Penyerahan DIPA Dan Buku Daftar Alokasi TKD TA 2024

Dinas Kominfo Kota Sibolga I MEDAN — Wakil Walikota Sibolga Pantas Maruba Lumban Tobing, menghadiri acara penyerahan Daftar Isian Pelaksanaan Anggaran (DIPA) dan Buku Daftar Alokasi Transfer Ke Daerah (TKD) Tahun Anggaran 2024 secara digital. Acara ini berlangsung pada Rabu, (13 /12/23), di Hotel Santika Premiere Dyandra Medan.

DIPA dan TKD diserahkan secara simbolis oleh Kepala Kanwil DJPb Sumatera Utara kepada Pejabat (Pj) Gubernur Sumut, Bapak Hassanuddin. Dalam arahannya, Pj Gubernur Sumut menyampaikan bahwa alokasi anggaran APBN untuk Provinsi Sumatera Utara tahun 2024 mencapai 67,77 Triliun, mengalami peningkatan sebesar 3,6% dibandingkan dengan tahun 2023.

Peningkatan tersebut diarahkan untuk mendukung penggajian Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) di daerah, terutama guru dan tenaga kesehatan. Selain itu, anggaran tersebut akan digunakan untuk meningkatkan pelayanan publik, mendukung operasional sekolah, Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD), pendidikan kesetaraan, serta untuk menangani kemiskinan ekstrem dan stunting.

Pj Gubernur Sumut juga menekankan pentingnya sinergi kebijakan fiskal antara pusat dan daerah, serta terus ditingkatkannya harmonisasi belanja dari tahap perencanaan hingga penganggaran regional. Intervensi belanja di daerah juga menjadi fokus untuk memperbaiki dan memperkuat sektor-sektor yang membutuhkan dukungan pemerintah.

Bagikan :