Situs Resmi Pemerintah Kota Sibolga

PEMBEKALAN ADMINISTRASI KEPENDUDUKAN KEPADA 88 KEPLING KOTA SIBOLGA

SIBOLGA – Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kota Sibolga memberikan pembekalan administrasi kependudukan kepada 88 orang kepala lingkungan (kepling) yang berasal dari 4 kecamatan dan 17 kelurahan se-Kota Sibolga, di Graha Aulia Bank Indonesia Sibolga, Rabu (13/9).

Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kota Sibolga Ahmad Sulhan Sitompul menjelaskan, pembekalan administrasi kependudukan dilaksanakan untuk memberikan pemahaman tugas bagi seluruh kepling, sehingga dapat memfasilitasi pengurusan dokumen kependudukan masyarakat di lingkungan kelurahannya masing – masing.

Melalui pembekalan ini, diharapkan para kepling bisa memahami tata cara pengisian formulir yang ada, dan dapat memudahkan masyarakat ketika warga mereka ingin berurusan ke Disdukcapil, jelas Sulhan.

Dikesempatan itu, Sulhan mengingatkan kepada seluruh kepling, agar tidak melakukan pungutan biaya apapun dari masyarakat soal pengurusan seluruh dokumen kependudukan.

“Seluruh yang menyangkut dokumen kependudukan adalah gratis, baik itu pengurusan e-KTP, akta nikah, akta kelahiran, atau kartu keluarga. Tidak dipungut biaya, nol rupiah,” tegas nya.

Pada pembukaan pembekalan tersebut, Wali Kota Sibolga yang diwakili Wakil Wali Kota Sibolga Edi Polo Sitanggang, S.Pi, pada sambutannya mengatakan, dalam Undang-Undang No 24 Tahun 2013, menuntut aparatur pemerintah untuk berperan aktif dalam memberikan pelayanan adminstrasi kependudukan kepada masyarakat.

Dan dalam melaksanakan peranan tersebut, diperlukan dukungan penuh dari seluruh aparatur penyelenggara adminstrasi kependudukan, tidak hanya di tingkat instansi pelaksana, tetapi juga aparatur pelaksana di tingkat kecamatan dan kelurahan. Pada tingkat kelurahan, peranan kepling sangat strategis sebagai ujung tombak pelayanan administrasi kependudukan.

“Kepala lingkungan sebagai bagian dari aparatur pemerintah di bawah pembinaan langsung kepala kelurahan memiliki peranan yang bersentuhan langsung dengan masyarakat serta mengetahui secara langsung kondisi masyarakat di wilayah kerjanya masing-masing,” ujarnya.

Mengakhiri sambutannya,Edi Polo berpesan kepada kepala lingkungan di tiap-tiap masing-masing lingkungan untuk menjalankan peran strategisnya dalam rangka memberikan pelayanan administrasi kependudukan yang berkualitas kepada masyarakat. (mks)

Bagikan :

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *