Pemko Sibolga Adakan Pembinaan Grup Qasidah dan Bintang Vokalis

Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Kota Sibolga | SIBOLGA – Pemerintah Kota Sibolga melalui Bagian Perekonomian dan Kesra Sekretariat Daerah Kota Sibolga menggelar pembinaan grup qasidah dan bintang vokalis di Aula Nusantara I Kantor Wali Kota Sibolga pada Selasa (03/10/2023) pagi.

Kegiatan ini dibuka oleh Asisten Administrasi Pembangunan dan Umum, Hendra Darmalius, A.Pi., M.M., yang mewakili Wali Kota Sibolga, H. Jamaluddin Pohan. Hadir pula Plt. Kasatpol PP dan Damkar Kota Sibolga, H. Dedy Rahmad Saleh Lubis, S.E., M.M., Kabag Perekonomian dan Kesra Kota Sibolga, Ahmad Irvan Lubis, S.E., M.M., Ketua MUI Kota Sibolga, H. Zainun Sinaga, Perwakilan Kemenag, Aswad Panjaitan, dan para pengurus LASQI.

Dalam sambutannya, Asisten memberikan apresiasi dan menyambut baik diselenggarakannya kegiatan pembinaan dan pelatihan tersebut. “Saya berharap kegiatan pembinaan ini akan membawa prestasi bagi grup qasidah daerah kita. Mudah-mudahan pembinaan grup qasidah hari ini dapat meningkatkan sinergitas dan mendukung program serta strategi LASQI Kota Sibolga di masa depan,” ucap Asisten.

Sebelumnya, Ketua Panitia, Ahmad Irvan Lubis, menyampaikan bahwa tujuan kegiatan ini adalah memberikan motivasi dan stimulasi bagi para seniman Muslim, khususnya generasi muda Kota Sibolga, untuk selalu unggul, cerdas, cakap, terampil, dan berkarya sebagai perwujudan seni bernuansa Islami sebagai media dakwah. Kegiatan ini juga untuk mempersiapkan peserta lomba mengikuti festival/seleksi qasidah tingkat nasional tahun 2023 yang akan dilaksanakan pada bulan November mendatang.

Pembinaan dan pelatihan seni qasidah tahun 2023 ini akan dilaksanakan selama 3 (tiga) hari mulai tanggal 3-5 Oktober 2023 di aula baznas Kota Sibolga. Cabang yang akan dibina antara lain bintang vokalis anak-anak putra/putri, bintang vokalis remaja putra/putri, bintang vokalis dewasa putra/putri, pop religi anak-anak, remaja, dan dewasa putra/putri, rebana klasik remaja putra/putri, dan rebana klasik dewasa putra/putri.

Sebagai informasi, pada festival seni qasidah tingkat Provinsi Sumatera Utara pada bulan Agustus lalu, Kota Sibolga meraih juara 1 pop religi dewasa putri, juara 1 pop religi remaja putra, juara harapan 2 pop religi dewasa putra, dan juara harapan 2 pop religi remaja putri. Dengan prestasi tersebut, Kota Sibolga menempati peringkat 8 dari 33 kabupaten/kota dan berhasil meraih juara umum dalam sepuluh besar.

Bagikan :