Situs Resmi Pemerintah Kota Sibolga

Peringati HKN ke-57, Dinkes Gelar Vaksinasi Massal Serentak di 5 Lokasi

Dinas Kominfo Kota Sibolga | SIBOLGA – Memperingati Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke-57 Tahun 2021, Pemko Sibolga melalui Dinas Kesehatan (Dinkes), melaksanakan Vaksinasi Massal Serentak di 5 lokasi, pada Kamis (18/11/21) pagi.

5 lokasi Vaksinasi yaitu, Wilayah Puskesmas Pintu Angin di Jalan Ketapang Gang Sepakat. Wilayah Puskesmas Sambas di Jalan Perintis Kemerdekaan Belakang Kantor DPRD. Wilayah Puskesmas Pelabuhan Sambas Jalan KH. Ahmad Dahlan Lingkungan III. Wilayah Puskesmas Aek Habil di Puskesmas Pembantu (Pustu) Jalan Murai, dan Wilayah Puskesmas Parombunan di Gang Kenanga Lingkungan I.

Kadis Kesehatan Firmansyah Hulu, A.Pt, M.Kes menjelaskan, “Tema peringatan Hari Kesehatan ke-57 Tahun 2021 adalah Sehat Negeriku Tumbuh Indonesiaku. Karena kita pada saat ini berada di suasana pandemi covid-19. Pengabdian masyarakat yang kita lakukan memperingati hari kesehatan, kita fokuskan pada pencegahan penyebaran covid-19, melalui vaksinasi massal di 5 titik sesuai jumlah dan lokasi puskesmas di kota Sibolga. Dengan harapan lewat vaksinasi massal ini, mempercepat tercapainya herd immunity atau kekebalan kelompok masyarakat di Kota Sibolga.”

“Saat ini pencapaian vaksinasi Kota Sibolga sudah bagus. Ini semua berkat dukungan TNI-POLRI, para Camat, Lurah dan Kepling, sinergi yang baik dengan semua aparat kelurahan dan kecamatan. Terutama karena kesediaan masyarakat yang mau divaksin. Untuk dosis 1, kota sudah mencapai 87%, dosis 2 sebesar 69%, dan lansia mencapai 61%. Kita peringkat ketiga di Sumatera Utara. Target vaksinasi hari ini 200 dosis per lokasi. Jadi totalnya 1000 dosis,” tambah Kadis Kesehatan.

Amatan Dinas Kominfo, vaksinasi massal di 5 lokasi menjangkau masyarakat yang tinggal di dalam gang-gang kecil. Kendati demikian, antusiasme masyarakat sangat luar biasa, terlihat dari antrean masyarakat yang mendaftar vaksin, baik dosis 1 maupun 2.

Puncak kegiatan digelar di Pustu Jalan Murai, dengan pemotongan kue ulang tahun hingga suap-suapan kue. Juga dimeriahkan dengan pembagian 1000 door prize di 5 lokasi, yang bersumber dari Praktek Dokter Mandiri, Praktek Bidan Mandiri, Klinik, Rumah Sakit Dr. F. L. Tobing, RS Metta Medika 1 dan 2, Rumkitban, Apotek, Aido Swalayan serta Tenaga Medis.

Bagikan :