Situs Resmi Pemerintah Kota Sibolga

PERKUAT KOORDINASI, PEMKO SIBOLGA ADAKAN RAKERPEM BERSAMA DENGAN INSTANSI VERTIKAL

SIBOLGA – Untuk pertama sekali, Rapat Kerja Pemerintahan atau Rakerpem Pemko Sibolga diikuti seluruh pimpinan instansi-instansi vertikal di Kota Sibolga. Rapat yang diadakan di Aula Kantor Walikota, Kamis (7/8), ini dipimpin langsung oleh Walikota Sibolga Syarfi Hutauruk, didampingi Pimpinan Bank Indonesia Cabang Sibolga, Yiyok T. Herlambang.

Diterangkan oleh Walikota, tujuan dari Rakerpem Bersama tersebut ialah untuk memperkuat koordinasi. Selama ini, keberadaan instansi vertikal telah bekerja dengan cukup baik, namun dirasa masih terdapat kekurangan dalam hal koordinasi dengan Pemerintah Kota sehingga terkesan bekerja sendiri-sendiri. Hal itu menjadi kendala dalam meningkatkan pelayanan dan peningkatan kesejahteraan masyarakat. Padahal, sejatinya banyak urusan-urusan yang secara teknis ditangani oleh instansi-instansi vertikal tersebut sebenarnya masih berada dalam rumpun kewenangan Pemerintah Daerah sebagaimana diatur dalam PP No. 38 Tahun 2007. Sebagaimana amanat Otonomi Daerah, yang bukan urusan Pemerintah Daerah hanya meliputi politik luar negeri, pertahanan, keamanan, yustisi, moneter dan kebijakan fiskal nasional, serta agama. Lagipula warga kota biasanya mengkritik Pemerintah Kota apabila mereka memiliki keluhan pada pelayanan tertentu. Misalnya terkait pemadaman listrik di Sibolga, warga awam banyak juga yang menyalahkan Pemerintah, dalam hal ini, Pemko Sibolga, dianggap tidak bertanggungjawab. Padahal penyelenggaraan pelayanan listrik selama ini tidak ada kaitan apapun dengan Pemko Sibolga. Keluhan-keluhan sejenis juga diterima oleh Pemko Sibolga untuk urusan-urusan lainnya yang secara teknis tidak dikelola oleh Pemko. Itulah sebabnya, koordinasi itu dianggap sangat mendesak, demikian dinyatakan Walikota. Tak lupa, ia juga memuji hubungan koordinasi dengan beberapa instansi vertikal yang selama ini sudah berlangsung baik, misalnya dengan Bulog, BI, ASDP, BPS, dan lain-lain.

Adapun pimpinan instansi-instansi vertikal yang turut hadir dalam Rakerpem Bersama Pemko Sibolga ini diantaranya ialah dari BPS, BPN, Kemenag, KPPN, KPP Pratama, Pimpinan Cabang BI Sibolga, BPJS Sibolga, BPJS Ketenagakerjaan, Terminal BBM Sibolga, ASDP, Pelindo, Kantor Bea & Cukai, KSOP, Kantor Imigrasi, Kansilog Bulog, Navigasi, Lapas Sibolga, RRI, UPT Dinas Pendapatan, PT. PLN, UPT Bina Marga, Pelabuhan Perikanan Nusantara, Basarnas, dan lain-lain.

Dalam Rakerpem Bersama kali ini, Kantor Pertanahan Nasional berkesempatan memaparkan eksposenya, yang disampaikan langsung oleh Kepala Kantor BPN Sibolga, Emri, SH, MKn. Dalam eksposnya itu, diparkan beberapa permasalahan bidang pertanahan yang terdapat di Sibolga, termasuk mengenai persoalan tapal batas Kota Sibolga maupun beberapa aset-aset tanah milik Pemerintah Kota yang kurang terurus atau bahkan kurang diketahui. (gan)

Bagikan :

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *