Situs Resmi Pemerintah Kota Sibolga

Peringati HPS, Wali Kota Buka Gotong Royong Kebersihan Lingkungan

Dinas Kominfo Kota Sibolga | SIBOLGA – Peringati Hari Peduli Sampah (HPS) Nasional, Wali Kota Sibolga H. Jamaluddin Pohan, membuka kegiatan Gotong Royong Kebersihan Lingkungan, yang digelar di Jalan KH. Ahmad Dahlan Kelurahan Pancuran Dewa Kecamatan Sibolga Sambas Kota Sibolga, pada Kamis (20/05/21) pagi.

Dalam sambutan, Wali Kota menegaskan bahwa kegiatan gotong royong ini tidak untuk sementara, tapi harus berkelanjutan.

“Kami bersama OPD memformulasikan kebersihan kota sibolga agar bisa menuju kota yang bersih, sehat, dan makmur. Adapun pencanangan baru tersebut, petugas kebersihan yang selama ini terbagi dalam kelompok diubah menjadi per lingkungan. Sebagai lingkungan percontohan, dalam satu sampai dua bulan ini kita terapkan di Kelurahan Pancuran Dewa dan Kelurahan Pancuran Bambu. Setiap Lingkungan akan ditugaskan 4 orang yang bekerja selama 8 jam. Tidak ada lagi petugas yang bekerja hanya untuk menyapu jalan, lalu pulang, memungut sampah, lalu pulang,” ucap Wali Kota.

Wali Kota turut menambahkan, “Bapak Ibu (Petugas Kebersihan) tidak perlu khawatir, honor petugas Kebersihan Lingkungan yang bekerja satu hari 8 jam akan kita tingkatkan sesuai UMR Sumatera Utara.”

Menutup pidatonya, Wali Kota menyampaikan bahwa Kota Sibolga harus berpacu menjadi Kota Perdagangan dan Wisata sebagai bagian dari destinasi Wisata Danau Toba yang sedang dicanangkan oleh Pemerintah Pusat.

“Oleh karena itu, mari kita bersama memahami tupoksi kita masing-masing, petugas kebersihan lingkungan, Kepala Lingkungan, Lurah dan Camat harus ikut bertanggung jawab terhadap kebersihan lingkungan masing-masing,” tegas Wali Kota.

Pada kesempatan ini, Wali Kota didampingi Wakil Wali Kota Pantas Maruba Lumban Tobing membagikan peralatan Kebersihan serta ikut bergotong royong bersama masyarakat.

Turut hadir dalam kegiatan ini, Kapolres Sibolga AKBP Triyadi, S.H, S.I.K, Dandim 0211/TT letkol Inf Dadang Alex, S.Sos, Sekda M. Yusuf Batubara, SKM, MM, para perwakilan Forkopimda, Staf Ahli, Asisten, Pimpinan OPD, Camat, Lurah, dan Kepling, serta Masyarakat Kecamatan Sibolga Sambas dan Sibolga Selatan.

Bagikan :