Peringati HPSN, Wali Kota Sibolga Tanam Pohon dan Gotong Royong Bersihkan Lingkungan

Dinas Kominfo Kota Sibolga | SIBOLGA – Peringati Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) Tahun 2022, Wali Kota Sibolga, H. Jamaluddin Pohan, menanam pohon di Jalan Mayjend Agus Marpaung, Kelurahan Simare-Mare, Kecamatan Sibolga Utara dan melaksanakan gotong royong membersihkan lingkungan bersama warga Gg. Bagan, Kelurahan Pasar Belakang, Kecamatan Sibolga Kota, pada Kamis (23/06/22) pagi.

Plt. Kadis PKPLH Kota Sibolga, Ir. Tumbur M. T. Harahap menjelaskan bahwa kegiatan yang digelar untuk meningkatkan kepedulian dan peran masyarakat dalam pengelolaan sampah, “Mari ciptakan Kota Sibolga yang bersih, indah dan nyaman, demi terwujudnya Sibolga yang Sehat, Pintar dan Makmur.”

Dalam sambutan, Wali Kota menyampaikan, “Selamat Hari Lingkungan Hidup Sedunia (HLHS) dan Hari Peduli Sampah Nasional. Semoga Allah Subhanahu wata’ala Tuhan Yang Maha Esa meridhoi semua upaya dan langkah kita dalam menjaga dan melestarikan lingkungan Kota Sibolga.”

Peringatan HLHS mengusung tema ‘Satu Bumi Untuk Masa Depan’. Sementara itu, HPSN di Kota Sibolga bertemakan ‘Kelola Sampah, Kurangi Emisi, Bangun Proklim’. Dua agenda tahunan ini menjadi agenda rutin Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan. “Kegiatan ini diharapkan mampu memperkuat sektor pengolahan sampah sebagai pendorong untuk mengendalikan dampak perubahan iklim yang timbul dari sektor persampahan. Juga, sebagai batu loncatan untuk melaksanakan kegiatan yang produktif secara bersama,” ucap Wali Kota.

Wali Kota menambahkan, “Permasalahan sampah di Kota Sibolga belum selesai dan semakin kompleks. Untuk itu, kami akan melakukan penataan pengelolaan sampah yang dimulai dari tingkat lingkungan di masing-masing kelurahan, dan berharap permasalahan sampah dapat teratasi. Kami juga mengucapkan terima kasih kepada PT. Bank Sumut Cabang Sibolga atas dukungan kepada Pemko melalui program CSR berupa 145 tong komposter pengolah sampah organik.”

Usai memberikan secara simbolis tong komposter CSR PT. BanK Sumut Cabang Sibolga, Wali Kota juga menyerahkan buku tabungan Bank Mandiri (Persero) kepada 100 penerima program Bantuan Stimulan Perumahan Swadaya (BSPS).

Turut hadir dalam kegiatan ini, Kapolres Sibolga, AKBP Taryono Raharja, S.H., S.I.K., Wadanramil 06 Kota perwakilan Dandim 0211/TT, Letda Inf Rusliadi, Sekda M. Yusuf Batubara, S.K.M., M.M., para Staf Ahli, Asisten, Pimpinan OPD, Pimpinan Cabang PT. Bank Sumut Kota Sibolga, Muhammad Fadhil, mewakili Kepala Cabang Bank Mandiri (Persero), Ricky Panjaitan, Camat, Lurah, dan Kepling, serta masyarakat Kecamatan Sibolga Utara dan Sibolga Kota.

Bagikan :