DINSOS SERAHKAN BANTUAN TENDA KEPADA ABANG BECAK DAN 1 SET PERALATAN BAGI PEMULUNG KOTA SIBOLGA

SIBOLGA Dinas Sosial (Dinsos) Kota Sibolga menyerahkan bantuan tenda becak dan 1 set peralatan kepada 350 abang becak dan 50 pemulung Kota Sibolga, yang bertempat di Lapangan Simare-mare, Kota Sibolga, Kamis (31/8). Bantuan tenda becak dan 1 set peralatan diserahkan secara simbolis oleh Wali Kota Sibolga  Drs. H.M. Syarfi Hutauruk didampingi Wakil Wali Kota Sibolga Edi Polo Sitanggang dan Plt Kepala Dinas Sosial Kota Sibolga Amir Bahsyan Laoli, dan turut disaksikan Wakil Ketua DPRD Sibolga Jamil Zeb Tumori dan anggota DPRD Pintor Siahaan.

Kegiatan penyerahan bantuan tenda becak dan bantuan untuk pemulung di Kota Sibolga tahun 2017 yang dilaksanakan saat ini merupakan salah satu langkah nyata Pemerintah Kota Sibolga untuk percepatan penanggulangan kemiskinan, yaitu dalam bentuk pemberian bantuan kepada 350 abang becak berupa mantel, sepatu boot, topi serta peralatan kerja kepada 50 pemulung, demikian dikatakan Wali Kota Sibolga  Syarfi Hutauruk.

Kemudian dikatakan beliau, untuk menunjang program pemerintah pusat dalam percepatan penanggulangan kemiskinan yang komprehensif, salah satu strategi yang sangat penting untuk dilakukan adalah dengan membantu penduduk miskin yang berpenghasilan rendah. Dan sudah barang tentu bahwasanya, langkah pertama yang harus dilakukan adalah menjadikan penduduk miskin sebagai objek pembangunan kemudian selanjutnya menuju pada tahapan pemberdayaan masyarakat miskin itu sendiri.

Dengan adanya bantuan yang diberikan, diharapkan dapat membantu meringankan biaya para abang tukang becak dalam hal perawatan/pembelian tenda becak. Dan bantuan mantel, sepatu boot, topi dan peralatan kerja bagi pemulung yang diberikan dapat membantu melindungi para pemulung dari panas dan hujan serta meminimalisir kemungkinan pemulung untuk terserang penyakit kulit dan penyakit lainnya. Dikarenakan keseharian pemulung dalam bekerja bersentuhan dengan hal-hal dan kondisi lingkungan yang rentan sebagai sumber penyakit.

“Kepada para abang becak dan pemulung penerima bantuan kiranya dapat memaksimalkan bantuan yang diberikan untuk peningkatan taraf ekonomi. Semoga Tuhan Yang Maha Esa senantiasa melimpahkan taufik dan hidayahnya kepada kita sekalian,” harap beliau sekaligus mengakhiri sambutannya.

Kepala Dinas Sosial Kota Sibolga Amir Bahsyan Laoli, mengakui bahwa pihaknya berupaya memaksimalkan program pengentasan kerawanan sosial dan kemisikinan di Kota Sibolga, dengan melakukan pembinaan sekaligus memberikan bantuan secara bertahap.

Program ini tetap berkesinambungan tergantung kemampuan APBD Kota Sibolga dan kesadaran warga masyarakat memanfaatkan bantuan yang telah diberikan untuk benar-benar dimanfaatkan guna menopang ekonomi keluarga.  (amir)

Bagikan :

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *