Situs Resmi Pemerintah Kota Sibolga

PERINGATAN HARI PARIWISATA SE-DUNIA, SYARFI MENGAJAK MASYARAKAT KOTA SIBOLGA BERPERILAKU PARIWISATA

SIBOLGA Dalam rangka memeriahkan Hari Pariwisata se-Dunia Tingkat Kota Sibolga Tahun 2017, Pemerintah Kota (Pemko) Sibolga melalui Dinas Pariwisata, Pemuda dan Olah Raga (Disparpora) Kota Sibolga melaksanakan berbagai kegiatan lomba dan festival pariwisata Kota Sibolga dipusatkan di Pelabuhan Lama, Kota Sibolga, Sabtu (21/10).

Wali Kota Sibolga Drs. H.M Syarfi Hutauruk, M.M dalam sambutannya menyampaikan, bahwa Pemko akan mendorong sektor pariwisata menjadi salah satu sektor prioritas disamping perindustrian, perdagangan, perikanan dan kelautan, yang tertuang dalam misi daerah yang ketiga yaitu meningkatkan kesejahteraan masyarakat melalui pertumbuhan ekonomi yang lebih merata. Dengan berharap bahwa pembangunan pariwisata hendaknya mampu meningkatkan perekonomian daerah yang semakin nyata.

Oleh karena itu, Wali Kota menekankan Dinas Pariwisata, Pemuda dan Olah Raga Kota Sibolga harus mempunyai konsep yang jelas tentang program dan arah pembangunan pariwisata Sibolga kedepan. Selain itu, dinas-dinas terkait seperti Dinas Perindag, Dinas PKPP, Dinas PUPR, Dinas PKPLH yang dikordinatori oleh Bappeda sebagai Badan Perencanaan Daerah harus mampu bersinergi mendukung program kepariwisataan, mengingat sistem perencanaan dan keuangan daerah merujuk kepada “Money Follow Program Prioritas ( Pendekatan penganggaran yang lebih fokus pada program atau kegiatan yang terkait langsung dengan prioritas).

“Artinya kalau program pengembangan destinasi pariwisata menjadi program prioritas daerah, mestinya dalam KU-PPAS (Kebijakan Umum Anggaran – Prioritas Plafon Anggaran Sementara) harus diperjelas, selanjutnya harus tertuang dalam rencana kerja pemerintah daerah (RKPD) serta yang paling penting kebijakan anggaran harus fokus pada prioritas, sehingga anggaran berdasarkan kebutuhan bukan keinginan, ini yang menjadi catatan penting bagi perencanaan kita kedepannya,” ucapnya.

Lanjut Syarfi, perayaan Hari Pariwisata Dunia merupakan momentum penting bagi Kota Sibolga untuk terus menggali dan mengembangkan potensi pariwisata yang dimiliki. Sektor pariwisata diharapkan senantiasa memberikan kontribusi yang signifikan bagi pembangunan daerah melalui peningkatan pendapatan asli daerah (PAD) dari berbagai usaha-usaha pariwisata yang tumbuh, adanya atraksi dan daya tarik budaya dengan slogan Sibolga Negeri Berbilang Kaum, serta berbagai wisata olah raga (lomba triathlon, perahu naga,dan karnaval etnis), promosi yang tepat dan pembangunan destinasi wisata yang mampu menyerap tenaga kerja.

“Dinas Pariwisata, Pemuda dan Olah Raga Kota Sibolga agar mendorong dan memperkuat Pokdarwis (kelompok sadar wisata) disetiap kelurahan yang menjadi berperilaku pariwisata dan merupakan garda terdepan menyampaikan informasi pariwisata di Kota Sibolga,” tegas beliau.

Sebelumnya Kepala Dinas Pariwisata, Pemuda dan Olah Raga Kota Sibolga Haslan Efendi dalam laporannya menyampaikan, bahwa Hari Pariwiata se-Dunia telah memasuki tahun ke-47 sejak diresmikan pada tahun 1970 di Spanyol. Hari besar bagi segenap pelaku wisata di dunia tersebut dirayakan untuk sektor pariwisata yang merupakan salah satu industri terbesar dunia. Perayaan ini tidak hanya dalam skala internasional, namun juga ditingkat nasional hingga tingkat daerah. Untuk itu, Kota Sibolga pada hari ini juga ambil bagian dalam merayakan dan memeriahkan Hari Pariwisata se-Dunia ke- 47 Tahun 2017.

Haslan juga menyampaikan, adapun tujuan pelaksanaan rangkaian kegiatan dalam rangka Hari Pariwisata se-Dunia tingkat Kota Sibolga Tahun 2017 ini adalah meningkatkan kesadaran akan peran pariwisata, meningkatkan pembangunan sektor kepariwisataan Kota Sibolga dan mempromosikan potensi keindahan alam serta objek-objek wisata di Kota Sibolga.

Yang diantara, yakni penilaian kebersihan usaha-usaha pariwisata kategori kafe, kedai kopi, hotel bintang, hotel non bintang, restoran atau rumah makan, pemilihan ogek dan uning Duta Wisata Kota Sibolga Tahun 2017. Kemudian, lomba lari lintas wisata alam, lomba perahu dayung tradisional dan karnaval kreatif, beber Haslan.

Adapun Tema Hari Pariwisata se-Dunia Tahun 2017 adalah “Suistainable Tourism-A Tool For Development.” Dengan  sub tema “Melalui Peringatan Hari Pariwisata Dunia Tingkat Kota Sibolga Tahun 2017, Mari Kita Jadikan Pariwisata Kota Sibolga sebagai salah satu sektor utama pembangunan berkelanjutan menuju Kota Sibolga yang maju, sejahtera dan berdaya saing”.

Usai pelaksanaan rangkaian kegiatan dan perlombaan, dilanjutkan penyerahan hadiah bagi pemenang keseluruhan lomba.    (mks/rian/nbn)

Bagikan :

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *