Pemko Sibolga Hadiri Rangkaian Kegiatan HPN 2023

Dinas Kominfo Kota Sibolga | MEDAN – Pemerintah Kota (Pemko) Sibolga, menghadiri rangkaian kegiatan Hari Pers Nasional (HPN) 2023, acara dimulai pada 7 Februari 2023 sampai dengan 12 Februari 2023, adapun rangkaian kegiatannya adalah workshop, seminar, dialog, konkres, pembukaan acara pameran HPN, pertemuan Dewan Kehormatan PWI Pusat dengan Dewan Kehormatan Provinsi se-Indonesia, silaturahmi SMSI se-Indonesia, rakernas, konvensi nasional media massa, welcom dinner, tour danau toba, yang berada di beberapa tempat di Kota Medan.

Serta acara puncak HPN 2023 Pada hari ini Kamis (09/02/23) yang dihadiri Presiden RI Joko Widodo, Menteri Koordinator Bidang Polhukam Mahfud MD, Menteri Kominfo Johnny G Plate, Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir, Panglima TNI Yudo Margono, Kapolri Listyo Sigit, Ketua MPR RI Bambang Soesatyo, Ketua Dewan Pers Ninik Rahayu, Ketua PWI Atal S Depari, para kepala daerah se-Indonesia, pelajar, mahasiswa, serta para tamu dan undangan lainnya.

Gubernur Sumatera Utara (Sumut) Edy Rahmayadi menyampaikan harapannya kepada pers agar berperan penting daam memperkuat penggunaan nalar publik yang menuju pada kebaikan. “Maka penghargaan tertinggi profesi jurnalistik bagaimana pers bertanggungjawab pada upaya pembangunan kemanusiaan secara utuh. Kita hidup pada zaman ketika media menjadi kekuatan yang sungguh luar biasa. Ada satu teori yang menyatakan bahwa kenyataan dapat dibentuk dan suatu versi kebenaran dapat dikonstruksi secara maya. Awalnya saya meragukan teori ini. Namun hari ini teori itu ada benarnya. Pers juga harus memberitakan informasi mengenai potensi Sumut. Sesuai dengan arahan bapak Jokowi, seluruh pihak mestilah berkontribusi meningkatkan pertumbuhan ekonomi termasuk pers,” ucap Gubernur

Dalam sambutannya Presiden RI Joko Widodo menyampaikan bahwa media mainstream sangat dibutuhkan untuk menjadi rumah penjernih informasi. Media arus utama menyajikan informasi yang terverifikasi dan menjalankan peran sebagai communication of hope yang memberi harapan pada masyarakat, “Media arus utama diharapkan mampu menjaga dan mempertahankan misinya untuk mencari kebenaran, searching the truth dan membangun optimistisme. Peran utama media kini makin penting untuk mengamplifikasi kebenaran dan menyingkap fakta terutama di tengah keganasan post truth, pasca fakta dan pasca kebenaran. Saya minta semua pihak baik kepada lembaga pemerintah pusat dan daerah, BUMN, perusahaan swasta, lembaga swadaya masyarakat, untuk selalu mendukung keberadaan media arus utama,”

Presiden RI Joko Widodo juga mengingatkan kepada para pers agar pemberitaan harus bertanggung jawab karena masyarakat akan melihat berita tersebut melalui media online dan media digital.

Usai sambutan acara dilanjutkan dengan penyerahan penghargaan kepada para tokoh pelopor pers dari Sumut. Kemudian Presiden RI Joko Widodo juga berkesempatan mengetikkan kata ‘HPN’ sebagai penanda puncak HPN 2023 pada sebuah mesin tik. Yang mana mesin tik tersebut pernah digunakan jurnalis Pewarta Deli, koran bersejarah Sumut di masa lalu.

Hadir pada rangkaian HPN 2023 ini, Kepala Dinas Kominfo Kota Sibolga Drs. Sofyan Nasution, M.M., Kadis Sosial Haslan Efendy, S.Sos.,M.M., Plt. Kadis Perindag Ramayana Tambunan, S.T., Plt. Kadis PMK, PP & PA Kota Sibolga Tatik Haryati Tanjung, S.H,.

Bagikan :