Pemko Sibolga Gelar Seminar Nasional Bertajuk “Umrah Dengan Kapal Laut Dari Pelabuhan Sibolga” di hadiri 350 Orang Secara Luring dan 985 Secara Daring

Dinas Kominfo Kota Sibolga | SIBOLGA- Pemko Sibolga menggelar Seminar Nasional Kemaritiman bertajuk “Umrah Dengan Kapal Laut Dari Pelabuhan Sibolga” yang digelar di Executive Lounge Terminal Penumpang Pelabuhan Kota Sibolga Seminar ini diikuti 350 Orang Secara Luring dan 985 Secara Daring dari berbagai kalangan, pada Kamis (08\09\22) pagi.

Ditandai dengan pemukulan Gong, Seminar secara resmi dibuka oleh Deputi Kemenko Marves RI, Basilio Dias Araujo dan pada kesempatan ini juga, Wali Kota Sibolga, H.Jamaluddin Pohan didampingi Ketua Panitia, yang juga merupakan Kepala Bappeda, Drs. Juneidi Tanjung, M.Pd., dan President INAMPA, Pasoroan Herman Harianja menyerahkan Cinderamata kepada Deputi Bid.Koordinasi Kedaulatan Maritim dan Energi dan Wakil Wali Kota Padang Sidempuan, Ir. H. Arwin Siregar, M.M.

Wali Kota Sibolga dalam sambutannya, menyampaikan maksud dari diadakannya seminar nasional ini adalah sebagai wadah formal gathering untuk mendapat input ataupun masukan dari berbagai Kementerian, Badan, Organisasi, Pakar, serta Q&A dari peserta Seminar Nasional tentang rencana pelaksanaan “Umrah Dengan Kapal Laut Dari Pelabuhan Sibolga”.

Hasil akhir dari kesimpulan seminar ini diharapkan menjadi pedoman penting bagi pemerintah Kota Sibolga dan stakeholders terkait untuk langkah-langkah pra pelaksanaan, waktu pelaksanaan, pasca pelaksanaan baik itu dalam perspektif regulasi, transportasi, koordinasi, kolaborasi, kesehatan, keselamatan/keamanan, finansial, dll dan sekaligus sebagai bagian dari sharing pemikiran,edukasi publik,marketing dan lublik relation serta desiminasi pelaksanaan kerja pemko sibolga untuk mendapat dukungan publik. Sehingga Pelaksanaan Umrah dengan Kapal Laut dari pelabuhan kota Sibolga dapat berjalan sesuai rencana yang diproyeksikan pada triwulan ke II/III Tahun 2023 yang akan datang.

Wali Kota Sibolga mengungkapkan, “kami menyadari bahwa untuk mewujudkan hal ini butuh sejumlah strategi, bukan hanya perencanaan dan semangat namun kemampuan anggaran juga harus menjadi pertimbangan. Untuk itu saya mengajak kita semua, pemerintah Kabupaten kota, pengusaha dan pelaku bisnis untuk bersama sama mendorong pelaksanaan peningkatan kemaritiman daerah dengan melaksanakan umrah dengan kapal laut melalui pelabuhan Kota Sibolga. Dan untuk seluruh peserta diharapkan dapat memberikan saran dan masukan yang proaktif, untuk lebih mengembangkan potensi-potensi perekonomian dibidang kemaritiman dengan memanfaatkan Pelabuhan Kota Sibolga”.

Deputi Kemenko Marves RI pada sambutannya menyampaikan “Umrah Dengan Kapal Laut Dari Pelabuhan Kota Sibolga oleh Wali Kota Sibolga, Jamaluddin Pohan, merupakan ide sangat bagus dan kreatif sebagai kepala daerah (KDh). Pemerintah pusat tentunya sangat mengharapkan ide-ide kreatif dari daerah-daerah lain seperti yang dilakukan oleh Wali Kota Sibolga. Mari kita doakan bersama agar kegiatan ini bisa terwujud dan bisa mengantarkan masyarakat yang ingin pergi ke Tanah suci.” Ucapnya.

Seminar ini menghadirkan Dua Moderator yaitu Dr.R.O. Saut Gurning dan Capt.Agoes Soeryanto,S.H.M.H.M.Mar.MBA serta Lima belas (15) Pembicara secara Online dan Offline dengan Dua Sesi yaitu Dirut PT. Pelindo, Ketua MUI Sumut, CEO- iCAN Holiday, Dirjen Pencegahan & Penyakit Kemenkes R.I , Dirjen Perhubungan laut Kemenhub, Direktur Armada dan Tehnik PT.Pelni Jakarta dan Dirjen Imigrasi, Dirjen Bea & Cukai , Deputi Bid.Kebijakan Strategis Kemenparekraf/ Baperekraf, Dirjen Asia Pasifik dan Afrika Kemenlu R.I, Ketua Bappeda Pemko Sibolga, Kepala Kantor B.I perwakilan Sibolga dan President INAMPA.

Dari Seminar ini di sebutkan, PT. Pelindo, PT. Pelni dan PT. Insan Citra Amanah Nusantara (ICAN) menyatakan kesiapan sebagai carrier dan operator agency untuk “Umrah Dengan Kapal Laut Dari Pelabuhan Sibolga”. Pemko Sibolga, Pemprovsu, seluruh peserta seminar, Alim Ulama, Pengatua Adat dan Masyarakat Umum lainnya juga turut menyatakan kesiapan. Dari sisi infrastruktur, suprastruktur, sistem dan Instansi Perangkat pendukung yang ada di pelabuhan Sibolga siap untuk mendukung dan status pelabuhan sibolga saat ini adalah pelabuhan international atau terbuka untuk perdagangan Luar Negeri.

Melihat Kesiapan tersebut Tim perumus Seminar merumuskan bahwa program kegiatan “Umrah Dengan Kapal Laut Dari Pelabuhan Sibolga” dapat dilaksanakan dengan tetap memperhatikan unsur keselamatan, keamanan, kenyamanan calon jamaah Umrah yang akan melaksanakan ibadah ke Tanah Suci, dan tentunya sangatlah diperlukan Koordinasi, Kolaborasi dan kerjasama antara pemerintah pusat, pemerintah provinsi, Pemerintah Kabupaten/Kota dan Stakeholders terkait lainnya di seluruh Indonesia mensukseskan program ini.

Bagikan :