Penilaian Kesesuaian Kategori P2 dan P3 Seleksi PPPK Jabatan Fungsional Guru Kota Sibolga Tahun 2022

Penilaian kesesuaian peserta Kategori P2 dan P3 seleksi PPPK jabatan fungsional guru di lingkungan Pemerintah Kota Sibolga tahun 2022 resmi dibuka Plt. Kepala BKD Kota Sibolga, Aulia Dhuhri, S.STP., M.A.P, selaku Ketua panitia seleksi didampingi Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Sibolga, Dra. Masnot, M.A serta perwakilan dari BPMP Provinsi Sumatera Utara, Swis Ojak Tampubolon, yakni utusan dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI. Bertempat di Aula Pengawas Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Sibolga Pada Minggu (27/11/2022).

Seleksi Pengadaan PPPK Jabatan Fungsional Guru di Lingkungan Pemerintah Kota Sibolga Tahun 2022 sesuai dengan pengumuman Ketua Panitia  Nomor 810/03/PANSEL PPPK GURU/2022 tanggal 26 November 2022 diikuti 57 orang Peserta terdiri dari 1 orang peserta dengan kategori P2 dan 56 orang peserta dengan kategori P3. penerimaan PPPK Guru ini dilakukan dalam 2 (dua) tahap, mulai 27 hingga 28 November 2022.

Dalam arahannya dihadapan para Kepala Sekolah, Pengawas, dan Guru senior yang akan menjadi tim penilai, Ketua Pansel menegaskan agar penilaian dilakukan secara komprehensif, objektif dan sedapat mungkin melakukan debat akademik antar sesama tim untuk menghasilkan keputusan penilaian yang rasional dan dapat dipertanggungjawabkan kepada publik khususnya para peserta seleksi. “Jangan pernah merusak kapabilitas, integritas dan reputasi profesional yang melekat pada setiap anggota Tim hanya untuk hasil penilaian yang akhirnya subjektif dan bersifat kontraproduktif terhadap tujuan dari pelaksanaan rekruitmen PPPK Guru ini sendiri” pungkas beliau dalam arahannya.

Dalam pantauan yang dilakukan di lokasi penilaian selama 2 (dua) hari, pelaksanaan penilaian yang dilakukan secara online ini sempat mengalami kendala pada hari I (minggu, 27/11/2022). Server sempat mengalami gangguan dan aplikasi peniliaan tidak dapat dibuka oleh Tim. Akibatnya, proses penilaian tidak dapat dilakukan. Setelah menunggu hingga pukul 17.00 wib, diputuskan proses penilaian dihentikan sementara untuk hari itu dan penilaian akan dilakukan kembali keesokan harinya (Senin, 28/11/2022) hingga selesai.

Selanjutnya, akan dilakukan penilaian kesesuaian tahap II atau disebut juga penilaian secara berjenjang terhadap seluruh peserta seleksi. Penilaian ini akan dilakukan oleh Kepala BKD dan Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan selama 5 (hari), yang berdasarkan jadwal akan dilaksanakan mulai tanggal 29 November 2022 s/d 3 Desember 2022. Namun akibat adanya gangguan server yang terjadi pada hari Minggu (27/11/2022) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan telah memutuskan untuk menambah waktu pelaksanaan penilaian kesesuaian tahap I selama 1 hari. Dengan demikian, secara nasional pelaksanaan penilaian secara berjenjang tahap II akan mulai serentak pada hari Rabu (30/11/2022) mendatang.

Bagikan :