Situs Resmi Pemerintah Kota Sibolga

IIUN KOTA SIBOLGA TERTINGGI SE-SUMUT

SIBOLGA – Kota Sibolga berhasil mencatatkan nilai Indek Integritas Ujian Nasional (IIUN) tertinggi se Sumatera Utara (Sumut) dalam UN tingkat SMA/MA/SMK tahun 2015 dengan nilai 70,39.

Kepala Dinas Pendidikan Kota Sibolga Alpian Hutauruk mengatakan, penilaian tersebut diberikan karena Sibolga dianggap relatif paling bersih dan jujur dalam hal UN SMA/MA/SMK di Sumut oleh Mendikbud. Sehingga atas prestasi ini, Wali Kota Sibolga akan diundang oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) ke Jakarta untuk melakukan ekspos.

Untuk jenjang SMP, Sibolga juga dianggap sebagai Sekolah Berbasis Standar Nasional Pendidikan  (SBSNP). Terbukti sebanyak empat Kepala Sekolah (Kasek) di Kota Sibolga yakni Kasek SMPN 1, SMPN 2, SMPN 3, SMPN 7 diundang oleh Kemendikbud untuk ekspos di Kota Medan, bersama dengan Kabupaten Deli Serdang dan Batubara, kata Alpian saat menyampaikan laporan pada acara peresmian pemakaian gedung baru SMPN 2 Sibolga.

Gedung SMPN 2 Sibolga dibangun sejak tahun 2011 – 2014, dengan total alokasi anggaran pembangunan kurang lebih sebesar Rp.5 Miliar, yang dikucurkan secara bertahap, bersumber dari alokasi Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Kota Sibolga. Kondisi gedung berlantai tiga, dengan jumlah ruangan kelas sebanyak 20 unit, satu unit ruang kantor guru, satu unit ruang Kasek, satu unit ruang Tata Usaha (TU), dua unit ruang Laboratorium ( IPA dan Komputer), satu unit ruang perpustakaan, satu unit Musholla, 16 unit WC dan satu unit ruang aula.

Lebih lanjut Alpian menyampaikan, bahwa pada tahun 2015 ini juga, hanya ada tiga daerah di Sumut yang dinyatakan siap melaksanakan Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) sistem online untuk jenjang SMP, SMA/MA/SMK.Ketiga daerah ini yakni Kota Sibolga, Kota Tebing Tinggi dan Kota Tanjung Balai. 

Sebelumnya, Kasek SMPN 2 Sibolga Joskan Sihombing menyebutkan Wali Kota Sibolga sebagai pelopor dalam mencerdaskan kehidupan pendidikan bangsa di Kota Sibolga. Joskan menyebutkan, bukti dari pentingnya pendidikan, Wali Kota Sibolga mengejar predikat master (S2) yang kini telah disandang Wali Kota Sibolga, selaku pribadi yang selalu mengejar pendidikan.Dia pun berharap para siswa SMPN 2 Sibolga secara khusus, supaya dapat mengikuti jejak Wali Kota Sibolga terutama dalam meraih pendidikan yang lebih tinggi.

Wali Kota Sibolga Syarfi Hutauruk dalam arahannya sebelum meresmikan pemakaian gedung SMPN 2 Sibolga, menyampaikan rasa bangga dan apresiasi serta rasa haru dirinya atas pendidikan di Kota Sibolga yang berjalan baik. Menurut Dia, hal ini sebagaimana tertuang dalam visi dan misi lima tahun Pemko Sibolga.

Pembangunan pendidikan di Kota Sibolga ucap Syarfi, berangkat dari kondisi dirinya selaku anak seorang nelayan, yang melihat kondisi nelayan tertinggal dari sisi pendidikan, kesehatan dan kesejahteraan.

Menurut Syarfi, ketertinggalan ini merupakan ciri – ciri nelayan mulai dari Sabang – Merauke dan itu tidak bisa dirobah dengan berapapun banyaknya uang di kota dan gedung – gedung. Semua tidak ada gunanya, jika karakter dan sifat masyarakat tidak dirobah dan untuk merobahnya hanya bisa dilakukan melalui pendidikan, dan  peningkatan Sumber Daya Manusia (SDM) nya.

Maka itu, bagaimana kita mampu memanfaatkan SDM ini supaya dapat mengelola Sumber Daya Alam (SDA) Sibolga yang terbatas. Oleh sebab itu, kualitas guru dan murid kita tingkatkan, juga sarana dan prasarana secara pelan tapi pasti kita benahi, ucapnya. 

“Terima kasih kepada semua pihak, terutama kepada Guru. Ditangan guru visi dan misi Pemko Sibolga dapat berjalan baik,” katanya. 

Hadir pada peresmian itu, Wali Kota Sibolga Syarfi Hutauruk selaku yang meresmikan langsung, Wakil Ketua DPRD Sibolga Jamil Zeb Tumori bersama anggota Muchtar DS Nababan, Albar Sikumbang dan Nur Arifah Syahkubat, Kakan Kemenag Sibolga, serta para pimpinan Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) Kota Sibolga. Juga para Camat dan Lurah, sejumlah Kasek se-Kota Sibolga, tokoh agama, tokoh masyarakat dan para orang tua siswa SMPN 2 Sibolga.  (red)

Bagikan :

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *