai mitra pemerintah kelurahan dalam menampung dan mewujudkan aspirasi dan kebutuhan masyarakat kelurahan. Berperan dalam penyusunan rencana pembangunan yang berpatisipatif, penggerakan swadaya dan gotong royong masyarakat, pelaksanaan, pengendalian dan pengawasan pembangunan di kelurahan.

Sebagai mitra kerja, Pemerintah Kota Sibolga terus berupaya memberikan dukungan dan pembinaan serta meningkatkan fasilitasi guna mendukung kelancaran fungsi dan peran LPM di tingkat kecamatan dan kelurahan. Hal tersebut terbukti, dengan adanya kenaikan dana operasional pengurus LPM kurang lebih 100 % pada tahun 2015 ini, dari yang sebelumnya berkisar 1 jutaan sekarang menjadi kurang lebih  3 juta.  Untuk itu Wali Kota berharap kepada para pengurus LPM, agar dapat menjalankan fungsi dan peran LPM di wilayahnya serta mampu mengemban amanah yang diberikan masyarakat.

Rapat kerja ini menghadirkan pakar/nara sumber Ketua DPD LPM Provinsi Sumatera Utara dengan maksud agar dapat terjalin kesamaan persepsi dalam menyikapi perkembangan yang ada khususnya dalam menjalankan kemitraan antara pengurus LPM dengan pemerintah, khususnya di Kota Sibolga dan Sumatera Utara pada umumnya.   

Sebelumnya, Ketua DPD LPM Sumatera Utara H. Anwar Gani mengatakan bahwa kehadiran LPM dalam penyelenggaraan pemerintah kelurahan sangat berdampak terhadap pemberdayaan masyarakat yang memiliki makna pokok yaitu meningkatkan kemampuan masyarakat untuk mempengaruhi masa depannya melalui berbagai program pemerintah agar kondisi kehidupan masyarakat mencapai tingkat kemampuan yang diharapkan, memberikan wewenang secara proporsional kepada masyarakat untuk membangun diri dan lingkungannya karena melalui pemberian wewenang akan mampu mendorong inisiatif dan kemandirian masyarakat dalam membangun masa depannya.

Pada kesempatan ini, LPM Kota Sibolga berkesempatan menyampaikan terima kasih atas perhatian dan kerja sama yang telah terjalin selama kurang lebih 5 tahun masa kepemimpinan Wali Kota dan Wakil Wali Kota Sibolga yang telah memberikan perhatian kepada LPM Kota Sibolga, sekaligus mengulosi Wali kota beserta Ketua TP PKK dan Wakil Wali Kota karena akan berakhirnya masa kepemimpinan mereka.   (hen)

Bagikan :

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *