Pemko Sibolga Gelar Sholat Idul Adha 1444 H dan Sembelih 15 Hewan Qurban di Lapangan Simare-mare

Dinas Kominfo Kota Sibolga | SIBOLGA – Mewakili Wali Kota Sibolga, Sekda Kota Sibolga, M. Yusuf Batubara, S.K.M., M.M., mengikuti pelaksanaan Sholat Idul Adha 1444 H/2023 M dan penyembelihan 15 hewan qurban yang setiap tahunnya dilaksanakan Pemko Sibolga di Lapangan Simare-mare Kota Sibolga, pada Kamis (29/06/23) pagi.

Dalam sambutan, Wali Kota yang dibacakan Sekda menyampaikan, “Atas nama pribadi dan Pemerintah Kota Sibolga mengucapkan Minal Aidzin Walfaidzin, mohon maaf lahir dan batin. Idul Adha dan Ibadah Qurban memiliki dua makna penting yaitu makna ketakwaan manusia atas perintah sang Khalik dan makna Sosial.”

“Setelah selesai kita melaksanakan Shalat Sunat Idul Adha, maka saat ini kita akan menyaksikan penyembelihan hewan Qurban. Sebelumnya marilah kita merenung dan menyadari bahwa masih ada sesuatu yang harus disembelih setiap saat, yaitu nafsu Hayawaniah yang akan mendorong manusia berbuat diluar batas kemanusiaannya dan jauh dari ketaatan dan ketaqwaan. Ibadah Qurban yang disyari’atkan pada hari raya Idul Adha ini harus dijadikan sebagai sumber inspirasi dan motivasi untuk senantiasa Berqurban dan berkorban di dalam meniti sisa kehidupan masa depan,” ucap Sekda.

Pada pelaksanaan Sholat Idul Adha ini, bertindak sebagai Imam, Hadi Mulyono Tanjung, dan sebagai Khatib Ustadz Zuli Anwar Zebua. Juga dilaksanakan penyerahan piala, piagam penghargaan dan voucher kepada para pemenang Mobil Hias Takbiran Keliling Idul Adha 1444 H. Dimana Mesjid Nurul Huda dari Kelurahan Aek Manis Kecamatan Sibolga Selatan menjadi Juara I nya.

Usai Sholat Idul Adha, kegiatan dilanjutkan dengan penyembelihan hewan qurban. Dalam laporan Ketua Panitia, Staf Ahli Bidang Kemasyarakatan dan Sumber Daya Manusia, Drs. H. Yasman, M.M., menyampaikan, “Jumlah seluruh peserta qurban keluarga besar Pemerintah Kota Sibolga tahun ini sebanyak 105 orang dan hewan qurban berjumlah 15 ekor. Sementara itu, jumlah keseluruhan hewan qurban se-Kota Sibolga tahun 1444 H / 2023M sebanyak 133 ekor kerbau, 7 ekor sapi/lembu dan 1 ekor kambing, dan jumlah keseluruhannya sebanyak 141 ekor. Kami ucapkan banyak terima kasih kepada seluruh pequrban dan semua pihak yang membantu terlaksananya kegiatan ini.”

Turut hadir dalam pelaksanaan kegiatan ini, para Staf Ahli dan Asisten beserta Istri, Pimpinan OPD beserta istri, Camat dan Lurah serta jajaran ASN di lingkungan Pemko Sibolga yang beragama Islam, deretan Pengurus FKUB, MUI, Ormas Islam lainnya, bersama ratusan masyarakat terlihat hadir dalam melaksanakan Sholat Idul Adha 1444 H / 2023M.

Bagikan :