Pemko Sibolga dan KPPN Sibolga Laksanakan Penyerahan DIPA TA 2023

Dinas Kominfo Kota Sibolga | SIBOLGA – Wali Kota Sibolga, H. Jamaluddin Pohan, menerima penyerahan Daftar Isian Pelaksanaan Anggaran (DIPA) Petikan Tahun Anggaran (TA) 2023 yang diserahkan secara langsung Kepala Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara (KPPN) Sibolga, Andreas Leiman Silalahi, S.E., M.E., juga dirangkaikan dengan Penyerahan apresiasinya kepada satuan kerja dan Penandatanganan fakta integritas, yang dilaksanakan di Aula KPPN Sibolga, Selasa (20/12/2022) pagi.

Acara yang berlangsung dengan tema Optimis dan Tetap Waspada, APBN tahun 2023 dirancang untuk tetap menjaga optimisme pemulihan ekonomi namun pada saat yang sama juga harus meningkatkan kewaspadaan dalam merespons gejolak global yang masih terus berlangsung. Wali Kota Sibolga, H. Jamaluddin Pohan bersama Kepala KPPN Sibolga, Andreas Leiman Silalahi, S.E., M.E., menyerahkan DIPA Petikan TA 2023 kepada instansi kementerian/lembaga yang ada di lingkup Kota Sibolga.

Kegiatan ini diawali dengan paparan Kepala KPPN Sibolga Andreas Leiman Silalahi, S.E., M.E., menyampaikan, “Perekonomian nasional saat ini dalam tren positif dan masih tumbuh kuat dengan pertumbuhan di atas 5% selama 4 triwulan berturut-turut, di mana triwulan III bahkan mencapai 5,72% (yoy). Inflasi relatif moderat dibandingkan negara-negara lain dan mulai menunjukkan penurunan ke level 5,71% (yoy) di bulan Oktober dari sebelumnya 5,99% di bulan September. Sejalan dengan kondisi nasional, kondisi ekonomi di Sibolga juga menunjukkan tanda-tanda membaik. Tingkat inflasi month to month (mtm) November 2022 sebesar deflasi -0,05 persen dan tingkat inflasi year to date (ytd) November 2022 sebesar 4,92 persen.”

Masih dengan paparan Kepala KPPN Sibolga, Alokasi belanja negara TA 2023 yang dialokasikan untuk Kota Sibolga adalah sebesar Rp1,03 triliun, yang terdiri dari :
a. Belanja DIPA Kementerian Negara/Lembaga sebesar Rp553 milyar, dengan rincian :
i. Belanja Pegawai sebesar Rp446 milyar
ii. Belanja Barang sebesar Rp117 milyar
iii. Belanja Modal sebesar Rp35 milyar
b. Dana Transfer ke Daerah sebesar Rp476 milyar dengan rincian:
i. Anggaran DAK Nonfisik sebesar Rp48,57 milyar
ii. Anggaran DAK Fisik sebesar Rp15,84 milyar
iii. Anggaran DAU sebesar Rp399,48 milyar
iv. Anggaran DBH sebesar Rp12,83 milyar

Adapun sambutan Wali Kota Sibolga, H. Jamaluddin Pohan menyampaikan, “Mengawali sambutan ini, atas nama pribadi, pemerintah, dan masyarakat saya ucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada Kepala KPPN Sibolga beserta seluruh jajarannya semoga segala kebaikan selama menjalankan tugas penyerahan DIPA TA 2023 kepada Organisasi Perangkat Daerah dan Satuan Kerja Kementerian atau Lembaga di Kota Sibolga.”

“Saya meminta seluruh pihak terkait di Kota Sibolga untuk selalu memperkuat Sinkronisasi, keterpaduan serta sinergi antar kegiatan yang di danai oleh APBN dan APBD, juga Saya ingin mengingatkan agar kita semua fokus bekerja, meningkatkan Koordinasi sehingga APBN dan APBD dapat menjadi Katalisator pembangunan, serta jangan lupa menggandeng sektor swasta maupun masyarakat untuk berpartisipasi dalam pembangunan di Kota Sibolga. Kepada seluruh kuasa pengguna anggaran dan siapapun yang berhubungan dengan keuangan negara agar dapat menjaga amanah dalam mengelola keuangan negara.”

Acara penyerahan DIPA ini dihadiri juga oleh , Forkopimda Kota Sibolga dan Tapanuli Tengah, para KPA Satker wilayah Kota Sibolga dan Tapanuli Tengah, serta pimpinan/perwakilan perbankan di wilayah Kota Sibolga dan Tapanuli Tengah.

Bagikan :